Suites Class Laksana
Suites Class Laksana

Mantap, Sleeper Bus Suites Class Laksana Seperti Pesawat.

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Tak disangka bus terbaru Laksana sleeper bus Suites Class, ternyata interiornya seperti pesawat dan ini detailnya dijamin gagal move on.

Sleeper bus di Indonesia sebenarnya bukan barang baru, karena sebelumnya karoseri Rahayu Santosa dan Adi Putro juga pernah membuat bus dengan konfigurasi tempat tidur.

Dan untuk pertama kali model bus dengan tempat tidur kenalkan oleh PO Brilian dan Bintang Prima Sulawesi yang pada waktu itu sempat viral.

Nah pada GIIAS 2019 ini karoseri Laksana tidak mau kalah dengan Adi Putro, karoseri asal Ungaran ini membawa 4 unit terbaru mereka yaitu Legacy Sky Sr 2 DD, Legacy Sky SR 2 Suites Class, Legacy Sky SR Transporter dan Cityline Volvo.

Nah kali ini kita mau bagikan dari model terbarunya yaitu Legacy Sky SR 2 Suites Class dari pengamatan sekilas kami, karena untuk detailnya akan kami ulas langsung bersama Om. Ririe sebagai desainernya.

Laksana Sleeper Bus Suites Class

Ada banyak pembaruan yang tidak disangka-sangka oleh para penggemar bus di Indonesia, ya salah satunya bagian interior, namun sebenarnya bus ini juga ada minor change alias facelift dibeberapa detail.

Berikut ini kami sajikan beberapa hal yang kami temukan setelah mengunjungi unit tersebut.

Eksterior

Model Legacy Sky Sr 2 yang terlihat gagah dengan warna putih dengan konsep seperti bus Eropa ini terlihat begitu memukau perhatian.

Meski bukan bus tingkat namun bus ini memiliki dua kaca disamping yang bertujuan agar penumpang yang berada di sleeper seat atas dan bawah tetap bisa melihat pemandangan dari jendela.

Foto Sleeper Bus Suites Class Laksana
Tampilan Depan Suites Class

Namun untuk unit pameran ini belum berstandart ECE R66 atau uji guling, meskipun beberapa unit sudah memiliki standartnya, selain itu Laksana juga sudah melakukan standarisasi kekuatan bangku ECE R80 bagi yang belum tau silakan baca ECE R80 Laksana.

Bus terbaru Laksana ini memiliki beberapa detail yang diperbaharui salah satunya ada pada bagianbumper tepatnya foglamp yang dibuat lebih fresh.

Bumper & Foglamp

Sebenarnya bukan model baru tapi tepatnya model ini distandartkan mengikuti model bumber dan foglamp model SR 2 Double Decker.

Perbedaan Legacy Sky Sr 2 Lama dan Baru
Perbandingan Legacy Sr 2 Lama Vs baru

Serat Carbon & emblem

Detail selanjutnya yang dipoles lebih baik lagi ada pada sisi garnis/selendang yang sebelumnya menggunakan finishing chrome untuk yang terbaru menggunakan serat carbon.

Hal serupa juga ditambahkan pada emblem Legacy Sky SR 2, untuk model lama menggunakan stiker chrome kini model SR 2 yang dipamerkan pada GIIAS 2019 menggunakan serat carbon.

Selendang Legacy Sky
Material Carbon

Dengan menggunakan material carbon ini tentunya memberikan kesan sporty dan lebih kekar pada bus terbaru karoseri Ungaran ini.

Untuk sisi bagian belakang bus ini masih tidak ada perubahan dengan versi Legacy SR 2 sebelumnya.

Foto Belakang Legacy Suites Class
Tampilan Belakang Suites Class Laksana

Interior

Nah pada bagian interior inilah nampak kemewahan yang dapat dirasakan oleh penumpang dan pada bagian inilah yang paling ditawarkan oleh karoseri Laksana.

Berbeda dengan sleeper seat atau sleeper bus yang sudah ada di Indonesia, tiap bilik yang dibuat oleh karoseri Laksana mewah seperti pesawat terbang.

Interior Legacy Suites Class
Interior Legacy SR 2 SC

Dibuat dari bahan ABS dengan paduan chrome yang memberikan kesan mewah dan nyaman.

Konsep Sleeper Bus yang diberlakukan oleh karoseri asal Ungaran ini seperti model Sleeper Seat bukan lagi menggunakan bed atau tempat tidur.

Sebenarnya untuk sleeper bus dengan tempat tidur/bed secara aturan memang tidak di ijinkan karena faktor keselamatan.

Alasan dari aturan tersebut mengacu posisi penumpang yang tidur, jika terjadi keadaan darurat maka posisi tidur lebih tidak aman.

Nah oleh karena itu maka posisi penumpang dibuat tidak 180 derajat melainkan sekitar 145 derajat, jadi semisal ada keadaan darurat penumpang akan lebih cepat merespon untuk bangun.

Nah karena posisi bagian punggung dan kepala memiliki sudut 145 derajat maka space yang ada dapat dimanfaatkan untuk kaki penumpang yang dibelakangnya.

Jika kita perhatikan bus-bus terbaru pun sudah tidak lagi menggunakan bed/tempat tidur melainkan dengan model sleeper seat seperti ini.

Jadi secara aturan dan konfirgurasi bus dengan model sleeper seat lebih aman dan tidak melanggar aturan.

Sleeper Bus Suites Class dari Laksana ini dapat diisi dengan jumlah maksimal 21 sleeper seat yang dibagi menjadi 4 premium suites class cabin dan 17 suites class biasa dengan konfirgurasi 2-2.

Fasilitas apa saja yang disematkan pada Suites Class Legacy Sky Sr2 ini ?

AVOD (Audio Video On Demand) sebagai diteriap slepeer seat media entertaiment selama perjalanan, bantal, USB Port dan juga lampu baca.

Dengan bahan kulit merah maroon tentunya bus ini bagian interior makin terlihat mewah serta ditambahakn pula seat belt sebagai keamanan ditiap kursi dan juga horden.

Untuk menambah kenyamanan bus ini juga sudah dilengkapi dengan toilet dan juga coffee maker.

Dan bagian plafonnya juga dibuat simple namun tetap elegan berkat lega light yang memiliki 5 konfirgurasi warna LED yaitu modern, classic, luxury, Glory dan Random.

Namun bus ini tidak memiliki bagasi cabin karena ruangan dimaksimalkan untuk sleeper seat.

Bus Sleeper Seat
Detail Sleeper Seat

Yang menjadi terlihat elegan adalah bentuk dan ornamen yang disematkan pada bus ini sangat memuakau.

Karena konfirgurasi sleeper seat ini bertingkat maka untuk penumpang yang dibagian atas diberi akses step yang diberi cat warna hitam dan juga handrail.

Dashboard

Untuk dashboard sudah menggunakan model baru, hal ini nampak dengan adanya kombinasi material ABS plastik dan dibungkus dengan MBtech.

Kemewahan terasa berkat ornamen chrome berpadu dengan warna abu-abu tua dan motif kayu berwarna coklat terasa begitu sempurna.

Selain itu penempatan panel-panel atau tombol yang disusun secara ergonomis tentunya menjadi nilai yang tidak dapat diabaikan.

Untuk bagian lantai pun ditambahkan karpet berwana coklat semakin menyempurnakan kemewahan bus ini.

Sebaiknya Anda Tau

Bus ini dibangun diatas chassis HINO RN 285 dan hanya memiliki tinggi sekitar 3,7 meter.

Karena mengutamakan ruang penumpang maka space bagasi pun dikurangi sehingga untuk bagasinya tidak bisa tembus dan lebih cocok dengan chassis ladder frame.

Kalaupun bus ini dipergunakan diatas chassis space frame kemungkinan cocok untuk Mercedes Benz OH 1626 yang memang untuk spek High Deck.

Meski bus ini memiliki dua kaca samping, namun bus ini bukanlah bus tingkat. Hal ini bertujuan agar penumpang yang berada di sleeper seat atas dan bawah tetap dapat menikmati pemandangan luar.

Karena untuk model sleeper bus yang ada sebelumnya masih menggunakan spek bus biasa, hal ini berakibat posisi kaca tidak sesuai dengan tempat tidur penumpang.

Kesimpulan Laksana Suites Class

Kesimpulannya bahwa setiap pengembangan yang dihadirkan dalam Sleeper Bus Laksana ini akan memberikan sensasi baru bagi penumpang yang ingin menggunakan bus sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman.

Dan bukan itu saja, demi menjadi perusahaan karoseri berskala Internasional tentunya setiap produk yang dihasilkan karoseri asal Ungaran ini pun disesuaikan dengan kebutuhan market luar negeri.

Nah itu sekilas mengenai Sleeper Bus Suites Class Legacy Sky SR 2 karoseri Laksana, bagaimana dengan pendapat Anda ?

Kira-kira operator bus mana yang akan memilikinya ? Apakah Sinar Jaya ? Silakan tinggalkan komentar.

Silakan bagikan artikel ini dan tunggu artikel wawancara kami bersama desainer Laksana Om. Ririe, kami akan bongkar habis untuk produk-produk Laksana.

Baca Juga Informasi Terbaru

Dapatkan Informasi Wisata Terbaru di Yogyakarta dengan mengunjungi Yogyaku.

Gambar Gravatar
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; Info@ayonaikbis.com Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom