Evobus
Evobus New Armada

Generasi Evolution Bus, New Armada

Posted on 1,110 views

Ayonaikbis.com – Kali ini ayonaikbis.com akan sedikit berbagi cerita tentang generasi bus buatan karoseri New Armada yaitu Evolution Bus atau biasa disebut Evobus.

Evobus merupakan sebuah semangat baru dari perusahaan pembuat bodi bus asal Magelang, Jawa Tengah ini.

rental

Karoseri New Armada jaman dahulu sangat terkenal, bahkan merupakan karoseri lokal terbesar di Indonesia.

Yang membedakan dari karoseri lainnya adalah karoseri New Armada banyak membuat berbagai macam kendaraan bukan hanya bus saja.

Jadi hingga saat ini New Armada banyak membuat kendaraan mulai dari bus besar, medium bus, minibus, truk, dan kendaraan khusus.

Bukan itu saja karoseri New Armada juga memiliki sebuah divisi selain karoseri yaitu Stamping and tools tentunya banyak mengerjakan beberapa komponen diluar produk karoseri.

Baca Juga :

Pada jaman kejayaannya bus dengan nama GENESIA adalah yang paling top dan banyak digunakan oleh beberapa operator bus di Indonesia.

Nah disini ayonaikbis.com akan sedikit membahas tentang perjalanan generasi Evolution Bus hingga saat ini sudah berganti generasi yaitu generasi Sky Bus :D

Evobus (Evolution Bus) pertama kali dirilis pada pameran IIBT 2010 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

Saat itu pasar banyak yang merespon dengan baik, karen Evobus memiliki beberapa keunggulan yang sangat signifikan dari model interior dan eksterior.

Karena pada saat itu banyak model bus di Indonesia yang masih banyak mengikuti gaya Eropa seperti produk Daimler Mercedes Benz dan Setra serta produk lain seperti model Neoplan.

Beberapa hal yang menjadi ciri khas dari Evobus adalah sebagai berikut.

Umumnya model bus saat itu masih terlihat masih banyak mengcopy atau mengambil inspirasi dari produk bus luar negeri.

Baca juga :

Sebagai contoh karoseri Laksana pada tahun tersebut masih menggunakan model Legacy generasi pertama yang masih memiliki model selendang dan headlamp mirip dengan bus china King Long

Legacy Generasi Pertama
Legacy Generasi Pertama

Dan karoseri ternama Adi Putro juga hampir 70% menduplikasi desain dari Daimler Mercedes Benz khusus Travego dan juga Setra, meski dengan brand Royal Coach.

Karoseri Adi Putro hanya bermain aman di sisi cowl depan dan belakang dengan mengganti model lampu yang lebih modern sehingga tidak sama persis dengan model aslinya.

Royal Coach Adi Putro
Royal Coach Adi Putro

Evobus

Berbeda dengan Evobus yang saat itu tampil percaya diri dengan bodi dinamis yang terlihat dengan garis desain yang smooth.

Evobus New Armada
Evobus New Armada

Baca Juga:

Hal paling menonjol dari Evobus ada dibeberapa titik dan menjadi ciri khas bahkan untuk generasi berikutnya, antara lain.

  • Model spion dengan cover/penutup sehingga terlihat lebih mewah, namun untuk generasi evobus ini spion terlihat sangat besar.
  • Warna abu-abu pada gril depan menjadi standart untuk semua bus yang dibuat dengan bodi ini.
  • Headlamp yang sudah memiliki crystal reflector yang pada saat itu paling canggih dan lebih elegan.
  • Pintu pneumatic: dengan sistem ini maka buka tutup pintu di kontrol langsung oleh driver.
  • Sideroof : Evobus tampil lebih berbeda karena pada sisi kanan kiri atap terlihat tidak polos.
  • Venderwheel model pedang: Inilah sisi paling menjual dari Evobus karena pada saat itu hampir semua produk karoseri lain tidak pernah memoles komponen ini.
  • Selendang garnis yang simple: ciri khas generasi Evobus adalah garnis warna abu-abu yang terbuat dari plat ditempal pada kanan-kiri bodi bus.
  • Kaca samping luas (panorama): dibanding dengan produk karoseri lain Evobus menyematkan lebar kaca yang lebih luas, hal ini bertujuan agar penumpang dapat menikmati pemandangan salama perjalanan dengan lebih nyaman.

Namun ternyata nama Evobus tidak bertahan lama, menurut berita yang berkembang nama Evobus mendapat komplain dari Mercedes Benz Indonesia, karena brand tersebut merupakan brand dari produk bus Mercedes Benz.

Nah untuk menggantikan nama Evobus tersebut maka muncul nama baru yaitu Evonext sebagai penerus Evobus.

Baca juga :

Evonext

Namun secara detail Evonext tidak ada perubahan yang signifikan dengan generasi awal.

Evonext New Armada
Evonext New Armada

Pada Evonext yang menjadi perbedaan adalah pada spionnya yang lebih modern seperti model bus di Brasil yang mulai banyak menggunakan model spion tanduk.

Untuk perubahan lain mungkin banyak diinterior baik dari plafond, partisi penumpang dan beberapa panel di dashboard.

Baca Juga:

Evonext GT

Pada tahun 2013 New Armada kembali dengan model penerus Evonext yaitu Evonext GT (Grande Toursimo) dengan beberapa perubahan yang cukup menarik.

Evonext GT
Evonext GT New Armada

Hal baru yang disajikan oleh Evonext GT adalah dari dimensi dan beberapa detail diantaranya:

Bus ini mulai di era trend bus berlantai tinggi yang saat itu disebut HD (High Deck) dimana bus ini memiliki lantai yang lebih tinggi dari versi biasa.

Bus Evonext GT memiliki tinggi lantai lebih tinggi 10-15 cm dari versi bus biasa Non HD.

Dengan lantai yang tinggi tentunya bus memiliki ruang bagasi yang lebih sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak.

Pada peluncuran Evonext GT ini, pabrikan Mercedes Benz juga meluncurkan model chasis terbarunya yaitu versi MB OH 1830 yang memiliki total daya sekitar 300 HP dan mampu membawa beban total 18 ton.

Yang menjadi keunggulan dari model Mercedes Benz OH 1830 ini adalah dari model chasisnya. Era baru bus dengan space frame, dimana pengerjaan chasis dilakukan oleh karoseri.

Space frame memungkinkan ruang bagasi lebih luas karena chasis dibuat dari pipa kotak dengan spek material khusus sesuai requirement dari Mercy.

Dengan model chasis ini maka bagasi akan lebih lapang karena tidak terhalang oleh chasis. Karena pada versi bus terdahulu semua bus menggunakan model ladder frame yang akan menjadi penghalang dibagian tengah bagasi.

Nah pada model Mercedes Benz OH 1830 tersebut menjadi inovasi baru bagi karoseri New Armada atau bahkan karoseri lain diantaranya.

Posisi toilet berada ditengah bukan di belakang, hal ini terjadi karena ada filter udara di sebelah kiri yang menjadikan posisi toilet bus harus di pindahkan ke tengah.

Interior Evonext GT
Interior Evonext GT

Dan hampir dipastikan rata-rata bus dengan Mercedes Benz OH 1830 memiliki posisi toilet ditengah dan pintu tengah.

Nah kembali pada Evonext GT, hal baru yang sematkan adalah pada lantai yang dibuat step/tidak rata dengan gang way.

Kemudian pada gangway terdapat led dari depan sampai belakang seperti pada bus-bus di Eropa.

Baca Juga :

Selanjutnya untuk kaki-kaki jok hanya ada satu yang terpasang ke lantai dan untuk sisi luar dikaitkan pada dinding lambung bus.

Kemudian untuk sisi eksterior tentunya model lampu baru disematkan dengan model yang mirip dengan headlamp bus Mascarello dan untuk rear lampnya mirip dengan model Scania Touring.

Dan ada pembaharuan pada garnis yang dibuat dengan bahan stailes steel dan juga kisi-kisi udara dibuat dengan model dot yang sebelumnya masih dengan gaya lama.

Pada saat itu memang model rear lamp Scania Touring sedang menjamur terbukti Discovery Laksana dan Scorpion X menggunakan model ini juga.

Nah itu tadi sekilas mengenai cerita produk karoseri New Armada Evobus dan Evonext, pada artikel selanjutnya kami akan bahas produk New Armada lainnya Evolander dan skylander.

Jika Ada tambahan dan pertanyaan silakan Anda tinggalkan komentar. Jangan lupa dukung kami dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media facebook dan twitter.

NB: Jika ada salah dalam penulisan dan juga kata-kata harap dimaklumi dan silakan di koreksi.

Gravatar Image
Berbagi untuk Negeri Hubungi kami : Email ; [email protected] Twitter : @ayonaikbiscom Instagram : @ayonaikbiscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.