Jatayu Transport Jogja
Jatayu Transport Jogja

Jatayu Transport, Pernah Melintas Jogja – Mataram, Begini Nasibnya Kini

Diposting pada

Sempat hadir dengan trayek reguler mewarnai trayek Yogyakarta – Mataram, Kini bus pariwisata Jogja Jatayu Transport lebih fokus pada divisi pariwisatanya.

Awal Mula Berdirinya Jatayu Transport Jogja

Kembali lagi dengan topi sejarah bus Indonesia yang kali ini kita akan membahas sejarah dan profil singkat bus pariwisata Jatayu Transport dan segala cerita lika likunya.

Perusahaan bus wisata ini dirintis oleh Bapak Djawari di tahun 1969 dengan tonggak awal yaitu melayani jasa angkutan untuk trayek pendek dapat pula disebut AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi).

Dengan rute yang dilayani seperti Yogyakarta – Kretek PP, Yogyakarta – Srandakan PP, Yogyakarta – Parangtritis PP, dan Yogyakarta – Solo PP.

Mungkin kakek nenek Anda yang tinggal di daerah Bantul, Yogyakarta tentu paham dengan PO satu ini.

Sama seperti juga PO Baker yang dulu sangat terkenal dengan rute Jogja – Kaliurang, Baca sejarah Singkat PO Baker untuk lebih lengkapnya.

Penambahan Rute

Kemudian di tahun 1983 makin bergairah dengan memperluas rute AKAP dengan pelayanan mencakup kota Jogja – Jakarta, Jogja – Denpasar, Jogja – Merak.

Trayek jarak jauh pun pernah dibuka pada tahun 1990 dan melayani trayek Yogyakarta – Denpasar PP, Yogyakarta – Denpasar – Padangbai – Mataram PP. Yogyakarta – Lombok PP. Kemudian menyusul Yogyakarta – Jakarta – Merak.

Pecahnya Jatayu Transport

Pada tahun 1995 Jatayu Transport dipecah menjadi beberapa divisi. Pertama divisi pelayanan reguler yang melayani jasa angkutan publik (Jatayu Public Transport) dan divisi pelayanan wisata (Jatayu Utama Tour).

Namun seiring dengan perkembangan situasi Jatayu Utama Tour hanya bergerak dalam bidang pelayanan wisata saja, tidak melayani jasa angkutan wisata.

Dalam hal ini terjadi pemisahan manajemen perusahaan antara Jatayu Public Transport dan Jatayu Utama Tour.

Fokus Divisi Pariwisata

Pada tahun 2002 Jatayu Public Transport mengubah orientasi pasar yang semula Jatayu Public Transport melayani angkutan reguler berubah menjadi Jatayu Trans Wisata.

Dan untuk memaksimalkan pelayanan PO ini secara khusus melayani angkutan wisata dengan bus-bus besar untuk kegiatan pinkik, perkantoran studi tour dan acara-acara kantor dan sekolah.

Kemudian pada tahun 2005 Jatayu Trans Wisata berubah nama menjadi Jatayu Makmur Abadi dan tetap melayani angkutan jasa pariwisata.

Pada tahun 2013 hingga kini Jatayu Makmur Abadi terus meremajakan armadanya dengan bus baru, agar pelayanan menjadi lebih baik.

Adakah pembaca sekalian yang pernah mencoba bus Jatayu pada masa kejayaannya ?, yuk share dikolom komentar pengalaman Anda.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Segera bergabung menjadi member JFAutowear dan dapatkan diskon 10% untuk semua produk pilihanmu, tanpa minimal order. Yuk daftar dan belanja sekarang 🙂

Armada Bus Jatayu

Berikut ini adalah foto-foto dari bus Jatayu dari bus lawas hingga bus terbarunya, mungkin ada yang punya kenangan dengan bus dibawah ini ?

Gambar Gravatar
Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

3 thoughts on “Jatayu Transport, Pernah Melintas Jogja – Mataram, Begini Nasibnya Kini

  1. Bis ini dambaan para anak kecil jaman dahulu, karena berbadan lebar dibanding moda anggkutan sejenisnya. jogja – parangtritis via jl. imogiri pernah saya rasakan dengan goyangan khas angkutan umum jika ada penumpang yang mengetukan koin ke kaca ataupun ke besi pegangan tangan di atas, tanda ada penumpang ingin turun.

  2. Masih teringat waktu sekolah SMP di kretek bantul dulu , 2 Minggu sekali pasti naik bis Jatayu Dari kretek ke jokteng wetan (Pojok beteng) Yogyakarta utk pulang ke semarang ( Karna sy ikut sekolah simbah) .waktu itu yg dominasi memang bis Jatayu Yg melayani trayek kretek -Yogya PP,jd memang bis ini yg paling dominan . dulu blum ada jembatan seperti sekarang ini yg langsung menghubungkan ke parangtritis jd Terakhir bis Jatayu Di kretek Dan kl mau lanjut ke parangtritis hrs naik prau getek (prau Dari bambu) jd teringat NOSTALGIA sekolah 😚😚😚 sekarang usia sy sdh 50thn. He he he

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.