Sejarah PO Nusantara
Sejarah Nusantara

Sejarah PO Nusantara, Trendsetter Dari Kudus

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Sejarah PO Nusantara sebagai cikal bakal operator yang mempu menjadi trendsetter bisnis transportasi di Indonesia, berikut cerita dan foto bus jadulnya.

Dari segitu banyaknya Perusahaan Otobus (PO), hanya segelintir saja yang menjadi trendsetter.

Salah satunya adalah PO asal Kudus ini, yang dikenal paling menarik perhatian ketika dijalan dan akhirnya diikuti oleh PO lainnya.

Kali ini kita bahas Sejarah PO Nusantara, trendsetter dari Kudus yang memiliki beberapa unit bus yang canggih dimasanya.

Sejarah PO Nusantara

Sejarah PO Nusantara ini dimulai dengan didirikannya perusahaan oleh Bapak Bapak Yonatan Budianto di Kudus pada tahun 1968.

Ternyata di awal pendiriannya, PO ini hanya mengandalkan dua unit bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965. Kedua bus yang dioperasikan ini merupakan bus bekas dari TNI-AL.

Bus Nusantara Old
Bus Nusantara Old

Dan pada tahun 1969, ditambahkan lima unit bus bermerk ZIEL buatan tahun 1962. Kelima bus ini merupakan bus bekas dari TNI-AU.

Dan barulah pada tahun 1970, mulailah dirakit bus dengan bodi dari kayu yang menggunakan chassis bermerk THAMES dari Inggris.

Pada tahun 1975, mulailah diperkenalkan bus dengan body berbahan besi baja di Indonesia. Akhirnya didatangkanlah bus bermerk Ford dari Amerika Serikat yang menggunakan body dari bahan besi baja.

Dimasa inilah perkembangan otomotif di Indonesia mulai mananjak, sejalan juga dengan perkembangan PO Nusantara.

Pada tahun 1977, akhirnya PO asal Kudus ini mulai menggunakan bus Mercedes-Benz seri OF yang menggunakan mesin depan. Bus seri OF ini digunakan PO Nusantara hingga tahun 1984, yang akhirnya digantikan dengan bus seri OH yang menggunakan mesin belakang.

Di tahun-tahun tersebut, PO Nusantara ini masih menfokuskan diri untuk melayani trayek pendek Jawa Tengah (Semarang-Kudus-Lasem). 

Sekitar tahun 90-an, PO ini mulai melebarkan jangkauannya ke kota-kota lain di Pulau Jawa. Diantaranya Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan beberapa kota lainnya.

Perkembangan Sejarah PO Nusantara ini pun terus berlanjut hingga kini dikenal sebagai bus kelas premium. Dimana PO ini dikenal dengan kualitas layanan dan kenyamanan armada miliknya.

Hal ini ditunjang dengan pemilihan bus-bus kelas premium terbaru dari karoseri pilihannya salah satunya Adi Putro, Malang.

Selain itu Nusantara di kenal selalu menggunakan chassis dan mesin kelas atas untuk menunjang kualitas yang selalu prima demi kenyamanan penumpang.

Tidak hanya menggunakan chassis dari Mercedes-Benz saja, PO Nusantara juga menggunakan chassis dari Volvo dan Scania yang didatangkan langsung dari eropa.

Nusantara juga melayani bus pariwisata yang memiliki fasilitas premium seperti omah Mlayu dan Omah Mlaku yang nanti akan kami bahas pada artikel lainnya.

Foto Bus Nusantara

Bus Bumel PO Nusantara dulu sempat menjadi Primadona karena model bus ini tenar pada tahun 1990an dimana sudah mulai trend bus Full AC.

Bentuk bus terlihat lebih smooth terutama pada bagian kaca depan bus yang masih memiliki model double glass namun secara vertikal (kaca belah).

Selain itu PO Nusantara juga pernah memiliki bus yang cukup terkenal dari model Liverynya yaitu model matahari dan ombak, bus ini buatan karoseri Morodadi Prima model old Setra yang dulu sempat menjadi populer.

Model ini memiliki bentuk yang kokoh dengan selendang yang membentang dari roof ke pintu depan dan untuk model pilar Z atau sisi pilar paling belakang terdapat list kecil,

Jika pilar itu dihilangkan dan diberi warna hitam maka akan menjadi flying roof seperti model trend bus jaman sekarang.

Selain bentuk bodi bus yang simple ini ada satu hal yang menarik pada bagian belakang  bus dengan tambahan spoiler agar terlihat lebih sporty.

Bus Nusantara Morodadi Prima
Nusantara Morodadi by Arief

Selain itu Nusatara juga pernah menggunalan bus buatan Morodadi, Malang dengan body yang sangat klasik, dengan model yang masih kental gaya klasik 1985an.

Hal ini dapat dilihat dari plat dan grilnya ada tambahan chrome atau vernekel serta memiliki bentuk kaca samping bus juga terpisah.

Pada kaca bagian atas lebih gelap dari pada kaca yang bawah yang terlihat sangat unik kala itu.

Dan untuk setiap bagian kaca di bingkai dengan karet yang saat itu hampir semua karoseri di Indonesia membuat model bus juga seperti ini.

Namun dari beberapa bus klasik PO Nusantara yang paling menarik dari pengamatan kami yaitu dengan hadirnya bus Mercedes Benz O321H yang sangat langka di Indonesia

Nusantara Mercedes Benz O321H

Bus dengan cat berwarna putih da merah ini nampak masih kokoh dengan bodi aslinya.

Bus Nusantara MB O321H ini sekilas terlihat seperti VW Combi, menggunakan kaca belah pada bagian depan dan juga kaca samping yang dibagi dua bagian.

Model lampu depan pun masih klasik hanya bulat saja dengan grill hitam dengan paduan crome dan terdapat logo Mercedes Benz.

Namun ada sesuatu yang lebih menarik dari model MB 0321H milih PO Nusantara ini, karena model bus ini boleh dibilang canggih di massanya.

Karena bus ini merupakan pelopor dari bus canggih di Indonesia dan juga jenis bus terbaik di dunia dimasa itu.

Bus Lawas PO Nusantara
Nusantara MB O321H by Jenewaa agus

Menurut informasi ada sekitar 300an unit seri MB O321H yang masuk ke Indonesia namun keberadaanya sudah tidak ketahui kemana saja.

Bus ini memiliki keunggulan body monocoque dan juga berlantai rendah (low Floor), tentunya dari segi kontruksi bodi lebih unggul karena memiliki desain semi integral.

Bus ini tidak memiliki chasis sehingga bodi akan disangga langsung oleh lantai sebagai penopang bus.

Nah dengan model monocoque ini tentunya memiliki keunggulan yaitu lebih ringan, stabil tentunya lebih ekonomis karena dengan berat bus yang sudah ringan tentunya akan menghemat bahan bakar dan ban.

Fitur lain yang sudah terbilang canggih pada waktu itu yaitu dengan adanya pintu dengan teknologi pnumatic sehingga untuk membuka dapat diakses dari driver

Untuk penunjang kenyamanan axle depan bus ini sudah menggunakan coil spring yang tentunya ini merupakan teknologi yang pertama kali ada di Mercedes Benz.

Mercedes Benz O 321 H menyandang mesin seri OM321 berkapasitas 5,1 liter dengan tenaga 110HP dan pada 1962 dilansir O 321 HL versi 10,9 meter bermesin OM322 berkapasitas 5,7 liter yang menghasilkan 126HP.

Mesin ini kemudian dikawinkan dengan transmisisi manual yang sudah berfitur gearshift system elektris.

Untuk model bus Nusantara lainnya silakan ke halaman selanjutnya >>

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.