Jatayu Transport Jogja
Jatayu Transport Jogja

Jatayu Transport, Pernah Melintas Jogja – Mataram, Begini Nasibnya Kini

Diposting pada

Sempat hadir dengan trayek reguler mewarnai trayek Yogyakarta – Mataram, Kini bus pariwisata Jogja Jatayu Transport lebih fokus pada divisi pariwisatanya.

Awal Mula Berdirinya Jatayu Transport Jogja

Kembali lagi dengan topi sejarah bus Indonesia yang kali ini kita akan membahas sejarah dan profil singkat bus pariwisata Jatayu Transport dan segala cerita lika likunya.

Perusahaan bus wisata ini dirintis oleh Bapak Djawari di tahun 1969 dengan tonggak awal yaitu melayani jasa angkutan untuk trayek pendek dapat pula disebut AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi).

Dengan rute yang dilayani seperti Yogyakarta – Kretek PP, Yogyakarta – Srandakan PP, Yogyakarta – Parangtritis PP, dan Yogyakarta – Solo PP.

Mungkin kakek nenek Anda yang tinggal di daerah Bantul, Yogyakarta tentu paham dengan PO satu ini.

Sama seperti juga PO Baker yang dulu sangat terkenal dengan rute Jogja – Kaliurang, Baca sejarah Singkat PO Baker untuk lebih lengkapnya.

Penambahan Rute

Kemudian di tahun 1983 makin bergairah dengan memperluas rute AKAP dengan pelayanan mencakup kota Jogja – Jakarta, Jogja – Denpasar, Jogja – Merak.

Trayek jarak jauh pun pernah dibuka pada tahun 1990 dan melayani trayek Yogyakarta – Denpasar PP, Yogyakarta – Denpasar – Padangbai – Mataram PP. Yogyakarta – Lombok PP. Kemudian menyusul Yogyakarta – Jakarta – Merak.

Pecahnya Jatayu Transport

Pada tahun 1995 Jatayu Transport dipecah menjadi beberapa divisi. Pertama divisi pelayanan reguler yang melayani jasa angkutan publik (Jatayu Public Transport) dan divisi pelayanan wisata (Jatayu Utama Tour).

Namun seiring dengan perkembangan situasi Jatayu Utama Tour hanya bergerak dalam bidang pelayanan wisata saja, tidak melayani jasa angkutan wisata.

Dalam hal ini terjadi pemisahan manajemen perusahaan antara Jatayu Public Transport dan Jatayu Utama Tour.

Fokus Divisi Pariwisata

Pada tahun 2002 Jatayu Public Transport mengubah orientasi pasar yang semula Jatayu Public Transport melayani angkutan reguler berubah menjadi Jatayu Trans Wisata.

Dan untuk memaksimalkan pelayanan PO ini secara khusus melayani angkutan wisata dengan bus-bus besar untuk kegiatan pinkik, perkantoran studi tour dan acara-acara kantor dan sekolah.

Kemudian pada tahun 2005 Jatayu Trans Wisata berubah nama menjadi Jatayu Makmur Abadi dan tetap melayani angkutan jasa pariwisata.

Pada tahun 2013 hingga kini Jatayu Makmur Abadi terus meremajakan armadanya dengan bus baru, agar pelayanan menjadi lebih baik.

Adakah pembaca sekalian yang pernah mencoba bus Jatayu pada masa kejayaannya ?, yuk share dikolom komentar pengalaman Anda.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Segera bergabung menjadi member JFAutowear dan dapatkan diskon 10% untuk semua produk pilihanmu, tanpa minimal order. Yuk daftar dan belanja sekarang :)

Armada Bus Jatayu

Dalam sebuah foto yang diam membisu justru tak lelah bercerita hingga tak sadar terseret ke masa lalu – NN

Foto kenangan dari busnesia.com, nampak bus Jatayu dengan trayek Terminal Unggul Harjo – Parang Tritis PP, bermesin Misubishi BM Tahun 1983.

Bus Jatayu Mistubishi
Bus Jatayu Jogja – Parangtritis 1983 (Pict by busnesia.com)

Foto kedua nampak bus wisata dengan bus klasik di atas tertulis Jatayu Duta Wisata, yang kala itu September 1985 membawa rombongan mahasiswa untuk camping ke Kopeng, Jawa Tengah.

Bus pariwisata Jatayu
Bus Pariwisata Jatayu 1985 (Pict by : FB Sejarah Transportasi)

Kini, puluhan tahun berlalu, jutaan kenangan berhasil terbentuk, terus dengan giat menghadirkan armada armada yang handal dan terbaru.

Salah satu armadanya satu hadir dengan model Legacy SR2 XHD Prime buatan karoseri Laksana dengan warna bodi bus putih ditabur livery simple.

Baca juga : 7 Rahasia Kesuksesan Karoseri Laksana

Bus Pariwisata Jogja Legacy Sky SR 2
Legacy SR2 XHD Prime Laksana (Pict by IG jatayu_bus_pariwisata_jogja)

Dari karoseri Adiputro Malang, model Jetbus tak lupa dihadirkan, mulai dari Jetbus HD hingga Jetbus 2 HDD.

Bus Jatayu Adiputro
Jetbus HD Adiputro (Pict by IG jatayu_bus_pariwisata_jogja)

Fasilitas Bus Pariwisata Jatayu Transport

Medium 35 Seat dengan fasilitas : 35 Seat, Reclining Seat, Reading Light, TV/DVD, Music/USB, MIC/Karaoke

Big bus 50 Seat dnegan fasilitas : 50 Seat, Reclining Seat, Reading Light, TV/DVD, Music/USB, MIC/Karaoke

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat dan Pool

Jl. Pringgokusuman no.45 – Jogja (kantor)
Telp : 0274 – 378 215

Jl. Tritunggal No. 10 Jotawang – Jogja (pool)
Telp : 0274 – 562 647

Jika Anda ingin menggunakan jasa bus Pariwisata Jogja Jatayu Transport dapat menghubungi ke salah satu nomor berikut :

  • Telp 1 : 0812 2737 727 (WhatsApp)
  • Telp 2 : 0813 2857 3778
  • Telp 3 : 0274 – 378 215
  • Telp 4 : 0274 – 562 647

Nah itu dia sejarah dan profil singkat bus pariwisata Jogja Jatayu Transport, jika Anda memiliki informasi lebih detail dan akurat silakan Anda bagikan di kolom komentar.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya.

Baca pula informasi menarik lainnya disini :

Jika Anda membutuhkan informasi bus pariwisat diberbagai kota seperti Jogja, Semarang, Jakarta, Bali, Malang dan lainnya silakan temukan di Market Place Ayo Naik Bis.

Gambar Gravatar

Tinggalkan Balasan