Sejarah Astra

Sejarah Astra Raksasa Otomotif Indonesia Awalnya Dari Jualan Kertas

Diposting pada

Inilah sejarah Astra yang merupakan raksasa otomotif di Indonesia, beberapa merek mobil, motor dan aplikasi bernaung dibawah perusahaan ini, apa saja ya ?

Mari kita lihat lebih jauh merk-merk terkenal apa saja yang berada dibawah perusahaan ini di Indonesia namun sebelumnya kita lihat dulu sejarahnya.

Sejarah Astra

Astra International didirikan oleh Bapak William Soerjadjaja yang memiliki nama asli Tjia Kian Liong pada 20 Februari 1957.

Awal mula didirkan dengan nama PT Astra International Incorporated dan pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk.

Kesuksesan Astra tentu tidak lepas dari perjalanan panjang Bp. William Soerjadjaja yang awal mula sebagai pedagang kertas di Cirebon.

Kisah Hidup William Soerjadjaja

Pendiri Pemilik ASTRA
Pendiri Astra

Terlahir dari keluarga pedagang di Majalengka yang harus berjuang secara mandiri sejak menjadi yatim piatu pada usia 12 tahun.

Sejak kedua orang tua meninggal dunia, Bp. William sempat juga pernah berjualan benang tenun di Majalaya kemudian meneruskan usaha orang tua dengan menjual hasil bumi.

Masa Sekolah

Sewaktu bersekolah di HCZS (Hollands Chinesche Zendingsschool) di Kadipaten Majalengka, pada masa penjajahan Belanda, pendiri Astra ini sempat tidak naik kelas.

Namun karena ketekunannya, ia berhasil melanjutkan pendidikannya ke MULO di Cirebon, namun kembali ia tinggal kelas.

Dari pelajaran-pelajaran yang diberikan di sekolah, Bp. William paling menyukai pelajaran ekonomi dan tata buku. Dengan kedua pelajaran inilah ia membangun seluruh usahanya.

Sekolah di Belanda

Dengan menyisihkan uang hasil berjualan Bp. William akhirnya dapat berkesekolah di Middlebare Vakschool V/d Leder & Schoen Industrie Waalwijk, Belanda.

Sebuah sekolah industri yang mengajarkan penyamakan kulit atau proses pembuatan suatu barang dari kulit dan inilah yang selanjutnya menjadi usahanya yang lebih besar.

Kembali ke Indonesia

Bp. William kembali ke tanah air membawa ilmu yang telah ia dapatkan dari Belanda.

Selanjutnya ia pun mendirikan industri penyamakan kulit yang saat itu kepengurusan diserahkan kepada seorang karyawan.

Mendirikan CV Sanggabuana

Selanjutnya Bp. William mendirikan CV Sanggabuana yang bergerak di bidang perdagangan dan ekspor impor.

Namun nasib malang menimpanya, karena mitranya malah melaporkan Bp. William ke polisi dengan tuduhan penggelapan pajak.

Tak hanya ditendang dari perusahaan, Bp. William juga ditahan di penjara Banceuy, tempat Sukarno pernah menjalani masa tahanan.

Mendirikan PT. Astra

Menara Astra

Bangkit dari keterpurukan Bp. William bersama sang adik Drs Tjia Kian Tie dan kawannya, Lim Peng Hong mencoba untuk mendirikan PT Astra Internasional.

Kantor pertama Astra berada disebuah toko yang berlamatkan di Jalan Sabang no. 36A, Jakarta.

Nama

Nama Astra sendiri diusulkan oleh Kian Tie, adik Kian Liong, diambil dari Astrea, yang dalam mitologi Yunani kuno merupakan dewi terakhir yang terbang ke langit dan berubah bentuk menjadi bintang yang bersinar terang.

Ketiga pendirinya kemudian mendaftarkan nama Astra International Inc. ke notaris Sie Khwan Djioe pada tanggal 20 Februari 1957 dengan modal sejumlah 2,5 juta rupiah.

Logo Astra

Timeline Astra

Berikut ini adalah timeline perjalanan sejarah Astra International dari masa ke masa (halaman selanjutnya)

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !