Bus Sinar Jaya

Bus Sinar Jaya, Harga Tiket Kaki Lima Fasilitas Bintang Lima

Diposting pada

Bus Sinar Jaya harga tiket kaki lima dengan fasilitas bintang lima, temukan informasi tiket, rute dan agen penjualan tiket dan cara pesan tiket online.

Pada tahun 80-an merupakan era-era perkembangan layanan transportasi darat, terutama layanan bus antar kota yang sedang baik-baiknya.

Bahkan saat ini perkembangan transportasi darat sedang berkembang pesat dan Sinar Jaya juga salah satu pemainnya yang masih bertahan hingga saat ini.

Tentunya bagi Anda yang sering menggunakan layanan bus Sinar Jaya juga perlu mengetahui awal mula berdirinya PO yang terkenal dengan livery pelangi ini, berikut Sejarah PO Sinar Jaya selengkapnya.

Sejarah PO Sinar Jaya

PO Sinar Jaya
PO Sinar Jaya
Sinar JayaDetail
NamaSinar Jaya
PerusahaanPT. SINAR JAYA MEGAH LANGGENG
Pendiri / FounderHerman Rusly (Alm)
Co FounderH. Rasidin Karyana
Direktur UtamaTeddy Rusly
Unit Pertama14 Unit Medium Bus
Unit Big Bus Pertama10 Unit Big Bus
Trayek Medium Bus Sinar Jaya PertamaCikarang – Pulogadung
Trayek AKAP Sinar Jaya PertamaJakarta – Pekalong, Jakarta – Cirebon
TaglineAman, Terjangkau, Terpercaya
Kantor Pusat Sinar JayaJl. Cikedokan, RT.03/RT.02, Desa Sukadanau,
Cibitung, Bekasi, 17530

PO Sinar Jaya ini berdiri pada 28 Oktober 1982 dan terus berkembang hingga sekarang, namun PO pelangi ini sebelumnya sudah menjalankan bus medium dengan trayek Cikarang – Pulogadung menggunakan bus medium.

Pemilik sekaligus pendiri PO Sinar Jaya Bapak Herman Rusly (alm) sebelum sudah bergelut dibidang transportasi yang dimiliki oleh orang tuanya.

Namun sebelumnya Bapak Herman lebih banyak menjalankan jasa transportasi barang menggunakan truk untuk pengiriman ke beberapa kota dan daerah.

Bapak Herman Rusly bersama Bapak Rasidin Karyana yang masih saudara sepupu adalah tokoh dibalik berdirinya PO Sinar Jaya ini.

Pool pertama Sinar Jaya berada di Tambun sebagai lokasi awal mula menjalankan bus medium dan big bus pertama yang dulunya adalah bekas garasi truk.

Lokasi pool tersebut sekarang menjadi Pool Bus Sinar Jaya Langgeng Utama atau divisi Pariwisata (starbus).

Nama PO Sinar Jaya

Nama PO Sinar Jaya awal mula diberikan oleh Ibu dari Bapak Herman Rusly, nama ini dibutuhkan saat Bapak Rasidin mengurus trayek di Bandung

Menurut informasinya nama Sinar Jaya memiliki sebuah falsafah menurut Ibu dari Bapak Herman bahwa “Jika orang yang memiliki usaha dengan nama Sinar Jaya lumayan maju” dan terbukti dengan nama yang memiliki makna sederhana ini tetap mampu bertahan melalui masa-masa susah dikala itu.

Logo Sinar Jaya

Logo Sinar Jaya
Logo Sinar Jaya

Generasi Penerus Sinar Jaya

Saat ini Sinar Jaya banyak dipegang oleh Bapak Teddy Rusly yang tidak lain adalah putra dari Bapak Herman Rusly yang menjabat sebagai Direktur utama PO Sinar Jaya.

Secara resmi Bapak Teddy Rusly masuk ke dalam perusahaan PO Sinar Jaya pada tahun 1997 setelah menyelesaikan kuliahnya di Jerman, dan saat awal masuk dalam perusahaan sudah di hadapkan dengan krisis moneter 1998.

Pada saat itu tentunya menjadi pengalaman paling berharga bagi Bapak Teddy Rusly, karena saat awal masuk dalam managemen sudah harus menelan pil pahit untuk terus mempertahankan perusahaan melalui krisis.

Filosofi Kaizen

Untuk menjalankan bisnisnya PO Sinar Jaya menerapkan sebuah filosofi Keizen Jepang dimana awal cerita sejarahnya adalah ketika Bapak Teddy Rusly berkerja sama dengan HINO Jepang sehingga banyak orang-orang Jepang yang dikirim ke Sinar Jaya.

Sampai pada waktunya ada salah satu orang Jepang yang terakhir bernama Mamoru sampai masa tugasnya berkahir, namun oleh Sinar Jaya di perpanjang agar tetap di Indonesia dan segala biayanya ditanggung oleh Sinar Jaya.

Karena orang Jepang tersebut lama di Sinar Jaya yang pada akhirnya menerapkan program Kaizen di operator bus berlivery pelangi ini.

Busnya Orang Ngapak

Sinar Jaya dikenal oleh masyarakat sebagai busnya orang ngapak dikarenakan saat mengembangkan sayap ke Jawa Tengah karena banyak rute saat awal dikembangkan membuka jalur ke Purwokerto, Wonosobo dan Cilacap.

Lebih fokus dalam mengembangkan rute ke berbagai wilayah di pulau Jawa, bus yang berkantor pusat di Cibitung ini mulai melebarkan sayapnya ke berbagai daerah di Jawa Tengah.

Sinar Jaya “Raja Jalanan”

Di awal pendiriannya, PO satu ini dikenal karena menggunakan model bus kapsul. Di kala itu, model bus seperti ini tengah menjadi tren yang diminati dikalangan PO maupun masyarakat.

PO Sinar Jaya ini sempat dikenal dengan sorot lampu dim berwarna kingung saat meminta jalur, selain itu juga dikenal dengan kecepatan bus yang dipakainya.

Maka tidak heran jika Sinar Jaya dikenal sebagai “raja jalanan” di Pantura, namun image negatif ini telah berubah seturut dengan perubahan orientasi yang lebih mementingkan kenyamanan dibanding kecepatan.

Bahkan untuk saat ini Sinar Jaya lebih banyak dikenal masyarakat sebagai operator yang memberikan pelayanan dengan harga murah / terjangkau.

Armada Bus Sinar Jaya

Dari segi armada bus yang digunakan, PO ini dikenal setia menggunakan chassis bus dari Hino. Beberapa chassis bus yang digunakan seperti Hino seri RG yang akhirnya berganti dengan seri RK8. Selain itu juga menggunakan chassis bus kelas premium seperti RN 285 dan RK Turbo.

Untuk urusan body, PO Sinar Jaya ini cukup selektif memilih karoseri-karoseri pilhan. PO ini banyak menggunakan body-body seri terbaru dari karoseri ternama seperti Adiputro dan Rahayu Santosa.

Seperti diketahui bus terbaru yang digunakan PO ini adalah Jetliner dari Rahayu Santosa, Jetbus SHD, Jetbus Double Decker, Suite Class Laksana dan Dream Coach Adi Putro.

Kelas Bus

  • Sinar Jaya Executive 32 Seats
  • Sinar Jaya Executive 40 Seats
  • Sinar Jaya Executive 43 Seats
  • Suite Class 22 Seats

Perkembangan PO Sinar Jaya

Sejarah PO Sinar Jaya ini berkembang cukup besar, hingga berkembang menjadi sebuah group perusahaan. Pelebaran perusahaan ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan diberbagai bidang. Berikut ini beberapa unit dari bagian Sinar Jaya Group:

  1. PO. SINAR JAYA MEGAH LANGGENG: bergerak dalam bidang Transportasi Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).
  2. DMI (PT DAYA MELATI INDAH): anak perusahaan Sinar jaya yang bergerak di bidang Transportasi Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) meliputi wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.
  3. SJLU/STARBUS: memberikan pelayanan wisata dan antar jemput karyawan yang terbaik, ramah, profesional, lengkap dan terpadu.
  4. SINAR SHUTTLE: bergerak dalam jasa pelayanan travel Jakarta-Bandung.
  5. SINAR EXPRESS: merupakan anak perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Pengiriman Barang dengan area kiriman meliputi wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.
  6. DGMI: Disributor Total Oil Lubricants.

Sinar Jaya Cibitung

Cibitung adalah lokasi pusat bus Sinar Jaya dimana banyak rute yang dilayani berangkat dari pool Cibitung, selain itu setiap bus yang dari dan ke Jakarta tentunya juga akan transit terlebih dahulu di Pool Cibitung ini.

Di pool Cibitung masyarakat dapat memilih beberapa rute menuju Jawa Tengah, Yogykarta dan kota lainnya dengan jadwal keberangkatan yang cukup lengkap.

Agen Sinar Jaya

Untuk kemudahan calon penumpang mendapatkan tiket bus Sinar Jaya, saat ini pemesanan tiket sangat mudah didapatkan dengan tersebarnya agen Sinar Jaya dibanyak di pulau Jawa.

Jika Anda ingin mendapatkan tiket bus berlivery pelangi ini silakan hubungi agen bus SinJay di beberapa kota terdekat.

Tiket Bus Sinar Jaya

Operator ini sudah cukup terkenal dengan tarif atau harga tiket yang murah namun memiliki fasilitas yang nyaman bagi penumpang.

Untuk Harga tiket bus Sinar Jaya yang ditawarkan sangat terjangkau, berikut untuk harga tiket terbaru dibeberapa rute populer di Jawa.

Tiket Sinar JayaHarga
Tiket Sinar Jaya Jakarta – JogjaRp. 145.000 – Rp. 305.000
Tiket Sinar Jaya Jakarta – SurabayaRp. 265.000 – Rp. 435.000
Tiket Sinar Jaya Jakarta – PurworektoRp. 105.000 – Rp. 135.000
Tiket Sinar Jaya Jakarta – TegalRp. 95.000 – Rp. 135.000
Tiket Sinar Jaya Jakarta – CilacapRp. 115.000 – Rp. 145.000
Tiket Sinar Jaya Cibitung – WonosoboRp. 125.000 – Rp. 145.000

Bus Suite Class Sinar Jaya

Saat ini operator ini memiliki satu kelas yang paling banyak diminati oleh calon pelanggan yaitu kelas Suite Class dimana setiap penumpang akan menikmati perjalanan layaknya naik pesawat terbang.

Dengan model bus yang menggunakan tempat duduk atas bawah dan kabin yang menjaga privasi setiap penumpangnya.

Untuk mengetahui harga dan jadwal keberangkatan bus Suite Class Sinar Jaya silahkan Anda temukan DISINI.

Tiket Online Sinar Jaya

Selain melakukan pemesana tiket bus Sinar Jaya langsung ke agen-agen yang tersebar, Anda juga dapat melakukan pemesanan tiket Sinar Jaya dengan cara online.

Baik dari Sinar Jaya Cibitung atau dari beberapa lokasi di Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta akan semakin mudah pesan melalui aplikasi tiket online.

Dan saat ini kabar baiknya Anda juga dapat melakukan pemesana tiket online Sinar Jaya melalui website ayonaikbis.com tanpa harus antri atau keluar rumah.

Pesan tiket bus & travel semakin mudah di ayonaikbis.com tanpa harus antre dan tidak perlu install aplikasi lagi. Temukan kemudahan melakukan perjalanan dengan pesan tiket di ayonaikbis.com sekarang.

Beli Tiket Bus Online Murah

Nah itu tadi informasi mengenai bus Sinar Jaya semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan bus yang nyaman dengan harga murah dan terpercaya.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar atau tulis pertanyaan Anda dihalaman Tanya Jawab.

Sejarah dan Profil PO Bus Lainnya:

4.7/5 - (53 votes)