Jertbus 3 Voyager AP
Jertbus 3 Voyager AP

Gokil, Jetbus 3 SDD Voyager Bisa Bawa Mobil

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Adi Putro menghadirkan bus terbaru Jetbus 3 SDD Voyager membuat pengunjung tercengang, karena bus ini bisa bawa mobil sport dalam bagasi.

Sebelumnya kami sudah menulis tentang Menebak Kejutan Karoseri Adi Putro dalam acara GIIAS 2019 dan memang benar prediksi kami berdasarkan pengamatan perkembangan bus diluar negeri.

Bersama karoseri lainnya Laksana yang menghadirkan Legacy Sky SR 2 Suites Class dan Tentrem dengan Avantenya namun Adi Putro tetap menjadi pilihan.

Bus ini dibangun diatas chassis Mercedes Benz OC 500RF OH 2542, jika Anda ingin tau harga chassis ini silakan kunjungi Harga MB 2542.

Detail Jetbus 3 SDD Voyager Adi Putro.

Tampilan depan sebenarnya tidak banyak perubahan berarti dari versi sebelumnya, karena karoseri Malang ini memang selalu bermain di zona aman.

Adiputro sangat jarang sekali merubah-rubah model busnya karena ada alasannya, hal ini juga perlu kita ketahui lebih jauh.

Alasan mengapa perubahan ekstreme karoseri asal Malang ini sangat lambat dikarenakan memikirkan ketersediaan komponen yang dibutuhkan operator.

Terutama untuk komponen-komponen jenis lampu, spion dan komponen yang sering terjadi kerusakan, jika terlalu cepat berganti model maka operator akan sangat dirugikan dengan hal tersebut.

Jika terjadi kerusakan maka ketersediaanya sangat susah didapatkan sedangkan hampir tiap tahun selalu ada pembaharuan.

Nah idealnya major change atau all new sabaiknya sekitar 3-4 tahun agar operator juga tidak kesusahan ketika membutuhkan spare part dari karoseri.

Eksterior

Untuk tampilan luar terjadi beberapa perubahan hanya pada bumper depan yang dibuat lebih fresh.

Kemudian juga pada bagian topi/sekat antar kaca yang dibuat lebih smooth senada dengan garis desain bumper.

Untuk menunjukan bus kelas premium, ditambahkan beberapa list chrome yang terlihat makin elegan.

Sebaiknya Anda juga membaca Informasi ini:

Foto Jetbus 3 SDD Voyager
Tampilan Depan

Masih menggunakan model headlamp dan foglamp yang lama seperti model Jetbus 3+ SHD atau UHD.

Pembeharuan lainnya terlihat pada selendang yang baru, dimana dibuat dengan base Setra namun dibuat lebih pendek dan besar.

Dengan adanya model selendang yang baru ini tentunya sedikit terlihat lebih fresh dari versi sebelum-sebelumnnya.

Detail Voyager Adi Putro
Detail Jetbus 3 SDD Voyager

Jetbus 3 Voyager ini sebenarnya ingin menonjolkan pada sisi bagasi yang dapat membawa sebuah mobil sport kedalam bus.

Meskipun sebelumnya karoseri asal Malang ini sudah memiliki model bus dengan bagasi yang ekstra luas yaitu Jetbus 3+ UHD (Ultra High Deck), namun ini berbeda dengan versi Jetbus SDD 3 Voyager.

Karena dimensi Jetbus 3 SDD Voyager memiliki tinggi seperti bus tingkat AP yaitu tinggi 4150 mm dengankan Jetbus 3+ UHD memiliki tinggi maksimal 4 meter.

Sebuah mobil sport yang dapat masuk kedalam bagasi dengan sistem hidrolik tentunya sangat menarik perhatian.

Namun hal ini bukan hanya ingin memamerkan mobil sportnya tapi Adiputro ingin menunjukan bahwa konstruksi rangka dari bus tersebut sangat kuat.

Foto bus Voyager Adiputro
Tampilan Belakang

Untuk bagian belakang bus terbaru Adi Putro tidak banyak perubahan masih tetap menggunakan desain cowl dan lampu versi bus tingkat yang sebelumnya.

Bus bawa mobil Adi Putro
Detail Bagasi JB 3 Voyager

Bagasi untuk membawa mobil memiliki pintu yang lebar disebelah kanan dengan lapisan bagian dalam full plat bordes.

Mekanisme memasukan mobil kedalam bus tersebut dengan kontrol agar lantai dapat keluar kemudian memasukannya kembali kedalam bus.

Mungkin unit model ini cocoknya untuk dipergunakan bagi bus AKAP yang menyediakan jasa membawa paket khusus.

Interior

Sisi interior sebenarnya juga tidak terlalu banyak perubahan, baik dari bentuk dashboar masih memiliki desain yang sama dengan versi bus AP lainnya.

Dashboar dibalut dengan kulit sintetis berwarna coklat yang dipadukan dengan panel kayu membuat bus ini terlihat mewah.

Untuk mempermanis terdapat bagian-bagian yang diberi cat warna abu-abu dan tambahan lampu berwarna biru terletak dibelakang panel sehingga memberikan kesan mewah.

Dua monitor juga diletakan pada bagian dashboard bus ini yang berfungsi sebagai media hiburan dan juga sebagai display CCTV yang disematkan dibeberapa titik.

Ruang sopir memiliki pintu kaca untuk akses menuju bagasi dimana mobil diletakan. Dan juga terdapat tangga untuk naik penumpang dari pintu depan.

Kabin sopir Jetbus 3 Voyager
Ruang kabin sopir

Setiap tangga ditambahkan LED strip agar terlihat saat menaiki tangga menuju deck atas bus.

Pada bagian atas ruang terbagi menjadi beberapa konfiurasi tempat duduk, yaitu kursi konfigurasi 2-1, kursi sofa dan juga ruang khusus yang terdapat meja dan minibar.

Interior Jetbus 3 SDD Voyager
Interior

Untuk desain plafond masih menjadi ciri khas AP yaitu simple dan tidak banyak ornamen.

Agar terlihat makin nyaman ada penggunaan lampu LED yang dapat berubah warnanya serta ditambahkannya lampu kecil disetiap pilar kaca.

Bagasi penumpang pun masih tetap menggunakan penutup sehingga lebih aman dan tidak perlu khawatir barang bawaan terjatuh dari atas.

Louvre sudah dilengkapi dengan lampu baca dan juga colokan USB untuk mengisi daya posel yang saat ini paling banyak dibutuhkan oleh penumpang.

Tempat duduk yang digunakan menggunakan elektrik untuk pengaturannya baik leg rest dan juga sandarannya.

Makin nyaman lagi karena setiap kursi dilengkapi dengan meja yang juga terdapat tab andorid serta lampu baca disetiap kursi yang fleksibel.

Untuk detail selengkapnya tunggu video review dari kami agar Anda dapat melihat sendiri kenyamanan bus terbaru Jetbus 3 SDD Voyager.

Informasi Rental Mobil dan Sewa Bus Pariwisata : Yogyaku


Kesimpulan Jetbus 3 SDD Voyager

Adi Putro hadir dengan model dan inovasi terbaru yang lebih banyak fokus pada fungsi dan detail pengerjaan yang rapi, ontime dan juga kualitas dari produk yang diproduksi.

Meski karoseri lain seperti Laksana dengan Legacy SR 2 Suites Class dan Tentrem dengan Avante series terlihat agresif dengan banyak inovasi, namun untuk kepercayaan produk Adi Putro masih tetap menjadi andalan operator bus.

Nah bagaimana pendapat Anda dengan Jetbus 3 SDD Voyager ini ? Silakan tinggalkan komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini.

Baca Juga Review Bus Lainnya:

Gambar Gravatar
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; Info@ayonaikbis.com Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom