Sejarah Po Gunung Mulia
Sejarah Po Gunung Mulia

Debut Mandiri di Tahun 1986, PO Gunung Mulia

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Berikut merupakan sedikit kisah tentang sejarah bus PO Gunung Mulia, yang seperti kita tahu bahwa Wonogiri menjadi tempat banyak lahirnya Perusahaan Otobus di Indonesia.

Sejarah PO Gunung Mulia

Hai hai kembali lagi, bagaimana kabar dulur semua? Cuaca tengah tidak nyaman ya, kemarau tapi angin dan berdebu, pastikan Anda tetap sehat ya.

Kali ini kita akan membahas salah satu Perusahaan Otobus kelahiran bagian sisi tenggara Provinsi Jawa Tengah, Wonogiri.

Yang mana kita telah tau bahwa banyak PO bermunculan karena faktor pembangunan Waduk Gajah Mungkur.

Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah guna mendukung transmigrasi warga sebanyak 51 desa dan 6 kecamatan yang tergusur, ke Provinsi Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatra Selatan.

Ya terlebih pasti merantau ke Ibu Kota Jakarta.

Tahukah Anda bahwa Waduk Gajah Mungkur merupakan danau buatan seluas 8.800 Hektar, dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo, guna mengendalikan banjir yang kerap terjadi.

Luaasnya hingga mencangkup 7 kecamatan yaitu Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, Kecamatan Wuryantoro.

Anda pasti sudah tidak asing kan? Karena memang banyak bus Wonogirian yang memiliki Agen dari daerah tersebut dan yang cukup terkenal saat ini adalah PO. Putera Mulya.

Terhitung hingga sekarang sudah 33 tahun, PO Gunung Mulia mengaspal mewarnai dunia bisnis moda transportasi, dengan awal debut mandiri di tahun 1986.

Mengapa disebut debut mandiri? karena 3 tahun sebelumnya, yakni di tahun 1983 pernah bergabung dan bekerja sama dengan PO Gunung Giri yang merupakan ayah dari PO. Agra Mas.

Bus dengan bodi dominan warna putih dan livery khas warna orange serta strip sederhana berupa garis lurus mirip dengan PO RAYA ini awal mulanya hanya memiliki 2 unit armada saja lho.

2 unit armada itu berjalan untuk trayek dalam kota saja, namun dengan visi dan misi yang tetap dijaga kini bus Gunung Mulia telah menembus AKAP yakni Wonogiri – Solo – Jakarta – Bogor PP.

Yakinlah, setiap usaha yang Anda tekuni sekarang, meski belum membuahkan hasil yang manis, pasti akan mendapat balasan yang manis, entah dari usaha mu sekarang atau dengan ditunjukkan jalan lain.

Tahukah Anda, menurut busnesia.com, di tahun 2014 bus asli Wonogiri ini pernah memiliki Chassis Isuzu LT 134 dengan bodi New Setra milik Adiputro, lho.

Kini telah diperbarui dengan menggunakan mesin dari Mercedes Benz dan Hino, yakni Hino RK8 dan Mercedes Benz OH 1521, OH 1526, OH 1518 ada pula bus bermesin Nissan.

Dibalut dengan apik oleh berbagai macam model bodi seperti All New Legacy SR-1 Laksana, Lecagy SR2 XHD Prime Laksana, Jetbus HD Adiputro, dan masih banyak yang lain.

Meskipun saat ini model Jetbus memang mendominasi di Indonesia, hal ini tentu karena beberapa faktor yang menjadi alasan, ingin tau apa alasannya kenapa Adiputro menjadi pilihan ?

Baca : 6 Alasan Adiputro Menjadi Karoseri Nomor Satu di Indonesia

Foto Bus PO. Gunung Mulia

Bus lawas PO dari Wonogiri ini bermacam-macam mulai dari Mercedes Benz OF 1113 bermesin depan, ada juga model Skania buatan karoseri Restu Ibu.

Gunung Mulia OF 1113
OF 1113, Pic Sejarah Transportasi

Juga ada model Skania besutan karoseri Bogor Restu Ibu Pusaka yang saat itu sangat terkenal dengan model yang unik.

Skania Restu Ibu
Skania Restu Ibu, Pic: Setra
Bus Gunung Mulia Sprinter
Bus Gunung Mulia Sprinter Laksana (Pict by IG ikbar_aprian)

Ada juga bus yang hasil rombakan dengan face model terbaru, salah satunya model face Maxibus karoseri Laksana.

Operator asal Wonogiri ini juga memang gemar memilih bus buatan karosri asal Ungaran yang saat ini dengan agresif mengejar karoseri Malang Adiputro.

Tentunya ada beberapa hal yang membuat karoseri Laksana saat ini juga menjadi karoseri terbaik, silakan baca 7 Rahasia kesuksesan karoseri Laksana.

Bus Gunung Mulia
Bus Gunung Mulia Maxibus (rombak) Laksana (Pict by IG fadilcandraa)

Sebelum seri Legacy operator ini juga sempat menggunakan model Panorama DX sampai akhirnya jatuh hari pada seri Legacy, Legacy SR 1 bahkan sampai Legacy SR 2.

Panorama DX Gunung Mulia
Panorama DX Laksana, Pic: Setra
Bus Gunung Mulia
Bus Gunung Mulia Legacy Laksana (Pict by IG wams_potret)
Bus Gunung Mulia
Bus Gunung Mulia Legacy SR 1 Laksana (Pict by IG m_ariffanda)
Bus Legacy SR 1 Wonogiri
Bus Gunung Mulia All New Legacy SR-1 Laksana (Pict by IG dika_6d)
Bus SR 2 XHD Prime
Lecagy SR2 XHD Prime Laksana (Pict by IG heribismania)
Bus Gunung Mulia
Bus Gunung Mulia Jetbus Adiutro (Pict by IG danuwidiarcs_)

Visi dan Misi PO Gunung Mulia

Visi

Menjadi salah satu perusahaan transportasi yang mengedepankan kualitas pelayanan dan mengutamakan keselamatan para penumpang.

Misi

  1. Mempersiapkan peremajaan armada-armada.
  2. Mempersiapkan pengendara yang baik bagi penumpang.
  3. Menyediakan karyawan yang ramah, baik karyawan di dalam bus maupun di kantor.
  4. Memberikan kenyamanan bagi penumpang.
  5. Mempersiapkan armada-armada baru dengan fasilitas dan kenyamanan yang lebih baik.

Layanan

Kini, bus Gunung Mulia melayani bus AKAP dan juga bus Pariwisata. Untuk layanan AKAP dibagi menjadi 2 kelas yakni VIP dan Eksekutif.

Untuk layanan bus malam VIP yakni dengan standar kualitas yg baik, dilengkapi dengan AC, toilet yang bersih, dan tempat duduk yang nyaman karena saat ini memang persaingan sangat ketat di dunia transportasi.

Sedangkan untuk layanan bus malam Eksekutif yakni dengan kualitas yang terbaik di kelasnya, dilengkapi dengan AC, toilet yang bersih, reclining seat, leg rest dengan konfigurasi 2-2, Selimut, Snack dan Servis makan.

VIP dan eksekutif melayani rute Jawa Tengah – Jabodetabek sedangkan untuk kelas Ekonomi, yakni melayani rute AKDP Solo – Purwantoro.

Untuk Bus Pariwisata yakni dengan menggunakan armada terbaru, dan penghitungan tarif yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Merchandise Bismania

UPGRADE gaya berpakaianmu sekarang dengan berbagai macam pilihan kaos bertemakan bus Indonesia yang keren hanya di JFAutowear 🙂

Rute/ Trayek

  • Purwantoro – Slogoimo – Jatisrono – Wonogiri – Sukoharjo – Solo – Klaten – Sragen – Ponorogo – Jakarta – Bogor – Poris
  • Jakarta – Semarang – Salatiga – Solo – Klaten – Sragen – Sukoharjo – Wonogiri – Jatisrono – Purwantoro
  • Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Purwantoro

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat

Jl. Solo – Sukoharjo KM 9, Jawa Tengah
0271-623220, 621153

Untuk alamat dan nomor telepon Agen bus Gunung Mulia cek selengkapnya disini ya Alamat dan Nomor Telpon Agen Bus Gunung Mulia Lengkap

Nah itu dia, ulasan menarik tentang sejarah dan profil PO Gunung Mulia, semoga dapat bermanfaat ya, jika Anda memiliki tambahan silakan tinggalkan komentar dan jangan lupa share ke teman Anda.

Baca informasi menarik lainnya disini :

GRATIS PROMOSI

Dapatkan Promosi GRATIS 2 Bulan di website Ayo Naik Bis khusus bus pariwisata dan rental mobil. Dapatkan banyak keuntungan dan kemudahan pelajari selengkapnya.

4.6/5 - (5 votes)