Profil Pratama Putra
Profil Pratama Putra

Mantan Marketing Manager, Kini Jadi Bos Bus Pariwisata Pratama Putra

Diposting pada

Ayonaikbus.com – Berikut merupakan sejarah dan profil dari bus pariwisata Pratama Putra, meskipun menjadi korban PHK dari jabatan Manager kini sukses di bisnis sewa bus.

Sejarah Bus Pariwisata Pratama Putra

Halo kembali lagi, bagaimana kabarnya dulur semua? Tetap semangat menjalani hari, kali ini masih membahas Perusahaan Otobus dari daerah Jawa Timur.

Tahukah kamu bahwa menurut kabar harian surya.co pada bulan Juli lalu Provinsi Jawa Timur berhasil memborong tiga penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (AIA) 2019.

Tiga kategori penghargaan tersebut adalah kategori AIA 2019 Gold Provinsi Besar Terbaik Sektor Infrastruktur, kategori AIA 2019 Platinum sebagai Provinsi Besar sektor Pariwisata dan Pelayanan Publik.

AIA 2019 Platinum juga diborong dua kabupaten kota di Jatim yaitu Kabupaten Banyuwangi sebagai Kabupaten besar terbaik sektor Pariwisata dan Infrastruktur.

Kemudian Kota Surabaya meraih AIA 2019 Platinum kategori Kota Besar sektor Pariwisatandan Infrastruktur. Sementara Kota Batu menerima Platinum sektor pariwisata kategori kota kecil.

Kali ini ada yang sedikit berbeda, biasanya membahas bus reguler kini membahas salah satu PO yang terkenal dengan divisi Pariwisatanya. PO Pratama Putra.

Sebelumnya kami juga sudah pernah membagikan beberapa sejarah bus pariwisata yang memiliki cerita menarik, jika Anda belum membacanya mungkin dapat mengunjungi terlebih dahulu.

Bagi warga yang tinggal di Surabaya pasti sudah tidak asing dengan bus yang satu ini. Memiliki livery khas, dengan dasar warna putih di tambah dengan garis lengkung biru dan bunga mawar menambah kesan apik.

Didirikan oleh Bapak H.M. Suudi, S.H selaku agen asuransi pada tanggal 02 Oktober 1999 dengan kantor dan garasi awal di Dusun Balong Pandan Desa Jogosatru Kecamatan Sukodono.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Ayo segera koleksi kaos bertemakan bus Indonesia, dan dapatkan diskon 10% untuk semua produk pilihanmu, tanpa minimal pembelanjaan. Caranya mudah, yuk daftar menjadi member JFAutowear dan nikmati keuntungan lainnya 🙂

Melihat kebelakang, sebelum merintis PO Pratama Putra, Haji Su’udi merupakan seorang karyawan di sebuah bank, dengan jabatan Marketing Manager Bank Jakarta di Surabaya dari tahun 92 hingga 98.

Namun, tahun 1998 merupakan tahun yang cukup bersejarah karena terjadinya krisis moneter yang berakibat pada Bank tempat beliau bekerja, Haji Su’udi pun dipecat.

Dalam kurun waktu satu tahun ayah empat anak ini terus memutar otak bagaimana agar tetap memiliki penghasilan tiap bulannya.

Untuk pemilihan nama sendiri, Haji Su’udi mengambil dari nama anak pertamanya.

Dengan latar belakang, di Sidoarjo belum banyak yang memiliki usaha persewaan jasa bus, maka beliau memberanikan diri. Dari hasil tabungan selama bekerja di Bank, beliau membeli satu unit elf untuk disewakan.

Di awal perintisannya beliau hingga harus menjadi kernet dan dengan bantuan anggota keluarga, dan secara perlahan tapi pasti armada bus bertambah dan kabar tersebar hingga luar Sidoarjo.

Perekrutan karyawan pun akhirnya meluas, dengan pertimbangan peningkatan profesionalitas maka karyawan tidak hanya dari kalangan anggota keluarga saja.

Dalam kabarmakkah.com, beliau berucap “Seperti mimpi, kena krismon, lalu memiliki usaha dan bertambah anggota keluarga baru”

Sesulit apapun keadaan kita saat ini, yakinlah bahwa akan kemudahan yang menunggu kita di depan, terus yakin, berusaha dan berdoa.

Meski terhitung baru berusia 20 tahun namun perusahaan yang memiliki garasi di Wonoayu ini telah banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Perusahaan ini didirikan dengan berdasarkan akta notaris Tantien Bintarti, SH nomor 08 tanggal 02 Oktober 1999 dan ijin usaha angkutan dengan kendaraan bermotor umum dari Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo nomor 551.21 / 2238 / IU / 404.3.6 /2001.

Era Kejayaan PO Pratama Putra

Dengan kerja keras, dan doa dari pemilik sekaligus segenap rekan kerja, harapan untuk berkembangpun terwujud.

Dari awal dengan modal menyewakan beberapa elf kini berkembang menjadi 38 unit bus dan 03 unit elf dan dibantu dengan kurang lebih 80 karyawan.

Jika dilihat dengan jumlah armada yang cukup banyak dapat saja membuka trayek, namun Haji Su’udi enggan, dan merasa sungkan dengan sesama PO lain, akhirnya tetap memilih untuk tetap fokus dalam persewaan bus Pariwisata.

Semula memiliki kantor di Dusun Balong Pandan Desa Jogosatru Kecamatan Sukodono dan dengan bertambahnya armada maka juga membutuhkan kantor dan garasi yang lebih luas.

Lalu dibangunlah kantor dan garasi di daerah Becirongengor kecamatan Wonoayu yang disyahkan oleh Bupati Sidoarjo H. Drs. Win Hendrarso, MSi pada tanggal 01 April 2008.

Tepat di tanggal 22 Januari 2010 perusahaan ini merubah badan usaha yang semula PO menjadi CV (Perseroan Komanditer) dan pada tanggal 24 Maret 2015 perusahaan ini mengembangkan lagi menjadi PT (Perseroan Terbatas).

Yang sebagaimana kita kenal sekarang yakni PT Pratama Putra Transportation. Begitu sobat 🙂

Kejayaan ini dibuktikan di tahun 2014, Pratama Putra berhasil menyabet penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha kategori Perusahaan Angkutan Pariwisata Terbaik, untuk klasifikasi perusahaan kecil.

Misi PO Pratama Putra

Menyediakan kebutuhan Masyarakat akan Berwisata khususnya dalam bidang transportasi yang tentunya dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap para wisatawan sehingga mereka merasa puas akan acara yang diadakannya.

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Armada Bus

Untuk segi armada bus, PO yang satu ini mempercayakan kepada Karoseri Malang, ada Tentrem, Morodadi Prima dan juga Adiputro.

Tentrem

Baca Juga : Sejarah karoseri Tentrem apakah juga sama dengan PO. Tentrem ?

Bus Scorpion King
Scorpion King Tentrem (Pict by IG nuansacitradewi)
Bus Pratama Putra
Scorpion X Tentrem (Pict by IG piskan_rifai_instiawan)
Avante (Pict by IG fahmiherlambang11)

Morodadi Prima

Baca juga : Sejarah karoseri Tertua di Malang, Morodadi Prima

Bus Pratama Putra
Ventura Morodadi Prima (Pict by IG riansyabbanugraha)
Bus Pratama Putra
New Ventura HDD Morodadi Prima (Pict by IG agungcahyono_1836)
Bus Pratama Putra
New Tourismo Morodadi Prima (Pict by IG pratamaputra_artha)

Adiputro

Baca : Sejarah karoseri Adiputro ternyata awalnya bukan dari bisnis otomotif

Bus Pariwisata Pratama
Marcopolo Adiputro (Pict by IG sambade_official)
Bus Jetbus
JetbusHD Adiputro (Pict by IG pratamaputra_artha)

Ketersediaan Unit Bus Pariwisata Pratama Putra

  • Menawarkan mobil jenis sewa Elf untuk kapasitas 12-17 orang
  • Bus mini (bus kecil)
  • Medium bus (bis sedang) untuk kapasitas 20-33 orang
  • Big bus (bis besar) konfigurasi 2-2 untuk kapasitas 38-50 orang
  • Big Bus (bus besar) konfigurasi 2-3 untuk kapasitas 54-62 orang.

Fasilitas Standart Dari Armada Bus Pratama Putra.

  • Full Air Conditioning (AC)
  • TV LCD/Video
  • Music & Karaoke
  • Bagasi bawah yang sangat luas
  • Bagasi kabin
  • Charger port
  • Reclining seat
  • Bantal & selimut tiap kursi (syarat & ketentuan berlaku)
  • Toilet (opsional)
  • Smoking area (opsional)
  • Asuransi Jasa Raharja

Alamat dan Nomor Telepon Kantor

Jl. Raya Beciro Ngengor No.02 Wonoayu – Sidoarjo – Jawa Timur.
Telepon:
031-8833681 / 031-8833721 / 031-8833722 | Fax: 031-8833682
Contact Person:
0813 3027 4112 (Cahyo)
0856 4504 8563 (Cahyo)
0822 3153 2572 (Pratama Y)
WhatsApp:
0813 3027 4112 (Cahyo)
0856 4512 7547 (Pratama Y)
Email:
pratamaputra_tour@yahoo.co.id

Nah itu dia sejarah dan profil singkat bus pariwisata Pratama Putra, jika Anda punya informasi lebih detail dan akurat, silakan tuangkan dalam kolom komentar ya.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun, guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya, jangan lupa share dan terimakasih 🙂

Baca pula informasi menarik lainnya disini :

Sewa Bus Pariwisata Terpercaya, cek di Market Place

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.