Mercedes Benz Indonesia

Sejarah Kesuksesan Mercedes Benz Indonesia Sejak 50 Tahun Silam

Diposting pada

Inilah sejarah kesuksesan Mercedes Benz Indonesia yang terkenal dengan kemewahan dan menjadi besar hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri banyak berbagai merek kendaraan terkenal yang juga memiliki sejarah panjang seperti HINO, Volvo, Scania, Mitsubishi, Isuzu dan lainya.

Meski diantara beberapa merek yang dijual di Indonesia hadir dibawa perusahaan terbesar seperti Astra dan Indomobil, namun kali ini kita akan mengetahui perjalanan bus asal Jerman ini di Indonesia.

Sejarah Mercedes Benz Indonesia

Masuk Indonesia 1970

Mercedes Benz Masuk Indonesia
Foto Kantor PT. Star Motors Indonesia & PT. German Motor Manufacturing

Sejarah kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia dimulai tepat pada saat keluarnya kebijakan industrialisasi perakitan produk otomotif dalam negeri pada tahun 1970.

Saat itu, Daimler-Benz AG mendirikan P.T. Star Motors Indonesia pada tanggal 8 Oktober 1970 di Indonesia.

Pada saat yang bersamaan, P.T. German Motors Manufacturing didirikan sebagai pabrik dan perakitan kendaraan dari Daimler-Benz yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta.

Momen berdirinya 2 perusahaan inilah yang secara resmi menandai dimulainya era Mercedes-Benz di Indonesia.

Nah untuk PT. German Motor Manufacturing inilah yang melahirkan bus-bus paling mewah pada saat itu, selengkapnya akan ayonaikbis.com bahas pada artikel Bus buatan GMM (Update Soon).

1971 – 1973 Kendaraan Niaga Pertama Mercedes Benz Indonesia

Bus Mercy pertama

Pada tahun 1971-1973, Mercedes-Benz berhasil menghadirkan rakitan kendaraan niaga Mercedes-Benz pertama di Indonesia.

Rakitan tersebut diantaranya adalah truk tipe 911 yang mulai dirakit di Tanjung Priok, truk diesel Mercedes-Benz 4-5-6 ton dengan kapasitas mencapai 50 tempat duduk, dan Mercedes-Benz O 321 H sebagai pelopor bus canggih di Indonesia.

Mercedes Benz ciputat

Berlanjut pada tahun 1977, Kantor Layanan Purna Jual Mercedes-Benz dipindahkan ke Ciputat, Tangerang dan diresmikan pada tahun 1978. Di sana terdapat Pusat Pendidikan dan Latihan Kejuruan (PPLK) dengan program pelatihan bagi mekanik untuk dealer Mercedes-Benz yang sudah dimulai sejak 1 Maret 1978.

1982 – 1983 Peresmian PT Star Engine Indonesia

Pabrik Mercedes Benz Indonesia

Tahun 1982 menjadi awal beroperasinya pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor. Pabrik ini ini merupakan lokasi baru yang menggantikan lokasi sebelumnya, yaitu di Tanjung Priok.

Selanjutnya pada tahun 1983, P.T. Star Engines Indonesia didirikan di area pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang sebagai tempat untuk perakitan mesin, bak persneling dan as roda Mercedes-Benz.

1989 Hadirkan Bus Front Engine

Bus Front Engine Mercy

Pada tahun 1986, Mercedes-Benz OF 1113 generasi kedua hadir sebagai bus front-engine pertama di Indonesia. Dulunya, OF 1113 menjadi andalan banyak Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia karena memiliki keunggulan mesin yang bandel dan irit serta mampu memuat banyak penumpang.

1991 GMM Menjadi APTM

Seiring dengan perjalanan waktu, pada tahun 1991, P.T. German Motor Manufacturing (GMM) menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mercedes-Benz di Indonesia. P.T. German Motor Manufacturing (GMM) juga berhasil memproduksi truk ringan MB 700 yang memiliki kapasitas angkut besar dan mesin yang tangguh di tahun 1994.

1998 – 1999 Pemasangan Logo Mercedes Benz di gedung Deutsche Bank

Logo Mercedes Benz

Tepat pada tanggal 17 November 1998, Daimler-Benz AG bergabung dengan Chrysler Corporation menjadi DaimlerChrysler AG. Di tahun yang sama, Divisi Pemasaran dan Penjualan dipindahkan dari Wanaherang ke Gedung Deutsche Bank, Jakarta Pusat. Pada saat itulah pemasangan logo Mercedes-Benz di puncak gedung Deutsche Bank dilakukan.

2000 Lahirnya PT DaimlerChrysler Indonesia

Berlanjut pada tahun 2000, P.T. Star Motors Indonesia akhirnya bertransformasi menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia. Begitupun dengan P.T. German Motor Manufacturing juga merubah namanya menjadi PT DaimlerChrysler Indonesia.

Nah itulah sejarah singkat Mercedes Benz Indonesia hingga tahun 2000, kira-kira apa saja tonggak sejarah setelah tahun 2000 ? Jika ingin dilanjutkan silakan tinggalkan komentar.

Kaos Bus Mania
Miliki Kaos Official Ayo Naik Bis hanya di JF Autowear

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan mungkin juga Anda tertarik dengan beberapa artikel dibawah ini.

5/5 - (22 votes)