Perbedaan Avante

Mengenal Bus Avante Tentrem HDD, SHD, H7, H8, H9, D2 & Seri X

Diposting pada
ItemAvante SHDAvante HDD
Tinggi3,9 meter3,7 meter
HeadlampSamaSama
RearlampSamaSama
Garnis / SelendangBerbedaBerbeda
Space diatas banLebih tinggiLebih pendek
SpionSejajar bando /topiDiatas bando /topi

Untuk lebih jelas mengenai beda Avante SHD Vs HDD dapat Anda lihat pada gambar berikut ini.

Perbedaan Avante SHD vs HDD

Perbedaan Avante H7, H8, H9 & D2

Varian bodi bus buatan Tentrem ini telah berevolusi dengan penyegaran lebih tegas lagi, pasalnya model ini sudah terlihat makin sangar dan wujud dari kepercayaan karoseri asal Malang ini.

Versi Avante seri H dan D ini sudah menggunakan kode yang mereka buat sendiri dan tidak lagi menggunakan pengodean SHD atau HDD lagi.

Resmi rilis pada ajang pameran GIIAS 2018 seri Avante H7, H9 dan D2 yang diikuti juga dengan perubahan logo karoseri Tentrem yang menggunakan Font huruf besar karena sebelumnya tulisan Tentrem menggunakan huruf kecil.

  • Avante H7 = High 3,7 meter setara Avante HDD
  • Avante H8 = High 3,8 meter (Ruang bagasi Maksimal)
  • Avante H9 = High 3,9 meter setara Avante SHD
  • Avante D2 = Seri Avante untuk bus Double Decker dengan tinggi sekitar 4.080 mm.

Baca Juga : Review Keunggulan Bus Tingkat

Perbedaan Avante H7 H8 H9

Dan produk karoseri Tentrem ini jika dibandingkan dengan seri dari karoseri lain.

TentremAdi PutroLaksanaNew Armada
Avante H7Jetbus HDDLegacy HD PrimeSkylander HDD
Avante H8Jetbus MHDLegacy Transporter—-
Avante H9Jetbus SHDLegacy XHD PrimeSkylander SHD
Avante D2Jetbus SDDLegacy SR2 DDSkylander DD

Nah namun ada yang berbeda lagi dari produk karoseri Malang Tentrem ini, dimana Tentrem meluncurkan seri terbaru khusus single glass.

Kita ketahui bahwa trend bus double glass atau kaca ganda memang saat ini menjadi banyak pilihan dari operator bus di Indonesia, sehingga bus single glass ditinggalkan.

Namun karoseri Tentrem ternyata juga memiliki seri terbarunya dengan lampu – lampu ciri khas Avante seri H dan D namun single Glass atau kaca single.

Baju Bismania
Temukan berbagai macam kaos bus, kemeja, jaket dan lainnya bertemakan bus Indonesia hanya di JF Autowear, untuk memaksimalkan penampilan lebih KEREN dari sebelumnya.

Perbedaan Avante H7X & H8X

Perbedaan pengodean X pada bodi bus Tentrem ini untuk membedakan pada jenis kaca yang digunakan pada bodi Avante seri H7/H8 double glass atau Single glass.

Seri X pada bodi bus Avante H7 dan H8 atau mungkin nanti ada seri Avante H9X akan memenuhi permintaan operator bus yang tetap ingin menggunakan kaca single tanpa topi/bando.

Permintaan operator tidak ingin menggunakan kaca ganda bukan tanpa alasan, dan berikut ini keuntungan jika bus menggunakan kaca single.

  • Pandangan penumpang akan semakin luas dan lega karena tidak terhalang sekat kaca
  • Tidak membutuhkan wiper tambahan untuk kaca bagian atas
  • Stiker yang ditempel pada kaca tetap tidak banyak menghalangi pendangan, karena umumnya bus banyak ditempelkan stiker pada kaca bagian atas.

Baca Juga : Perbedaan Jetbus SHD vs Jetbus HDD

Namun dari beberapa pendapat netizen mengatakan bahwa kaca single akan lebih membutuhkan biaya lebih banyak jika kaca bagian depan pecah.

Berbeda dengan bus double glass yang relatif lebih murah jika kaca bagian depan pecah, karena ukuran kaca yang diganti lebih kecil dibanding single glass.

Tentunya semuanya tergatung dari kebutuhan dan permintaan dari setiap operator atau penumpang, semua orang memiliki selera yang berbeda-beda.

Lalu apa pendapat Anda mengenai model bus Avante ini, lebih suka double glass atau single glass ? Tuliskan pendapatmu dikolom komentar.

Nah itu tadi informasi mengenai persamaan dan perbedaan bodi bus Avante semua seri semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini.

Mungkin Anda juga tertarik info berikut ini:

Bergabunglah dibeberapa channel & Platform Diskusi Ayo Naik Bis Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap.

5/5 - (16 votes)