Sejarah Bus Baker
Sejarah Bus Baker

Melahirkan Sejuta Kenangan, Bus Baker Jogja

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Bus Baker sebagai salah satu transportasi umum favorit pilihan warga Yogyakarta yang legendaris di masa lalu, bagaimana kisah masa jayanya, simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah Bus Baker

Berbicara soal transportasi umum salah satunya bus, memang tak ada matinya, didukung dengan banyaknya komunitas penggemar bus yang telah memiliki bus favorit hingga menjadi mania.

Tak hanya itu, nampaknya sebuah perusahaan otobus juga tak diam saja dan tengah mengikuti perkembangan trend milenial jaman sekarang dengan mendatangkan bus bus tingkat ala negara Eropa.

Semakin seru dan tak surut peminat, itu mungkin gambaran yang tepat untuk pengguna layanan jasa transportasi umum khususnya bus sekarang ini.

Ditambah dengan dukungan penuh dari pemerintah yang mempermudah akeses/ jalur menembus jalan – jalan kota di Pulau Jawa dengan adanya Tol Trans Jawa.

Hal ini berdampak secara langsung dalam membantu meningkatkan mobilisasi warga dengan menggunakan angkutan umum berupa bus.

Namun, jauh kebelakang sebelum adanya bus bus apik di era saat ini, ada kenangan yang tak bisa dilupakan oleh warga Yogyakarta. Siapa dia, yuk baca selengkapnya dibawah sini.

Berbicara tentang PO yang telah lama melayani suatu rute, kemudian harus tutup memang akan sangat terkenang bagi yang pernah mencicipi perjalanan bersama.

Bukankah benar, dalam setiap perjalanan akan selalu ada cerita yang terkenang?

Yogyakarta – Kaliurang teryata pernah ada trayek busnya lho sobat, sekarang sih yang terlihat sliweran ya hanya Pariwisata saja.

Bus Baker ini dioperasikan oleh PT. Baker, dengan kepanjangan Badan Angkutan Kerjasama Ekonomi Rakyat. Didirikan oleh H.M. Digdosudarto sekitar tahun 50-an.

Tahun 1970, mulai membuka trayek yaitu dari kota Yogyakarta menuju Kaliurang. Terhitung setidaknya trayek legendaris ini bertahan selama seperempat abad.

Luar biasa 🙂

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Upgrade gayamu tanpa takut dompet jebol, karena dengan mendaftar member JFAutowear dapatkan potongan diskon 10% berlaku untuk semua produk.
Yuk daftar sekarang, Tampil keren JFAutowear.

Sempat memiliki garasi di dekat toko progo, lalu pindah di perempatan timur terminal umbulharjo operator asal Jogja ini melayani rute sebagai berikut :

Term. Umbulharjo – Ringroad Timur – Janti – Jl Adisutjipto – Jl Gejayan – Ringroad Utara – Jl Kaliurang – Pakem – Kaliurang – Term. Tlogo Putri PP.

Mengapa disebut melahirkan banyak kenangan? Karena …

Sebelum era reformasi, Baker adalah penguasa rute Jogja-Kaliurang yang sekaligus sebagai saksi bisu yang menyaksikan bahagianya kenangan tercipta dari para pemuda yang suka mendaki Gn. Merapi atau sekedar berkunjung ke Kaliurang.

Berbeda dengan sekarang Jogja Kaliurang saja mak weeerrrr motoran pun terasa singkat

Yang pernah naik pasti punya cerita tersendiri, bus yang rata-rata kondisinya sudah reyot ini tapi punya mesinnya luar biasa prima karena menanjak ke Kaliurang pun tak jadi masalah.

Justru kalau turun kembali ke kota Yogya semua penumpang harus berdoa dengan khusyuk supaya remnya pakem dan selamat sampai ke Jogja. Hehe 🙂

Tahukah kamu bahwa sudah 40 tahun lamanya PO. Baker beroperasi dan jutaan kenangan telah tercipta.

Sebenarnya ada angkutan desa yang melintas di Jakal, namun banyak orang menyebutnya kol (dari kata Colt).

Tapi entah banyak orang lebih memilih naik bus Baker. Hal ini karena kelihaian supir, kecakapan kondektur, hingga kemantapan busnya.

Ditambah dengan menggunakan mesin Mercedes-Benz yang saat itu hingga kini, merek tersebut adalah merek terbaik untuk sebuah kendaraan bus.

Namun seiring dengan berkembangnya jaman hilangnya moda transportasi umum bukan suatu yang mengejutkan lagi.

Bisa dibilang harus 50 : 50, pemerintah menyediakan transportasi, namun tanpa adanya kesadaran dari dalam diri masyarakat ya gak jalan.

Kini yang tersisa dan kita ketahui adalah armada Trans Jogja yang diharapkan dapat dengan terus aktif melayani masyarakat Jogja menembus jalur kota. yah meskipun tidak sampai Kaliurang.

Kini PO Baker tinggal kenangan, sudah jarang sekali bus-bus PO. Baker yang lalu lalang di jalanan Jogja. Hanya sesekali terlihat beberapa armada yang melayani trayek Jogja-Solo.

Menurut berita disalah satu media cetak lokal, perusahaan ini sedang mengalami masalah internal sehingga perusahaan menjadi terbengkalai.

Namun, jangan terlalu cepat berprasangka terhadap sesuatu ya, PO Baker melahirkan generasi yang tak kalah sukses, AO Transport dan Ardhian Transport.

Simak kisah lengkapnya disini ya Bus Pariwisata Jogja AO Transport Berkembang Meski Mengalami Tragedi Maut 2003

Armada Bus

Adakah diantara sobat yang punya penggalan cerita manis dalam bus dengan warna putih bercorak biru ini? Tulis di kolom komentar ya 🙂

Berikut merupakan foto-foto yang dapat kembali menggali memori kala menggunakan bus dengan rute utama Jogja – Kaliurang , yuk simak.

Foto – foto berikut diambil dari koleksi Bapak Irfandy Abdullah yang diunggah salah satu akun IG widodogroho.

Bus Jadul Baker (Pict by IG widodogroho)
Suasana Penumpang (Pict by IG widodogroho)
Baker Klasik (Pict by IG widodogroho)
Baker Klasik (Pict by IG widodogroho)

Nah bagi Anda yang di Jogja mungkin tidak asing dengan Kaliurang ya, ini ad foto tahun 1985 sepertinya lokasinya di kawasan Kaliurang.

Bus Baker 1985
Baker Thaun 1985, pic : Setra

Sempat memiliki bus bermesin Hino AK174 berbalut bodi Panorama 3 dari Karoseri Laksana, kini terbengkalai, sangat di sayangkan ya sobat 🙁

Baca : Sejarah karoseri Laksana Dari Ungaran Mendunia

Bus Baker Jogja - Solo
Baker Jogja – Solo

Di tahun 2011, tampak PO. Baker menggunakan papan trayek Yogya – Solo melintas dengan bodi berlivery sederhana biru dan sedikit kuning dengan tertulis nama Baker di depan dan samping bodi bus.

Bermesin Mercedes Benz lho 🙂
Kini Sobat ada yang tau bagaimana kelanjutan kisah PO Baker?

Bus Baker
Mercedes Benz Baker (Pict by IG ikhsanwibowo)

Nah itu dia sejarah salah satu PO yang telah banyak melahirkan kenangan bagi warga Yogyakarta, PO Baker. Jika Anda memiliki informasi tambahan silakan tuangkan di kolom komentar ya.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya. Terimakasih dulur 🙂

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Baca pula informasi menarik lainnya disini ya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.