Bus Tingkat Morodadi Prima
Bus Tingkat Morodadi Prima OBL

Morodadi Prima Double Decker – Setra Dengan Kearifan Lokal

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Morodadi Prima Double Decker akhirnya rilis 27/05/2019 yang merupakan bus tingkat dengan chassis Mercedes Benz OC 500 RF 2542, berikut ini reviewnya.

Morodadi Prima merupakan karoseri tertua di Malang, dan merupakan salah satu karoseri terbesar di Indonesia.

Beberapa produk yang cukup terkenal dari karoseri asal Malang ini adalah Patriot, Zonda, Tourismo, Grand Tourismo, Ventura, Patriotace, dan beberapa unit minibus.

Karoseri ini memang menghadirkan produk yang terbilang masih bercita rasa Daimler Mercedes Benz atau bergaya Jerman.

Namun line up karoseri MP lebih banyak mengambil model Tourismo dan Setra.

Berbeda dengan karoseri Adi Putro yang lebih banyak berkiblat pada model Travego dan Setra.

Kiprah karoseri Morodadi Prima masih terkenal dengan karoseri yang memiliki struktur bodi yang kokoh dan berat.

Hal ini disebabkan oleh penggunakan material pipa dan plat yang lebih tebal jika dibandingkan karoseri lain di Indonesia.

Nah pada waktu yang lalu sudah resmi rilis bus tingkat Morodadi Prima dengan bendera PO. Safari Dharma raya (OBL) dengan nama Grand Tourismo DD.

Bus ini jika dilihat masih menggunakan gaya Daimler – Setra, tepatnya model Setra S 531 DT, berikut ini tampilan Setra Top Class S531 DT.

Keunggulan Setra S 531 DT
Keunggulan Setra S 531 DT

Setra S 531 DT ini juga terbilang masih baru, karena bus ini memang rilis pada tahun 2018 lalu dan memang perubahannya tidak terlalu cepat dibandingkan bus Indonesia.

Namun Setra memiliki keunggulan yang belum ada di bus Indonesia, keunggulan itu jika bisa dikembangkan tentunya sangat bagus sekali untuk perkembangan transportasi Indonesia.

Karena bus tingkat Morodadi Prima memiliki aksen dan garis desain yang masih mengacu pada desain Daimler Setra.

Maka kami sebut bus terbaru Morodadi Prima Double Decker ini merupakan Setra dengan kearifan lokal khususnya Malang.

Review Bus Lainnya :

Berikut Detail Morodadi Prima Double Decker:

Tampilan depan bus tingkat Morodadi Prima – OBL, dibuat dengan garis tegas dan radius bagian depan pun tidak begitu landai.

Bus tingkat ini tidak menggunakan topi atau sekat antar kaca depan, sama halnya Skylander milik New Armada.

Morodadi Prima Double Decker
Morodadi Prima Double Decker

Bukan tanpa alasan bus tidak menambahkan sekat atau topi tersebut, menurut pengakuan dari desainer New Armada Bp. Dedi bus tanpa sekat itu untuk memberikan aliran fluida yang lebih baik.

Jadi mungkin itulah alasan Setra pun tidak pernah menambahkan sekat atau topi pada bagian depan.

Dari hal tersebut karoseri New Armada dan Morodadi Prima pun mengimplementasikan model bus tingkat mereka tampil lebih mementingkan fungsi dari pada hanya style.

Trend double glass memang identik dengan sekat, sekat topi atau bando ini dipopulerkan oleh karoseri Marcopolo asal Brazil pada model Paradiso G7.

Paradiso G7
Paradiso G7, Photo: curbsideclassic.com

Detail Setra vs Morodadi Prima Double Decker

Dari gambar dibawah ini ada beberapa poin yang menjadi perhatian kami untuk bagian depan dan samping dari bus tingkat karoseri Malang Morodadi Prima.

  1. List pada roof masih menggunakan model seperti Grand Toursimo DG dengan ujung lampu berwarna merah. Model desainnya juga sama dengan list di SETRA.
  2. Bodi samping antar lantai atas dan bawah juga memiliki pola yang sama dengan SETRA.
  3. Untuk sisi bagian depan model Morodadi Prima sedikit memoles bentuknya sehingga tidak sama persis dengan SETRA.
  4. Plat Almunium pada sekat antar kaca memiliki bentuk yang mirip, hanya saja ditambahkan text Morodadi Prima sebagai penghias.
  5. Garis desain grill depan juga mirip, hanya saja jenis lampu yang digunakan berbeda dengan aslinya. Morodadi menggunakan model lampu yang digunakan oleh Legacy Sky SR 2. Begitu pula bentuk bumper juga mirip dengan Setra namun foglamp yang digunakan menggunakan model foglamp dari Jetbus 3+ karoseri Adi Putro.
  6. Garis desain pada sisi kaca bawah juga mirip dengan model SETRA hanya saja ujung pada garnisnya dibuat lebih besar karena untuk Text Morodadi yang juga lebih besar.
Komparasi Setra Vs Morodadi Prima
Perbandingan Setra VS Morodadi Prima

Beralih kebagian belakang bus ini, ada beberapa detail yang juga terinspirasi dengan model Setra yaitu pada sisi kap mesin.

Pada bagian lampu belakang yang merupakan kombinasi dari lampu karoseri lain di Indonesia yaitu rearlamp dari Laksana.

Dibagian belakang juga ada beberapa aksen yang masih terinspirasi oleh SETRA antara lina sebagai berikut.

Baca juga Info Menarik Lainnya:

  1. Bentuk potongan kaca belakang yang memiliki sudut seperti SETRA hanya saja emblem Morodadi diletakan dibagian dalam kaca, sedangkan model SETRA diletakan secara 3D (Ditiru oleh Adi Putro)
  2. Potangan garis kaca samping sisi belakang juga mirip yang membentuk radius seperti huruf C. Dan ada tambahan satu stop lamp di tengah spoiler.
  3. Kisi-kisi udara juga terdiri dari dua komponen hanya saja untuk model bus tingkat Morodadi keduanya berlubang dan untuk Setra hanya dibagian yang bawah saja.
  4. Bumper memiliki garis desain yang sama hanya karena peletakan plat nomor yang berbeda dan juga jenis lampu belakang juga berbeda sehingga ada sedikit penyesuaian. Model lampu yang digunakan pun juga sama dengan yang sudah di gunakan oleh Legacy SR 2 karoseri Laksana.
Morodadi Prima Vs Setra Belakang
Morodadi Prima Vs Setra Belakang

Pada kedua model ini peletakan muffler tidak di ekspose, posisi knalpot diletakan dibagian bawah dan lubang pembuangannya juga mengarah kebawah.

Bus tingkat OBL
Bus Tingkat OBL

Nah itu tadi sekilas mengenai Review dari bus tingkat Morodadi Prima, Malang yang kami khususkan hanya untuk bagian eksteriornya saja.

Untuk bagian interior mungkin akan banyak sekalian penyesuaian sesuai dengan permintaan dari PO yaitu Safari Dharma Raya.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan dan jangan lupa ikut berpendapat dikolom komentar mengenai pandangan Anda dengan model ini.

SPONSOR: Dapatkan Informasi Wisata dan Rental Mobil Jogja

Sumber : Instagram, Setra, Daimler

Review Overview
7.00
Overall Score
Kontruksi
Model
Gambar Gravatar
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; Info@ayonaikbis.com Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom

5 thoughts on “Morodadi Prima Double Decker – Setra Dengan Kearifan Lokal

  1. Morodadi Engga kreatip bentuk aja niru 😂😂😂
    Karoseri lain aja udah mulai bikin desain sendiri ini malah nyomot sana sini. ✌️

    Bagusnya desain morodadi bikin sendiri jgn comot sana sini.

    1. Sebenarnya bukan engga kreatif kak tapi startegi Morodadi itu memang lebih kearah situ. Mungkin menurut mereka dengan membuat bus model Eropa lebih mudha diterima oleh masyarakat Indonesia.

  2. Kalau yang model SETRA asli sih sudah dihitung tapi engga tau kalau bus tingkat punya morodadi ini apakah juga di hitung aliran fluidanya.

    Apa cuma niru bentuknya aja.

    1. Nah kalau soal Teknis kita belum tau pasti, apakah Morodadi Prima sampai sejauh itu mengenai perhitungan aliran fluida yang memperngaruhi aerodinasi bus tersebut.

  3. Sebenarnya dilema juga Min,, kalau kaca atas landai lebih aerodinamis tapi pakai topi kaca depannya. Kalau nggak pakai topi lebih plong, tapi kaca depan atas mobilnya lebih tegak dan itu kurang aerodinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.