Sejarah Adiputro
Sejarah Adiputro

Sejarah Karoseri Adiputro, Berawal Dari Dua Minibus

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Inilah sejarah karoseri Adiputro, Malang yang merupakan karoseri besar di Indonesia dan ternyata pertama kali membuat minibus, ini cerita selengkapnya.

Terbukti dengan banyaknya perusahaan otobus diluar proyek pemerintah Indonesia yang membuat armada busnya di karoseri asal Jawa Timur ini.

Dan saat ini karoseri Adi Putro merupakan karoseri terbaik dalam hal kualitas dan juga memiliki brand yang sangat kuat yaitu Jetbus.

Namun tahukah Anda nama Jetbus sebenarnya diberi nama oleh operator dari Bogor selengkapnya bisa dibaca di Asal Nama Jetbus.

Selain itu karoseri berlogo kuda jingkrak ini juga menjadi pilihan pertama operator bus di Indonesia dikarena oleh beberapa faktor yang kami tuliskan adalam 6 alasan karoseri adiputro menjadi karoseri nomor satu.

Nah mari kita simak cerita perjalanan karoseri pembuat Jetbus ini bagaimana kisah suksesnya berawal.

Sejarah Adiputro

Adiputro pada saat ini telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Sedikit yang tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif.

Pemilik karoseri Adiputro adalah dari keluarga Jethrokusumo dan saat ini yang sering terlihat aktif didepan adalah Bp. Andreas Jethrokusumo, Bp. Jesse Jethrokusumo dan Bp. David Jethrokusumo.

Pemilik Adiputro
Bp. Simon Jethrokusumo bersama Om. Adi Sucipto (Sejarah Transportasi)
Pemilik Adiputro
Adiputro Owner dan Team

Dikutip dari batikimono.com awal mula usaha karoseri ini dirintis dari bidang fotografi keluarga Jethrokusumo di Malang, 7 Agustus 1971.

Melihat tingginya permintaan pasar akan alat transportasi penumpang, kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick-up Colt T120  menjadi kendaraan transportasi penumpang.

Strategi ini mendapat respon yang sangat baik karena mereka dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat itu sedang baik.

Kejelian mereka dalam meresponi permintaan pasar tersebut membuat mereka berani memanfaatkan semua sumber daya yang mereka miliki untuk membangun bengkel karoseri kecil sendiri pada tahun 1973.

Melalui karoseri kecil ini mereka merintis usaha karoseri dengan memproduksi dua mini bus awal mulanya dan bertahap dalam skala kecil.

Pembuatan minibus Adiputro
Line Produksi Minibus

Kegigihan mereka yang didukung permintaan pasar membuat usaha karoseri mereka berkembang dalam waktu 2 tahun saja.

Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional Adiputro.

Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka pembuat bodi bus ini mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan.

Pada tahun 1982, Adiputro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY.

Minibus Adiputro
Unit-unit minibus

Penyempurnaan kualitas produk-produk karoseri Malang ini terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN.

Oven pengecatan adi putro
Proses Pengecatan

Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.

Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 Adiputro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman.

Foto Adiputro Neoplan
Foto team Adiputro bersama bus Neoplan

Hal ini membuka pintu bagi Adiputro untuk menggapai pasar Asia Tenggara dan tentunya hampir sebagian besar operator bus di Nusantara.

Melalui kerja sama ini para tenaga ahli karoseri AP dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional.

Bahkan hingga saat ini team enginnering dan developmen masih secara berkala dikirim ke Jerman untuk update perkembangan dan teknologi terbaru.

Sejak saat itu, Adiputro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi,.

Pengakuan dan kepercayaan datang dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia karena kualitasnya.

Bahkan dari Survey yang kami buat karoseri berlogo kuda ini pun masih menjadi yang pertama, untuk melihat hasilnya silakan kunjungi Voting Karoseri Terbaik 2019.

Produk Adi Putro

Karoseri berlogo kuda ini pernah menghasilkan beberapa produk yang fenomenal di Indonesia, kali ini kami coba membagikannya sebagai berikut.

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.