Busmania Indonesia
Busmania Indonesia

Kalian Termasuk Busmania Sejati Atau Kompor Mania ?

Diposting pada

Bertumbuh dan besar kini penggemar bus / Busmania di Indonesia dari berbagai kota, bahkan sampai kemancanegara melihatnya, berikut faktanya.

Busmania Atau Kompor Mania ?

Bus sebagai moda transportasi yang murah dan nyaman sudah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan hadirnya bus-bus yang menawarkan pelayanan yang baik.

Seiring dengan perkembangan dunia transportasi di Indonesia ini tak lepas juga terdapat beberapa orang yang berkumpul dengan satu hobi dengan bus menamakan diri Busmania / Bismania.

Bahkan komunitas bus di Indonesia sangat banyak sekali, ada yang resmi dengan legalitas seperti Bismania Community ada juga yang secara kelompok membuat komunitas mereka sendiri.

Keberadaan komunitas ini ada yang positif ada juga yang malah memberikan kesan negatif, meski hal ini tentu tidak dapat digeneralisasi dari komunitas tersebut.

Komunitas Bus Indonesia

Banyak komunitas di Indonesia berikut ini kami coba rangkum beberapa komunitas yang cukup terkenal keberadaanya dan memberikan dampak di dunia transportasi Indonesia.

1. Bismania Community

Logo Bismania Community
Bismania Community

Bismania Community ini mungkin satu-satunya komunitas penggemar bus yang secara hukum dan legalitas dapat dipertanggung jawabkan.

Secara organisasi komunitas ini merupakan yang terbesar di Indonesia dengan anggota ribuan orang dari Sabang sampai Marauke.

Meskipun dahulu komunitas ini juga mengalami beberapa kali perubahan internal, karena sebelumnya bersama dengan Bismania.com yang lebih banyak kumpul di forum (sayang forumnya shut down).

Terjadinya perpecahan ditubuh bismania karena perbedaan visi misi dari pendirinya bukan berarti membuat komunitas ini bubar, melainkan lebih solid dan tetap bersinergi dalam mengkampanyekan gerakan Ayo Naik Bis.

Untuk saat ini Bismania Community aktif dikegiatan online maupun offline, bahkan sudah berdiri kurang lebih 11 tahun dan terus aktif.

Untuk kegiatan online tentu banyak aktif di sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter dan memiliki website resmi di bismania.org

Didalam kegiatan offline mereka sangat aktif hadir disetiap kegiatan transportasi seperti dari Dishub, launching produk APM, Operator bus dan kegiatan lain dengan mengirimkan perwakilan disetiap kegiatan.

Bahkan komunitas ini memiliki kegiatan tahunan yang disebut dengan Jambore Nasional Bismania yang diadakan secara bergilir dikota-kota seluruh Indonesia.

Kegiatan ini bukan hanya kumpul-kumpul sesama penggemar bus saja melainkan juga mengenalkan kepada masyarakat tentang transportasi umum.

Nah secara visi misi Bismania Community memiliki beberapa poin yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

V I SI

” Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis ”

M I S I

Menghimpun, menyatukan dan mengakomodasi para penggemar bis diseluruh Indonesia dalam satu lingkup komunitas melalui berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan dunia perbisan.

Nah dari visi misi diatas jelas bahwa komunitas ini didirkan untuk memberikan informasi tentang pengetahuan dunia transportasi bus di Indonesia dan mempersatukan semua kalangan pencinta bus.

Jadi bagi Anda yang ingin bergabung komunitas ini tentu harus memahaminya dahulu karena untuk menjadi anggota resmi Anda perlu mendaftar di Korwil terdekat di kota Anda.

2. Bismani Indonesia / Bismania Forum

Bismania forum Logo
Bismania.com

Untuk komunitas Bismania Indonesia / Bismania Forum ini sebenarnya juga sama dengan bismania community karena dulunya juga satu visi misi.

Tentunya mereka hadir bertujuan untuk saling berbagi informasi tentang dunia bus di Indonesia yang banyak dikumpukan disetiap thread diforum bismania.

Banyak anggota Bismania Forum dulu banyak aktif diplatform forum bismania.com namun sayangnya saat ini forum tersebut sudah dishutdown, padahal informasi yang ada diforum tersebut sangat bermanfaat.

Kami berharap para pendiri Bismania Indonesia dapat menghidupkan kembali forum yang dulu pernah ada agar informasi yang dibutuhkan dapat diakses kembali.

3. BimaKus / Bismania Kaskus

Bimakus - Bismania Kaskus Logo
Bimakus

Bimakus merupakan salah satu komunitas bismania yang lebih aktif di platform forum Kaskus.

Karena dulu kaskus adalah forum paling besar di Indonesia meskipun sekarang mulia tersingkirkan oleh sosial media yang lebih kaya akan fitur.

Namun tentunya informasi yang dibagikann oleh anggota Bimakus juga sangat bermanfaat bagi masyarakat dan penggemar bus di Indonesia.

4. Komunitas Lokal dan Komunitas Sosial Media

Bismania Community
Jamnas Bismania Community

Nah sebenarnya banyak sekali bermunculan komunitas-komunitas lokal di Indonesia yang dibuat oleh beberapa orang penggemar bus.

Biasanya mereka tergabung di grup-grup facebook atau whatsapp yang sehari-harinya adalah membicarakan tentang bus terbaru, dan beberapa aktif juga untuk produktif menjadi blogger dan youtuber.

Apa Salah Berkomunitas ?

Berkomunitas tidak pernah ada yang salah, apa lagi komunitas tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga bagi siapapun yang membutuhkan informasi.

Ikutan Trend

Nah namun jika diperhatikan lagi, saat ini istilah Bismania / Komunitas-komunitas bus banyak dipakai beberapa orang hanya ikutan karena sedang trend.

Sebagai contoh.

Dulu di Indonesia sempat muncul trend yang mendunia yaitu tentang klakson telolet. Namun saat ini klakson telolet pun saat ini sudah memudar dan tidak menjadi hal yang istimewa lagi.

Baca : Fenomena Klakson Bus Telolet

Namun jika diperhatikan lagi saat ini di Indonesia sedang trending banyak sekali anak-anak muda yang menjadi youtuber, atau sekedar eksis untuk pemburu konten.

Baik di youtube / Instagram banyak orang yang mengaku Bismania dengan cara melakukan trip, dan juga membuat konten-konten tentang bus di Indonesia.

TIDAK ADA YANG SALAH dengan membuat konten untuk Youtube atau Sosmed, namun yang menjadi masalah adalah ketika konten yang diunggah lebih banyak menonjolkan aksi-aksi berbahaya.

Banyak konten di Youtube yang menjukan bus kebutan-kebutan, pamer kecepatan dan juga aksi bus-bus ngeblong yang tentunya berkonotasi negatif.

Hal ini sangat berdampak negatif pada masyarakat yang ingin menggunakan bus karena takut melihat aksi bus yang kebut-kebutan.

Selain itu hal ini membuat makna dari komunitas tersebut juga bergeser, bukan lagi aksi kampanye transportasi umum tapi malah kampanye bus kebut-kebutan.

Berbagi Konten Positif

Seharusnya sebagai penggemar bus kita lebih banyak menunjukan konten yang positif seperti.

  • Trip Report yang membagikan informasi harga tiket dan rute yang bus dilalui sehingga masyarakat dapat lebih mudah sebelum melakukan perjalanan.
  • Review teknologi bus terbaru sebagai wawasan tentang perkembangan bus saat ini.
  • Sejarah Bus sebagai informasi tentang perkembangan bus di Indonesia dari jaman dulu hingga sekarang.
  • Dan masih banyak hal positif lainnya

Karena dengan membagikan konten positif yang mengedukasi tentu masyarakat yang sebelumnya belum minat untuk naik bus akan tertarik mencoba bus dan diharapakn dapat mengurangi kemacetan.

Hal ini pun yang ayonaikbis.com lakukan sebagai media informasi diwebsite ataupun channel youtube.

Jika Anda ingin mengetahui sejarah-sejarah bus Indonesia dapat membacanya diartikel berikut.

Jika Anda membutuhkan informasi tentang review dan karoseri juga dapat Anda temukan disini.

Dan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi untuk perjalanan seperti tiket bus, nomor agen bus serta jadwal keberangkatan bus dapat menemukannya disini.

Atau jika Anda membutuhkan review dalam bentuk video kami juga hadir di Channel Youtube Ayo Naik Bis Indonesia. (Klik Gambar Untuk Melihat)

Youtube Ayo Naik Bis Busmania
Klik Channel Youtube AYo Naik Bis

Banyak operator yang tumbuh dan besar juga karena adanya penggemar / mania diantaranya adalah Po. Haryanto dan PO. Sudiro Tungga Jaya.

Baca : Sejarah PO Haryanto dan Sejarah PO Sudiro Tungga Jaya

Meskipun masih banyak operator lain yang besar juga karena dampak dari komunitas yang aktif mempromosikan operator tersebut.

Kedua operator ini memiliki beberapa penggemar fanatik yang rela membela apa pun ketika PO favoritnya dikritik oleh pihak lain, sebagai contoh artikel dibawah ini.

Baca : Hauwke “Sudiro Tungga Jaya Bus Maut”

Hal ini sebenarnya baik, karena dari keadaan ini membuktikan bahwa masyarakat sudah mulai peduli dengan transportasi umum khususnya bus.

Namun ada beberapa orang (Oknum) yang mengaku penggemar bus / Busmania yang menjadi kompor dengan cara memprovokasi driver bus untuk menancap pedal gass lebih kencang.

Entah apa tujuannya, padahal hal tersebut sebenarnya tidak dibenarkan. Karena perusahaan otobus sendiri sudah memiliki SOP tentang keselamatan.

Cerita lainnya, ada pula penggemar yang bersorak bahagia jika bus yang ditumpangi ugal-ugalan, padahal seharusnya ketika ada crew / driver yang mengendarai bus mulai membahayakan keselamatan sebaiknya di Ingatkan atau ditegur.

Ada pula beberapa penggemar yang adu argumen disosial media karena berbeda pendapat dengan penggemar dari PO lain.

Padahal kalau kita lihat pemilik operator bus tersebut ketika bertemu juga biasa-biasa saja tidak sepanas melihat komentar di sosmed.

Pemilik Sumber Alam dan Sudiro Tungga Jaya
Owner Sumber Alam & Owner STJ

Mari Menjadi Bus Mania Sejati

Bus Mania sejati adalah siapa saja atau dibawah bendera komunitas apa saja yang ikut serta membagikan informasi dan konten positif.

Yuk mulai membuat konten yang mengedukasi tentang keselamatan, kenyamanan bus, dan juga mengkampayekan gerakan Ayo Naik Bis.

Atau dapat juga memberikan kritik dan saran yang membangun bagi keberlangsungan operator bus, karena setiap perusahaan memiliki aturan-aturan yang perlu dihormati juga.

Berikan masukan Anda ke nomor-nomor pengaduan yang disediakan, dan kami yakin setiap operator yang ingin maju akan menerima setiap kritik dan saran dari pengguna bus.

Anda juga dapat melakukan hal-hal positif seperti yang pernah dibahas oleh JF Autowear berikut ini.

Wajib baca : 7 Cara Cepat Menghasilkan Uang dari Hobi Bus

Kampanye Stop Pelemparan Bus

Atau kita sebagai penggemar bus juga ikut serta dalam mengkampanyekan gerakan Stop Pelemparan Batu Ke Bus sebagai aksi mengurangi kecelakaan.

Manfaatkan kemampuan foto/video Anda, yuk selipkan kampanye ini agar masyarakat mengetahui kesadaran agar tidak melakukan aksi berbahaya pelemparan bus.

Stop Pelemparan Batu Busmania
Banner Facebook

Ayo Naik Bis membuka kepada komunitas atau personal siap saja yang ingin berkolaborasi dalam mengkampanyekan Gerakan Ayo Naik Bis untuk mengurangi kemacetan.

Nah Jika kalian merupakan Busmania Sejati silakan berkomentar dan berkenalan dengan member lainnya diseluruh Indonesia.

Tunjukan Pada Dunia

Busmania Indonesia sangat besar dan banyak anggotanya, jika kita semua memiliki kekompakan dan Visi Misi yang sama tentu akan menjadi kekuatan yang besar juga untuk mempromosikan bus Indonesia berskala Internasional.

Terbukti banyak bus buatan Indonesia yang sudah mulai dieksport keluar negeri seperti Laksana, Adiputro, New Armada dan lainnya.

Baca Info Penting Berikut:

Nah jika Anda ingin membuat penggemar bus Indonesia makin mendunia maka ikutlah bergabung di forum Busworld untuk menujukan bahwa Busmania Indonesia itu terbesar di dunia.

Caranya, silakan bergabung bersama Ayo Naik Bis di platform Busworld untuk meramaikan forum internasional yang juga membagikan GRATIS Trip ke Busworld keluar negeri (Gratis Tiket dan Hotel) bagi yang aktif.

Klik panduan Gabung Forum Busworld dan jadikan Bus Indonesia mendunia.

Tips Komunitas

Bagi kalian yang juga ingin membuat komunitas untuk tujuan positif sebaiknya juga membaca dulu tips KEREN ini agar komunitas Busmania milikmu lebih cepat besar.

BACA: Cara membuat komunitas dan memajukannya agar lebih cepat Besar.

Tuliskan Nama dan Lokasi Anda dikolom komentar dibawah jangan lupa berikan pendapat Anda tentang trend bus saat ini dan menurut Anda Busmania Sejati itu seperti apa ?

Sumber : Google, Instagram dan Bismania Community

Catatan : Jika ada informasi yang kurang tepat atau beberapa sumber kurang jelas silakan beri masukan dikolom komentar.

Baca Informasi Terbaru Berikut Ini:

Ayo Naik Bis
Ikuti Saya
Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.