Sejarah PO Ezri
Sejarah PO Ezri

PO EZRI Lahir Sejak Zaman Revolusi Dengan Modal Dua Unit

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Berikut merupakan sejarah dan profil singkat milik PO EZRI yang ternyata telah hadir sejak pertengahan tahun 1967, ternyata bermodal dua unit saja, ini cerita selengkapnya.

Halo, bagaimana kabarnya dulur semua? disaat weekend pasti banyak diantara teman yang masih melakukan ritual PJKA bukan Perusahaan Jawatan Kereta Api, tapi Pulang Jum’at Kembali Ahad.

Dalam setiap perjalanan PJKA selalu menghadirkan cerita menarik, mulai dari bis langganan, teman seperjalanan, atau bahkan kejutan yang tak terduga dalam kondisi tertentu.

Yuk, share cerita PJKA apa yang paling seru, menarik dan tak terlupakan versi sobat bus, tuangkan dalam kolom komentar ya :)

Awal Berdirinya PO EZRI

Bus Ezri Morodadi Prima
Ezri Morodadi Prima by IG Busklasik

Kali ini kita akan sedikit mengulas sejarah dan profil milik PO bus asal Pekalongan, PO EZRI, dan tahukah Anda bahwa PO ini menjadi salah satu PO asal Pekalongan yang trayeknya merambah luar provinsi.

Berdiri di pertengahan tahun 1967 dengan modal awal 2 unit armada Ford Met Cek (sebutan kala itu, dengan jenis karoseri seperti Adi Putro atau Morodadi Prima).

Awal mulai membuka bisnis transportasi Po asal pekalongan ini melayani trayek perdananya yaitu Tegal – Pekalongan – Semarang.

Ditangan Lo Sien Tong (lebih dikenal dengan nama Pak Tong) dan Kereen Indrawati, yang semula dengan 2 unit armada ford, terus berkembang armada pun bertambah menjadi 8 unit, semuanya masih Ford.

Expansi pun dilakukan, Trayek Jakarta-Jogja menjadi andalan. Nah seiring dengan berjalannya waktu, PO yang memiliki kepanjangan Elingo Zaman Revolusi Indonesia (Bhs. Jawa ; Elingo = Ingatlah) ini meluaskan trayeknya ke luar provinsi.

Trayek berkembang yaitu Cirebon – Surabaya – Malang, Tegal – Kepanjen, Jakarta – Pekalongan, Jakarta – Semarang, Jakarta – Solo, Jakarta – Jogja, dan Bogor – Klaten.

Nama EZRI juga dapat diartikan sebagai salah satu nama burung penghuni surga menurut kitab Injil.

Sedangkan tentang filosofis elingo zaman revolusi Indonesia itu semua tidak lepas dari perjuangan dari orang tua pendiri EZRI yang mempertahankan kewarganegaraan Indonesia.

Tak hanya Perusahaan Otobus saja, EZRI juga memiliki usaha lain yaitu batik printing ciri khas Pekalongan seperti kain panjang (jarit), sarung, selendang bayi dengan beragam motif, warna cerah dan kualitas prima.

Mengakusisi PO Colby Persada

Saat pohon menjulang tinggi, maka telah menjadi garis bahwa angin yang menerpa akan semakin kencang, begitupula saat bisnis tengah memasuki masa emas, cobaan akan semakin berat.

Meski begitu, PO EZRI belum pernah tercatat mengalami kecelakaan fatal sekalipun. Hal ini menjadikan salah satu apresiasi yang patut dibanggakan oleh warga Pekalongan.

Bus Colby Persada
Bus Colby Persada by: ezritex.blogspot.com

Pada tahun 1997, PO. EZRI mengakuisisi PO. Colby Persada yang pada waktu itu bangkrut. Kemudian resmilah PO. Colby Persada menjadi “adik kandung” PO. EZRI.

Sejak saat itu pula, keduanya mulai menambah trayek jauh yaitu Bandung – Malang dan Bandung – Denpasar. Memasuki tahun 2001, perkembangan pun sangat pesat, hal tersebut terbukti dengan datangnya 4 unit Scania K124ib.

Kemanakah kini mesin scania itu berada?

4 unit tersebut terdiri atas 1 unit matic, 3 unit manual (sudah cangkram). Yang matic di balut karoseri Morodadi Prima telah di jual ke Tunggal Daya (pariwisata), selebihnya yang manual berbodi Adiputro di jual ke Shantika.

Kabar terakhir sempat hadir melayani rute Bandung – Denpasar tahun 2009, sebelum akhirnya 4 unit Scania di jual sekaligus. huhu :(

Sudah setengah abad PO. EZRI bergelut di dunia transportasi Indonesia. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Batik Pekalongan yang menjadikan bus pilihan nomer 1 kala itu.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Ayo koleksi kaos bus yang keren dengan potongan harga 10% tanpa minimum belanja dengan cara bergabung menjadi member JFAutowear, daftar sekarang dan nikmati keuntungan lainnya :)

PO EZRI Kini

Terdengar kabar bahwa kini hubungan kerja sama antara PO EZRI dan PO Colby Persada ini bubar.

Bubar dalam artian PO Colby Persada hanya berfokus di Pariwisata Bandung sedangkan PO EZRI masih setia melayani AKAP hingga sekarang. Dan berubah nama menjadi EZRI Damai Sejahtera.

Hubungan dengan doi jangan sampe bubar ya, bertahanlah heuheuheu :) Semangat!

Rute Cirebon – Surabaya – Malang masih tetap beroperasi dengan jumlah total armadanya kurang lebih 13 unit dari yang paling tua coller dan yang baru yaitu Hino RK-8.

Tersedia dua kelas pilihan yaitu executive dan super executive. Kelas executive konfigurasi 2 – 2, AC, reclening seat, dan toilet. Sedangkan kelas super executive memiliki fasiltas AC, reclening seat konfigurasi 1 – 2, TV, dan Toilet.

Untuk pembelian tiket dapat dilakukan di Agen Bus EZRI di terminal Cirebon, Pekalongan, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Klaten, Malang, Surabaya, Pulo Gadung, Rawa Buaya.

Tak hanya di AKAP saja, PO EZRI juga bertahan dengan melebarkan sayapnya di sewa jasa bus Pariwisata. Dengan pilihan kapasitas 59 / 55 / 50 / 45 / 38 / 31 / 21 fasilitas AC dengan atau tanpa Toilet.

Armada Bus

Foto kenangan bus EZRI hadir dari tahun 90an, dengan dukungan mesin Mercedes Benz dan dibalut dengan bodi Patriot keluaran Morodadi Prima.

Baca : Sejarah karoseri tertua di Malang, Morodadi Prima

Bus EZRI
Bus EZRI Patriot Morodadi Prima (Pict by FB Setra)
Old Traveo Adiputro
Bus EZRI Old Travego Adiputro (Pict by FB Setra)
Bus EZRI Proteus
Bus EZRI Proteus Laksana (Pict by FB Setra)
Bus EZRI Grand Tourismo
Bus EZRI Grand Tourismo Morodadi Prima (Pict by IG aguswawai)

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat

Jl. A. Yani, Pacar Barat, Pacar, Kec. Tirto, Pekalongan, Jawa Tengah 51151
Telepon : (0285) 421242

Nah itu dia sejarah dan profil singkat PO EZRI, jika Anda memiliki informasi tambahan silakan dituangkan dalam kolom komentar ya.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya. Terimakasih dulur.

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Baca juga informasi lainnya disini :

Bus Pariwisata Terpercaya, Market Place.

Gambar Gravatar

One thought on “PO EZRI Lahir Sejak Zaman Revolusi Dengan Modal Dua Unit

  1. PO EZRI pernah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya saat awal2 kerja di Jakarta dan masih bujangan. Seminggu sekali tiap hari Minggu malam mengandalkan EZRI utk balik ke Jakarta dengan menumpang bis yg pertama. Istimewanya, bis ini ngga pernah berhenti utk istirahat makan karena penumpangnya semua penglaju mingguan.

Tinggalkan Balasan