Avante D2 Bus Tingkat
Bus Tingkat Pertama Tentrem

Keunggulan Avante D2 Bus Tingkat Pertama Tentrem

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Avante D2 bus tingkat pertama karoseri Tentrem asal Malang ini ternyata ada yang menarik dibanding bus tingkat karoseri lainnya.

Bersama 3 unit lainnya yaitu Avante H7, Avante H9 dan Tentrem Max HDD, satu unit bus double decker juga dipamerkan oleh karoseri asal Malang ini.

Lalu apa keunggulan produk dari karoseri yang berawal dari sebuah PO di Jawa Timur ini ? Mari kita bahas.

Avante D2 Bus Tingkat Pertama Tentrem

Dengan tagline The Dynamic Technology bus tingkat pertama karoseri Tentrem ini hadir memukau dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang ditawarkan.

Line up kelas atas untuk produk-produk bus dua lantai, Tentrem seakan menggebrak untuk mengejar ketinggalan dari pembuat bodi lainnya.

Masih menggunakan basis desain Avante terbaru bus tingkat yang diberi nama Avante D2 ini memiliki beberapa detail yang menjadi ciri khas.

The Dynamic Technology

Dengan pengembangan yang baik baik dari segi desain dan juga struktur bodi yang kokoh bus tingkat ini hadir untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang nyaman.

Masih mengandalkan ruang kabin driver yang memberikan pandangan luas tentunya karoseri Tentrem menjadi pilihan banyak operator bus di Indonesia.

Bus tingkat pertama tentrem ini menggunakan chasis Scania K410ib dengan tinggi total 4.080 mm lebih pendek dibanding dengan Legacy Sky SR 2 DD dan juga Jetbus 3 SDD Adi Putro yang rata-rata memiliki tinggi total 4,1 meter.

Bus berkapasitas total 42 seat dengan pembagian 32 seat di deck atas, 8 seat dibagian deck bawah dan 2 sleeper seat menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan.

Review Singkat Avante D2 Bus Tingkat Tentrem

Eksterior Bus Tentrem

Foto Harapan Jaya DD Tentrem
Tampilan Depan

Memiliki body shape yang sama dengan avante H7 dan H9 bus dua lantai ini terlihat gagah dan gemuk.

Menggunakan headlamp halogen dengan perpaduan foglamp dengan LED putih terlihat lebih modern.

Ciri khas Avante masih kental terlihat pada model kaca depan yang jenong dan luas serta selendang yang menyerupai huruf V membuat rasa kental karoseri Malang ini begitu menggoda.

Detail bus tingkat Tentrem
Detail Eksterior

Model topi atau sekat antar kaca depan pun dibuat lebih baru dengan garnis chrome tentunya menambah kemwahan, tidak lupa juga sign lamp dibagian atas diposisikan didalam bus.

Selain itu untuk bus tingkat ini ada sedikit berbeda pada bagian fender wheel yang dibuat seperti bus model lama Tentrem yaitu Scorpion King.

Foto Avante D2 bus double decker
Tampilan Belakang

Untuk sisi bagian belakang bus terlihat gagah dengan kisi-kisi udara menggunakan garnis chrome dan lampu belakang model terbaru ini makin menambah keserasian desain Avante.

Mengikuti trend floating roof menjadi andalan pad abus ini dan terasa semakin sporty dengan tambahan spoiler dibagian atas.

Bumper bus ini pun makin terlihat lebih sporty dengan adanya muffler dan juga warna gelap seperti trapesium yang terkesan seperti mobil sport.

Interior Bus Tentrem

Saat pertama masuk kedalam bus dari pintu depan, mata akan disuguhkan dengan dashboar yang keren sekali.

Secara bentuk memang tidak banyak perubahan namun material yang gunakan lebih baik yaitu menggunakan ABS yang diberi cat finishing warna hitam.

Adanya hadrail memberi kemudahan ketika penumpang akan masuk, serta dipadukan dengan garnis chrome memberikan kesan mewah dan elegan.

Panel-panel lampu disusun dengan rapi di sisi kemudi dan juga terdapat LCS kecil yang berfungsi untuk melihat camera pengawas dan juga sekaligus sebagai indikator entertaiment.

Dashboard Avante D2 Bus Tingkat
Dashboard

Saat ini Tentrem memang sedang banyak bermain dengan material-material metal seperti alumuniim dan juga finishing chrome.

Dashboard yang memiliki bentuk smoth ini makin ewah dengan balutan vinil yang berwana gelap dan terdapat aksen-aksen metal dengan brand Avante.

Panel Dashboard Avante D2
Panel pada dashboard

Lantai Bawah Avante D2 Bus Double Decker

Dibelakang kemudia ada sebuah lorong yang dipergunakan mengakses pada ruang tempat duduk penumpang.

Terdapat 2 sleeper seat business class yang sangat nyaman, bahkan material kulit joknya pun sangat berkelas.

Ruang bisniss class ini tentunya memberika tempat duduk yang lebih panjang dengan beberapa fasilitas seperti LED TV, Lampu baca fleksibel, Port USB, bantal, selimut, seat belt dan juga Android.

Sleeper Seat Avante Harapan Jaya
Sleeper Seat Business Class

Sekat ruang untuk kelas bisnis ini dilapisi bahan berwarna coklat dengan list berbahan stailes steel yang menambah kemewahan.

Dari hasil merasakan sleeper seat ini, posisi badan ketika duduk masih cukup lega dan ketinggiannya pun masih aman dari kepala.

Bergeser sedikit kebelakang maka akan ada ruang dengan kapasitas 8 tempat duduk.

Kursi menggunakan Hai dari Rimba Kencana ini begitu nyaman dengan warna kulit coklat.

Kursi ini sudah elektrik untuk pengaturan sudut sandaran dan juga leg rest yang tombolnya ada disisi samping armrest.

Namun karena jok yang begitu besar ada sedikit kendala pada gangway yang sempit sehingga mempersulit penumpang ketika ingin masuk atau duduk di kursi bagian depan.

Bentuk sandarannya pun sudah sangat nyaman karena kursi ini begitu luas dan pada area kepala dibuat lebih menonjol yang berfungsi sebagai sandaran kepala ketika tidur.

Pada ruang ini tedapat LED TV sebanyak 2 biji diletakan pada bagian dinding sleeper seat.

Merchandise Avante D2

Miliki merchandise kaos dengan desain bus Avante D2 yang keren hanya di JF Autowear.

Selain itu diruang abwah juga terdapat dispenser yang berfungsi untuk emmbuat minuman selama perjalanan dan ada juga rak kecil untuk meletakan peralatan gelas dan piring.

Terdapat juga Toilet pada bagian bawah sebelum naik ketangga lantai atas bus ini. Dan untuk step tangga juga disematkan LED agar terlihat saat dalam kondisi gelap.

Foto Deck bawah bus harapan jaya DD
Interior Deck Bawah

Lantai Atas Avante D2 Bus Tingkat

Naik kebagian deck lantai atas yang berkapasitas 32 seat namun bukan kursi elektrik.

Terdapat handrail mewah stailes steel ditangga naik yang dipadukan dengan bahan akrilik terlihat makin elegan.

Selain itu pada lantai atas juga terdapat ruang merokok yang terdapat 2 tempat duduk meski terlihat sedikit sempit.

Untuk bagian atas juga terdapat bagasi kabin yang sudah dilengkapi dengan penutup sehingga tidak khawatir barang terjatuh.

Setiap tempat duduk sudah terdapat juga post USB sehingga jangab khawatir lagi ketika handphone Anda kehabisan baterai.

Interior lantai atas bus double Decker
Interior Deck Atas

Disetiap tempat duduk pun juga dielngkapi dengan cup holder dibagian belakang sandaran dan juga paper net untuk meletakan buku atau brosur serta pegangan tangan yang sangat membantu ketika ingin berdiri.

Untuk semua model Avante ini sudah menggunakan jenis louvre terbaru yang terdapat lampu baca, lubang AC serta Post USB dan untuk mempermanis terdapat lampu LED berwarna biru.

Interior lantai atas bus harapan Jaya
Detail Bus Tingkat

Keunggulan Avante D2 Bus Tingkat Tentrem

Nah yang menarik dari setiap model bus Avante terbaru 2019 ini ada pada daun pintu bus tersebut.

Dimana bus ini sudah menempatkan karet kaca pada bagian dalamm sehingga ketika pintu ditutup akan terlihat lebih rapi.

Selain itu dengan tinggi bus tingkat yang hanya 4,080 mm ini tentunya lebih stabil dan juga ground clerence yang sudah disesuaikan demi stabilitas saat berjalan.

Semua seri Avante memiliki model yang smooth, terutama pada bagian kaca depan. Tentunya dengan demikain hambatan karena angin pun lebih baik karena secara aerodonamis bentuknya sangat mendukung.

Nah itu tadi sekilas mengenai review Singkat dari Avante D2 yang merupakan bus double decker terbaru dan pertama dari karoseri Tentrem Malang.

Update : Bus ini sudah dibeli oleh PO. Harapan Jaya Tulungagung

Bagaimana pendapat Anda dengan bus terbaru ini ? silakan tinggalkan komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

Baca Juga Review Bus Lainnya

Informasi wisata menarik di Jogja kunjungi Yogyaku.

Gambar Gravatar
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; Info@ayonaikbis.com Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom

One thought on “Keunggulan Avante D2 Bus Tingkat Pertama Tentrem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.