ECE R80 Laksana
ECE R80 Laksana

Karoseri Pertama di Indonesia, Laksana ECE R80 Test Kekuatan Rangka Bangku Bus

Posted on
5/5 (8)

Ayonaikbis.com – Karoseri Laksana ECE R80 menjadi yang pertama di Indonesia untuk standart keselamatan dengan uji kekuatan pada setiap rangka bangku dalam bus.

Setelah mengantongi standart keselamatan untuk kekuatan rangka bus yang diatur dalam standart Internasional UN ECE R66.

Standart ini biasa disebut dengan Uji Guling atau Rollover test pada rangka bus yang tentunya untuk meningkatkan kesalamatan.

Nah kini karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah ini mulai melakukan standart baru untuk mendukung keselamatan pada produk yang mereka hasilkan.

Jadi memang karoseri asal Ungaran ini bukan hanya fokus pada model desain yang baik saja namun juga secara engineering produk Laksana Aman dan Nyaman.

ECE R80 Laksana

Latar Belakang

Banyak kejadian kecelakaan di Indonesia akhir-akhir ini dan tentunya banyak korban berjatuhan, salah satu penyebabnya yaitu karen kursi bus yang terlempar keluar bus.

Hal ini disebabkan duduk kuris pada lantai tidak memenuhi standart sehingga tidak aman untuk ditumpangi.

Kasus Kecelakaan

  • Kecelakaan bus di Cisarua Bogor, 20 orang meninggal dan 34 orang luka-luka. Hampir semua kursi terlempar keluar dari bus.
  • Kecelakaan bus di Cikidang Sukabumi, 30 dari 32 kursi terlepas dari lantai bus.

Hal ini terjadi biasanya karena desain tempat duduk bus menggunakan baut yang ditanam diatas rel.

Secara fleksibelitas sistem rel ini memang membantu kemudahan untuk menentukan jumlah kursi yang dipasang.

Namun tentunya pihak karoseri mungkin belum secara detail menentukan rancangan yang sangat aman jika terjadi kecelakaan dijalan raya.

Pembuatan bus dengan dasar UN ECE R 80 lebih fokus pada pengujian kekuatan dan pengikatan bangku penumpang pada dudukan yang disematkan di rangka bus.

Pengujian ECE R80
Test Tumbukan

Jadi semisal bus mengalami kecelakaan dengan posisi tumbukan dari arah depan maka posisi tempat duduk bergeser seberapa besar, hal itu yang akan diuji sebagai acuan untuk mengembangkan proses engineeringnya.

Nah untuk mengetahui seberapa besar pergeseran yang di ijinkan maka harus dilakukan beberapa kali tahapan pengujian statis dan dinamis.

Dengan adanya pengujian ini tentunya produk lokal pun dapat memiliki standart kelas dunia dan layak untuk bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

Bagian R&D dari karoseri Laksana memang sangat bersemangat untuk mengembangkan bisnis karoseri ini, jadi mengapa karoseri ini saat ini layak menjadi karoseri paling TOP di Indonesia.

Sebelumnya kami juga sempat membahas bagaimana Rahasia kesuksesan karoseri asal Uangaran ini dan kami berharap karoseri lain juga dapat fokus untuk mengembangkan fitur-fitur keselamatan.

Kesimpulan ECE R80 Laksana

Jadi sebenarnya standart ECE R80 ini seharusnya berlaku bagi semua perusahaan yang memproduksi tempat duduk dan perakitan rel diatas lantai bagi kendaraan umum khususnya bus.

Karoseri sebaiknya merancang sebuah produk yang aman bukan hanya bagus dari segi tampilan. Dan Laksana sudah memulainya semoga karoseri lainnya juga memperhatikan hal keselamatan.

Baca Juga Informasi Karoseri lainnya:

Bagikan informasi ini jika bermanfaat dan jika Anda membutuhkan informasi lainnya silakan berkomentar.

SPONSOR : Dapatkan Merchandise Ayo Naik Bis Original : JF AUTOWEAR

Please rate this

Gravatar Image
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; Info@ayonaikbis.com Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.