Keunggulan Setra S 531 DT
Keunggulan Setra S 531 DT

Inilah Keunggulan Setra S 531 DT Double Decker Yang Belum Ada di Indonesia

Diposting pada

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah setiap bentuk bus ini dirancang memiliki aerodinamika yang optimal dari depan ke belakang. 

Di bagian depan, kaca depan memiliki kelengkungan yang menonjol dan jari-jari tepi yang besar sehingga memungkinkan udara mengalir di sekitar kendaraan.

Sementara di rel bagian belakang dan tepi pelepasan aliran udara mengarahkan aliran udara secara terkontrol.

Bus terbaru Setra ini dirancang oleh para insinyur pembangunan yang telah memperhatikan setiap detail.

Hal ini dapat dilihat pada wiper kaca depan pada dek bagian atas yang bersifat vertikal dalam posisi diam, fitur ini diadopsi dari motorsport. 

Dengan model ini maka akan menghasilkan koefisien hambatan Cd = 0,35 sebagai tolok ukur baru untuk segmen ini.

Mengapa aerodinamika sangat penting ?

Hal ini dikarenakan dengan perancangan aerodinamika yang baik maka memberikan dasar untuk memecahkan rekor konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Jadi keunggulan Setra S 531 DT memiliki desain bentuk bodi yang aerodinamis sehingga mampu menghemat bahan bakar turun sekitar tujuh sampai sepuluh persen

Perbaikan ini sangat terasa dibandingkan dengan model pendahulunya, dan disesuai dengan jenis penggunaannya.

Bervariasi

Keunggulan Setra S 531 DT
Konfigurasi yang fleksibel

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah ditawarkannya satu bus dengan banyak variasi.

Variasinya misalnya untuk bus wisata, bus reguler AKAP untuk melayanani perjalanan jarak jauh, bus bistro yang trendi, dan juga bus-bus jalur antar kota.

Pada bagian dek bawah ini sangat bervariasi dan fleksibel, konstruksi yang benar-benar baru, platform pada lantai dasar bus ini dapat disesuaikan mengikuti permintaan pelanggan.

Bukan hanya itu saja pilihan yang ditawarkan pun bervariasi antara lain:

  • Tersedia untuk akses kursi roda
  • instalasi untuk bus bistro sehingga dapat disesuaikan jika penumpang menginginkan model tersebut
  • Tanpa platform sehingga dapat dibuka untuk kereta bayi
  • Tambahan platform dapat disesuaikan
  • Tempat duduk klasik untuk keperluan tur.
  • Beberapa variasi dapat juga diterapkan diarea kokpit dimana operator dapat memilih model seperti kokpit Setra comfort class atau ingin model kokpit Topclass.

Interior cerah, Tangga yang nyaman dan aman, Kamar kecil Inovatif.

Interior Setra S 531 DT
Interior modern dan mewah

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah konsep interior yang terang, dengan banyak cahaya dan desain yang modern, selain itu interior dari Setra yang baru ini memberikan kesan luas.

Desain tangga yang menghubungkan dek bawah dan atas terlihat menggoda.

Sedangkan di bagian luar, terlihat panel yang terbuat dari plastik akrilik tembus pandang di bagian dalamnya.

Pada tangga dilengkapi pencahayaan pada setiap anak tangga yang merata, pegangan tangan yang menyambung memberi penumpang rasa aman saat naik dan turun tangga.

Kamar kecil dengan desain yang benar-benar baru juga menjadi perhatian. Instalasinya diatur secara diagonal sehingga memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia.

Bagian atap berwarna putih yang berkilauan dari perabotan serta pencahayaan LED yang mengagumkan yang mengingatkan kita seperti pada kamar mandi modern.

Merchandise Bus KEREN

Bagi kalian yang mengaku Bismania tentu ingin selalu tampil lebih percaya diri dan berbeda.

Temukan berbagai macam kaos, kemeja, polo dan jaket bertemakan bus Indonesia ini hanya di JF Autowear Distro Jogja spesialis bus Indonesia.

Heaven-scent

Heaven-scent Setra
Pengharum ruangan seperti Mercedes Benz S Class.

Hal terbaru yang mungkin belum ada di bus Indonesia adalah tambahan sistem penyemprotan pengharum ruangan, dengan aroma menyenangkan seperti di dalam kapal Setra.

Sistem pengharum ruangan ini berkerja ketika kunci kontak dihidupkan dan pintu dibuka, atau bila pintu dibiarkan terbuka.

Secara otomatis generator pengharum mengeluarkan aroma yang tersembunyi dan tidak mengganggu namun sangat menyenangkan.

Dengan sistem ini maka suasana dan aura segar dapat dinikmati penumpang bus karena pengharum yang semprotkan tidak mencolok / menyengat melainkan beraroma lembut untuk menyambut para tamu di kapal dan mendorong mereka untuk merasa nyaman.

Komponen utama sistem ini diambil dari Mercedes-Benz S-Class dan ada enam wewangian yang bisa dipilih, mulai dari yang fresh dan sporty hingga aroma yang lebih berat.

Penampilan Modern Dan Berbeda

headlamp Setra S 531 DT
Tampilan depan Setra terbaru

Kita ketahui Setra sudah menjadi sebuah bus yang memiliki desain melegenda, hal ini di buktikan banyak karoseri lokal di Indonesia mengadopsi model dari Daimler Setra.

Dan saat ini pun eksistensi desain setra ini masih menjadi yang terbaik. Salah satu contoh produk karoseri Adi Putro Jetbus SHD dan SDD pun mengadopsi model Setra Daimler ini.

Setra S 531 DT memiliki tampilan yang modern dan berbeda, mulai dari wajah yang terdapat panel yang gelap dan terdapat lapisan perak merk Setra TopClass 500.

Nah sebagai fitur baru, dua kaca depan digabungkan dengan mulus dan disusun dengan sebuah bar aluminium sebagai pemisah.

Jadi model setra tidak memiliki topi seperti pada model-model bus di Indonesia yang mengadopsi model Bar pemisah dua kaca dari Paradiso buatan karoseri Marcopolo Brazil.

Pada dinding samping, para perancang telah menyesuaikan ciri khas strip aluminium “La Linea” yang kita kenal dengan selendang/garnis.

Dimana model selendang versi sebelumnya sudah terkenal secara luas karena bentuk almunium yang membentang secara horisontal di sepanjang tepi atap sudah melekat diingatan kita.

Tapi kali ini model terbaru Setra S 531 DT memiliki model bar baru berbahan almunium dengan merk SETRA di ujung depan membentang mengikuti garis kaca dan berakhir pada bagian belakang mengikuti garis tangga.

Untuk panel dek atas sekarang tampak melayang seperti sebuah pulau di atas kaca. Di bawahnya, lencana aluminium di atas lengkungan roda depan memberikan jeda di rel pinggang pada dek bagian bawah.

Rear view Setra Daimler
Tampilan belakang Setra S 531 DT

Sirip samping pada tepi terdapat jalur aliran udara dan lampu belakang di adopsi dari Setra seri 500 membingkai bagian belakang bus.

Untuk model bus tingkat terdapat dua lubang ventilasi mesin yang disatukan. Pada bagian belakang bus terdapat grill berwarna hitam yang merupakan sistem pengkondisian udara ke atas yang dibuat secara terintegrasi.

Tidak kalah penting emblem berlapis krom bertuliskan TopClass 500 terkesan elegan terletak dibawah jendela belakang dan pastinya memberikan sentuhan akhir yang sempurna untuk bus Setra yang spektakuler ini.

Videonya Teaser


Nah magaimana menurut Anda dengan bus terbaru dari Daimler ini, semoga informasi mengenai keunggulan Setra S 531 DT ini bisa menjadi referensi karoseri di Indonesia.

Jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Sumber : Daimler

Baca Juga Informasi menarik Lainnya

""