Bus double decker terkecil
Bus double decker terkecil didunia

Bus Double Decker Terkecil Di Dunia

Diposting pada

Ini dia bus double decker terkecil di dunia yang pernah ada, bus mungil ini memiliki dua lantai layaknya bus tingkat pada umumnya, siapakah yang membuatnya ? simak selengkanya.

Bus tingkat terkecil ini tidak lain hasil karya dari perusahaan bus raksasa Neoplan yang berhasil mengembangkan bus tingkat terkecil atau perpendek di dunia.

Bus Double Decker Terkecil Di Dunia

Bus double decker terkecil di dunia ini hanya memiliki panjang 9 meter saja atau setara dengan bus medium yang biasanya berisi 29 seat saja.

Nah untuk bus ini memiliki perbedaan dengan bus medium yangs ering kita jumpai karena bus double decker buatan Neoplan ini yang bisa menampung lebih banyak penumpang.

Model Ini merupakan bus double decker pertama dan terpendek di dunia, di buat sejak tahun 1984 berdasarkan pesanan pengusaha otobus di Jepang yang pada tahun 1978 menghubungi Neoplan.

Pada saat itu operator bus di Jepang yang meminta dibuatkan bus tingkat dengan panjang 9 meter dan tinggi 3,8 meter saja.

Spesifikasi bus tingkat ini memiliki dua pintu darurat serta konversi posisi stir pengemudi menjadi left hand drive untuk disesuaikan dengan regulasi di Jepang.

Model bus ini sangat kental dengan karakter Neoplan, dimana bus menggunakan fender wheel yang tidak bulat namun sedikit dibuat sudut pada bagian atas serta terdapat selendang atau pilar B yang memiliki gaya yang tegas.

Nah karena jaman dahulu trend bus masih banyak dibuat sudut yang smooth maka terlihat dari setiap sudut model lekukannya dari bamper dan kaca yang terhubung dengan roof pun terlihat melengkung sehingga lebih aergonomis.

Baca Juga : Bus Terbesar di Dunia

Foto Bus Tingkat Terkecil

Bus Double Decker terkecil
Bus Double Decker terkecil di Dunia

Pada tahun yang sama Neoplan juga mengembangkan Neoplan Skyliner pertama yang dikirim ke timur atau dikirim dari Jerman ke Jepang.

Awalnya semua komponen bus tersebut dibuat dan dikirim dari Jerman, akan tetapi untuk efisiensi yang dilakukan oleh Bapak Albrecht Auwärter maka dikembangkanlah workshop Neoplan di Jepang.

Dengan adanya workshop di Jepang maka proses perakitan body bus dan mesin dapat dilakukan di Jepang tanpa perlu dikirim semua dari Jerman.

3 Bulan Pengembangan

Hanya dalam waktu tiga bulan saja untuk pengembangan bus ini karena tidak adanya banyak aturan dari pemerintah Jepang mengenai bus double decker.

Meski hanya memiliki panjang 9 meter bus ini juga lebih unggul dibandingkan bus medium karena kapasitas yang lebih banyak.

Selain dari itu di Jerman sendiri ada satu model bus tingkat yang pendek juga dengan nama Neoplan Clubliner N 122/2.

Bus Neoplan Clubliner N 122/2 memiliki dua poros dan berlantai tingkat/double decker.

Bus Neoplan Clubliner N 122/2 memiliki panjang 10,7 meter dengan lower deck yang sangat diminati karena desain dan model yang lebih modern.

Sejarah mencatat Neoplan Skyliner sudah terkirim ke Jepang sejak tahun 1977 dengan berbagai macam model dengan jumlah yang besar hingga saat ini.

Nah itu tadi sekilas mengenai bus double decker terkecil di dunia. mungin itu tadi cikal bakal sebelum bermunculan bus-bus double decker seperti Setra dari Daimler atau bus tingkat di Indonesia. 

Bagaimana menurut pendapat Anda ?

Silahkan bagikan informasi ini jika bermanfaat bagi lainnya dan silakan bergabung group Ayo Naik Bis Telegram.

Baca Informasi menarik lainnya

Sumber : Neoplan

Ayo Naik Bis
Ikuti Saya
Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.