Sejarah PO Nusantara
Sejarah Nusantara

Sejarah PO Nusantara, Trendsetter Dari Kudus

Diposting pada

Model Irizar

Irizar PO Nusantara
Irizar PB Nusantara M-Trans Malaysia

Untuk selanjutnya bus-bus terbaru Po Nusantara banyak menggunakan bodi dari karoseri Adi Putro yaitu Royal Coach atau Jetbus.

Namun ada satu unit yang menarik adalah bodi bus Irizar PB Import dari karoseri M-trans Malaysia dengan mesin Scania K124IB.

Jadi bus ini bukan produk asli irizar Spanyol melainkan dibuat oleh karoseri Malaysia yang kabarnya mendapat teguran dari pihak Irizar karena permasalahan hak cipta model bus sehingga harus menjual semua sisa stok busnya.

Irizar PO Nusantara
Nusantara Irizar PB Adi Putro

Meskipun Nusantara juga memiliki beberapa model Irizar yang dibuat oleh karoseri lokal Adi Putro, namun bedanya untuk model irizar karoseri Adi Putro terlihat mencolok pada penggunaan model spion.

Dimana spion yang digunakan menggunakan spion biasa sengankan untuk irizar PB buatan M-trans menggunakan spion tanduk yang ditanam dibagian atas bus menyatu dengan roof.

Untuk Irizar Nusantara buatan karoseri Adi Putro ini dengan chassis Scania K380 IB lengkap juga built-up Airs Suspension bukan buatan karoseri.

Royal Coach / Jetbus

Nah untuk model bodi bus Nusantara kebanyakan adalah Royal Coach atau Jetbus dan yang paling terkenal adalah Jetbus HD dengan livery Black Pearl.

Livery Black Pearl menjadi awal mula trend bus berlantai tinggi yang hadir di Indonesia sebelum menyusul Jetbus SHD (Super High Decker) yang juga memiliki lantai lebih tinggi untuk mengejar ruang bagasi yang ekstra luas.

Baca Juga : Asal Muasal Nama JETBUS Adi Putro

Bus Nusantara Black Pearl
Nusantara Black Pearl
Bus Nusantara Kudus
Nusantara Jetbus SHD by Nadive

Namun kabar terakhir bahwa Perusahaan Otobus dari Kudus, Jawa Tengah ini sudah tidak agresif melakukan penambahan / peremajaan bus sejak tahun 2013.

Mungkin karena pihak perusahaan mulai fokus membangun bisnis karoseri mereka sendiri yaitu Nusantara Gemilang yang merupakan kerja sama antara PO Nusantara dengan Gemilang Coachwork Malaysia.

Namun bagi pelanggan setia PO Nusantara saat ini dapat dengan mudah mendapatkan tiket bus dengan cara membeli tiket bus nusantara online, baca selengkapnya Disini.

Alamat Kantor Pusat PO Nusantara

Jalan Getas Pejaten Nomor 4 Kudus – Jawa Tengah.
Telepon: 0291-438635 Fax 433133

Nah itu tadi sekilas mengenai sejarah singkat PO Nusantara, jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan atau tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Terima Kasih.

Dapatkan Informasi tentang karoseri Indonesia silakan kunjungi : Karoseri-id.com

Baca Juga Sejarah Bus Lainnya

Sumber : Nusantara, bis-bus.blogspot.co.id, Sejarah Transportasi, Instagram, Google, Haltebus

4.9/5 - (42 votes)