Isuzu Elf Vs Toyota Hiace

Pilih Isuzu Elf atau Toyota Hiace ? Cek dulu Keunggulannya

Diposting pada

Bingung milih Isuzu Elf atau Toyota Hiace untuk rental mobil ? sebaiknya baca dulu keunggulan dan kekurangan dari kedua unit ini selengkapnya.

Kedua unit ini memang paling laris manis untuk usaha rental mobil, tidak sedikit pengusaha bisnis transportasi menggunakan kedua jenis mobil ini.

Namun semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu bagi Anda yang ingin juga membuka bisnis sewa mobil / travel perlu mengetahui informasi ini.

Isuzu Elf atau Toyota Hiace

Kedua model ini semuanya masih satu group dibawah bendera Astra, Isuzu banyak memproduksi mobil komersial sedangkan Toyota banyak memproduksi mobil untuk pribadi.

Nah semenjak kemunculan Toyota Hiace, unit ini juga banyak digunakan untuk mobil komersial bagi rental mobil atau travel.

Sebenarnya untuk Toyota Hiace ini sepadan dengan kompetitornya Mercedes Benz Sprinter, namun tentu soal harga jangan ditanya, tentu lebih mahal Sprinter dari pada Hiace.

Tapi karena jarang rental mobil menggunakan Sprinter maka kita coba melihat lebih detail kapan kita harus memilih Elf dan kapan memilih Hiace.

Mobil Isuzu Elf

Mendengar Elf tentu yang ada dikepala tentu “mobil pariwisata”, ya memang benar karena Elf banyak dipilih sebagai mobil untuk digunakan kegiatan pariwisata.

Berikut ini beberapa detail mengenai Isuzu Elf jika Anda ingin menggunakan mobil Elf untuk bisnis rental atau travel Anda.

Model Eksterior

Eksterior Isuzu Elf
Isuzu Elf NRL 55

Jika dilihat model bodi eksterior isuzu Elf memang terlihat monoton, hal ini dikarenakan mobil ini dibuat oleh karoseri mengikuti aturan dari IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia).

Iya, IAMI merupakan agen tunggal pemegang merek untuk produk Isuzu di Indonesia.

Basik dari Elf saat dari dealer bentuknya hanyalah sasis dengan kabin, mirip dengan truk yang belum dibuat bodi.

Kemudian bodi dibuat oleh pihak karoseri yang berkerja sama, namun untuk modelnya juga sudah standar sesuai ketentuan dealer hanya beberapa bagian yang ada penyesuaian.

Tentunya model dari ELF inilah yang menjadi kekurangannya, karena bentuknya kotak dan masih terlihat bagian depan juga sekilas mirip muka truk.

Suspensi Elf

Nah suspensi ini yang menjadi kekurangan dari Elf, karena masih menggunakan per daun / leaf spring.

Per daun memang kuat untuk membawa beban berat, namun ketika membawa penumpang tentu akan terasa keras.

Interior Elf

Karena Elf di buat oleh karoseri tentu pemasangan AC pun juga dari pihak karoseri, bahkan untuk desain AC nya juga tergantung dari karoseri.

Model interiornya akan berbeda ketika Elf dibuat oleh karoseri A dengan karoseri B, sebagai contoh simak interior AC Elf buatan New Armada dengan Elf buatan Adi Putro.

Interior Elf
Interior

Ciri khas interior Adiputro adalah pada plafondnya dibuat simple dengan embos yang mirip dengan bagian plafond pada bus. Begitu pula dengan New Armada juga plafondnya berbentuk gelombang mirip dengan big bus.

Dari dua jenis interior tersebut akan berbeda lagi jika dibuat oleh karoseri lainnya, namun dengan adanya ini jika Anda memiliki unit Elf akan dapat menyesuaikan selera.

Kendala yang sering dialami oleh travel atau rental mobil ketika menggunakan Isuzu Elf adalah pada AC, ketika tidak rajin membersihkan maka akan sering terjadi kebocoran dan AC tidak dingin.

Fleksibel & Kapasitas Besar

Namun Elf memiliki keunggulan yaitu dari segi fleksibelitas dan memiliki kapasitas yang besar.

Elf dapaf dibuat menjadi Elf Short dengan kapasitas sekitar 15 orang dan juga dapat dibuat menjadi Elf Long dengan kapasitas 20 orang, tentunya hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi pemiliki armada.

Harga Murah

Bagi pengusaha transportasi yang menjadi pertimbangan utama adalah harga belinya, tentunya Elf jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Toyota Hiace.

Harga sekitar 400jtan Anda sudah memiliki unit yang siap untuk dijalankan membawa penumpang.

Harga model ELF terbaru saat ini adalah Rp. 411.800.000 untuk seri ELF NLR 55 B Microbus dan Rp. 453.700.000 untuk seri Elf NLR 55 BLX Microbus (sumber : infosuzu.com).

Keunggulan & Kekurangan Isuzu Elf

Jadi kesimpulannya untuk Isuzu Elf memiliki keunggulan dan kekurangannya sebagai berikut ini.

Keunggulan ElfKekurangan Elf
Harga murahModel monoton seperti truk
Kapasitas banyakSuspensi keras
Interior dapat disesuaikanPengerjaan kurang rapi standar karoseri
Asesoris dapat sesuai permintaanSuara mesin bising
Cat/stiker dapat langsung ditambahkan dari karoseriBodi panjang tidak semua orang dapat mengemudikan

Nah bagaimana dengan Toyota Hiace ? mari simak selengkapnya pada Halaman Selanjutnya >>

5/5 - (31 votes)