Sejarah PO GMS
Sejarah Gajah Mulia Sejahtera

Gunakan Strategi Unik, PO Gajah Mulia Sejahtera

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Apakah dengan strategi memberi nama khusus dan unik dalam setiap armada mampu berhasil membawa keuntungan bagi PO Gajah Mulia Sejahtera?

Profil PO Gajah Mulia Sejahtera

Hai hai, kembali lagi dulur, bagaimana kabarnya? Yaaa semoga sehat dan kuat selalu menghadapi kehidupan yang semakin ugal-ugalan ini hehe 🙂

Kali ini kita akan membahas profil singkat tentang “Dinasti” bus asli Wonogiri, yang dikira-kira banyak pemilik PO merupakan sanak saudara sendiri.

PO Gajah Mulia Sejahtera yang biasa disingkat GMS, karena di busnya pun tertera besar 3 huruf ini milik Ir. H. Sumaryoto Padmodiningrat.

Tak hanya owner bus, beliau juga merupakan anggota DPR RI selama 3 periode berturut-turut yakni tahun 1999-2004, 2004-2009 dan 2009-2014 dari salah satu Partai yakni PDI Perjuangan.

Pemilik Po GMS
Bp. Ir. H. Sumaryoto Padmodiningrat Owner GMS, Pic: Tribun

Nyatanya banyak dijumpai latar belakang profesi dari seorang pemilik usaha moda transportasi khususnya bus ya, ada yang seorang dokter, pengusaha sembako, pengusaha Batu Bara, Bupati, hingga Walikota.

Hal ini membuktikan bahwa kiprah usaha kita bukan dilihat dari apa sekolah kita atau seberapa tinggi sekolah yang pernah kita tempuh. Yang penting ada kemauan disitu ada jalan, begitu katanya.

Kembali, Bapak Sumaryoto juga menjalankan usaha bus lain yakni PO Tunggal Dara yang merupakan warisan dari Almh Hj Tinem Darmo Sutarno.

Memulai karir di dunia transportasi di tahun 80an, iya bukan lagi rahasia ini masih ada keterkaitan dengan dampak pembangunan waduk Gajah Mungkur.

Resmi memulai debut mandirinya di tahun 2003, terlepas dari PO Gajah Mungkur, GMS menjalankan sendiri usahanya agar lebih optimal dan efektif.

Ada strategi unik yang dijalankan oleh PO GMS ini, yakni dengan memberikan nama unik/ julukan ke setiap armadanya. Hal ini bertujuan agar memudahkan para penumpang tidak perlu menghafal nomor polisinya.

Nama ini bukan dituliskan di banner tapi di stiker tempel di bagian kaca bus bagian kanan dan kiri.

Meski dianggap remeh pada awalnya, namun kini banyak PO lain yang mencoba meniru strategi ini, dan nyatanya memberikan hal positif ya kawan.

Beberapa contoh nama ini adalah mulai dari Commando, Invasion, Avenger 005, Master Combat, Hypersonic, Navigator, Avatar, Hunter, Shadow, dan sebagainya. Menarik ya hehe 🙂

Armada Bus

Armada bus yang biasa digunakan bermacam-macam beberapa bus ada yang dibuat oleh karoseri Restu Ibu Bogor, Adiputro, Tentrem dan Laksana.

Bus lawas PO GMS
Bus lawas Po GMS, Pic: Eko

Ada juga model-model yangs empat populer yaitu model Setra, Jetbus HD hingga model Jetbus HDD yang dibuat oleh karoseri Adiputro.

Bus GMS
Bus GMS Setra Adiputro (Pict by IG gmstransport)
Bus AKAP Wonogiri
Bus GMS Jetbus Adiputro (Pict by IG gmstransport)
PO Gajah Mulai Sejahtera
Bus GMS Jetbus2+ Adiputro (Pict by IG gmstransport)
Bus wonogiri GMS
Bus GMS New Marcopolo Adiputro (Pict by IG gmstransport)
PO Gajah Mulia Sejahtera
Bus GMS Setra Adiputro (Pict by IG gmstransport)

Ada juga model Legacy buatan karoseri Ungaran, Laksana yang juga sempat dimiliki oleh PO asal Wonogiri ini.

Bus Gajah Mulia Sejahtera
Bus GMS Legacy SR1 Laksana (Pict by IG senengmotobis)

Dan juga model Scorpion King besutan karoseri Tentrem Malang yang juga sempat booming ditahun 2000an lalu.

Scropion King Po GMS
Scropion King, Pic: IG ikhsanwibowo

Tak hanya strategi nama saja, namun mewarnai armadanya dengan pilihan warna cerah seperti kuning, oranye, dan biru dengan corak lima bintang di bagian badan bus juga bagian dari marketing.

Warna-warna cerah tersebut dipilih untuk menandai adanya semangat baru yang dimiliki Gajah Mulia Sejahtera dalam melayani penumpangnya.

Hal ini terbukti dengan diraihnya penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016 sebagai perusahaan angkutan umum kelas non-ekonomi dengan kinerja terbaik.

Menurut imotorium.com, banyak bus Wonogirian yang kerap kali cenderung menyukai dan menggunakan mesin-mesin dari Mercedes Benz, karena dinggap memerikan jaminan kenyamanan, PO GMS pun juga menerapkan hal ini.

Mulai dari Mercy series OH 1518, 1521, 1525, 1518, hingga yang terkini yakni 1526 dan 1626.

Untuk urusan perbodian banyak menggunakan model Jetbus dari Karoseri Adiputro, meski juga menggunakan dari Karoseri lain seperti Laksana

Layanan

VIP

Berkapasitas 40 kursi, AC, TV/DVD, kursi recliner, GPS, selimut, dan toilet.

Executive

Kabin bus yang cukup lega karena hanya kapasitas 32 kursi, AC, TV/DVD, kursi recliner, GPS, selimut, dan toilet.

Super Executive

AC, TV/DVD, kursi recliner, GPS, WiFi gratis, selimut, dan toilet. Penumpang juga tidak akan merasa kelelahan karena bus didesain lebih lega dengan kapasitas 28 kursi dan menggunakan kursi dari Rimba Kencana yang bisa direbahkan tanpa mengganggu penumpang di belakang.

Diskon 10% Merchandise Bus

Ayo segera koleksi berbagai macam kaos bertemakan bus Indonesia yang punya desain keren dan terbaru hanya di JFAutowear ya 🙂
Lebih dari sekedar kaos 🙂

Rute/ Trayek PO Gajah Mulia SeJahtera

Menghadirkan lebih dari 20 rute yang mencakup wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Berikut Rinciannya :

Jakarta : Lebak Bulus, Pulo Gadung, Mampang, Pademangan, Cengkareng, Cibitung, Klari, Kebon Besar Ciriung, Cibinong, Simpang Depok, Cijantung, Kelapa Dua, Joglo, Ciledug, Jati Tangerang, Cikokol, Ciputat, Parung, Serang, Cilegon, Bulak Kapal, Pinang Ranti.

Wonogiri : Purwantoro, Slogohimo, Jatisrono, Sidoharjo, Term.Wonogiri, Krisak, Nguter, Sukoharjo, Solo, Kartosuro, Klaten, Boyolali, Salatiga, Ponorogo, Madiun, Maospati, Sragen, Giribelah, Pracimantoro, Eromoko, Baturetno, Pacitan, Jogja, Magelang, Secang, Prambanan, Bawen.

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat

Jakarta : Jl. Industri Jababeka No.65, Pasir Gombong, Cikarang Utara, Bekasi.
Telp. (021) 8983 4339
HP. 0812 965 6207 Fax. (021) 8983 4340,
Wonogiri : Jl. Raya No.2 Ngadirojo Wonogiri,
Telp.(0273) 321 949

Untuk alamat dan nomor telepon agen bus GMS, simak disini ya Alamat dan Nomor Telpon Agen Bus GMS Lengkap.

Nah itu dia, profil singkat bus Gajah Mulia Sejahtera, semoga dapat bermanfaat menambah wawasan sedulur.

Menerima kritik dan saran yang membangun demi perbaikan penulisan di artikel berikutnya.

Jangan lupa untuk beri rating terbaik dan share ya 🙂

Simak juga informasi menarik lainnya disini :

Cari Sewa Bus ? Di Market Place Ayo Naik Bis Saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.