bus sekolah
Bus Sekolah

Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning ?

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Bus sekolah itu berwarna kuning, beberapa dari kita mungkin tidak begitu memperhatikan hal ini kenapa terjadi. Apakah warna bus itu kebetulan berwarna kuning atau ada hal lain ?

Nah ternyata warna kuning pada bus sekolah itu sudah merupakan standart Internasional.

Awal Sejarah Bus Sekolah

Mungkin kita tidak tau awal mulanya kenapa hal ini bisa terjadi, namun ternyata ada perjalanannya sehingga beberapa bus diberbagai negara didunia memiliki standart yang hampir sama.

Untuk lebih jauh mengetahui cerita selengkapnya sebaiknya kita mengenal dulu tokoh yang berada dibelakang cerita ini.

Tokoh yang berperan dalam membuat standart warna kuning cat kuning pada bus sekolah adalah bapak Dr Frank W. Cyr dari Universitas Columbia, New York.

Dialah orang yang berjasa dan menggagas pertemuan untuk menentukan standarisasi konstruksinya.

Selama 7 hari pertemuan di bulan April 1939, para peserta konferensi tak terkecuali para ahli cat dari DuPont dan pengamat transportasi dari 48 negara dapat menciptakan 44 standarisasi karoseri bus tersebut.

Untuk pemilihan warnanya sendiri juga tidak asal-asalan melainkan telah diadopsi NIST (The National Institute of Standards and Technology) sebagai standart yang banyak di ikuti di negara-negara lain.

Lalu mengapa dipilih warna kuning ? bukan warna lainnya seperti merah, biru atau hijau ? berikut ini adalah sedikit penjelasannya.

Text Bus Sekolah

Ternyata warna kuning sebagai cat dasar jika dipadukan dengan tulisan “Bus Sekolah” yang berwarna hitam itu membuat mudah untuk dibaca dan dilihat pada pagi hari.

Selain itu warna kuning pada bus juga berpengaruh pada keselamatan karena menurut penelitian manusia akan lebih mudah melihat objek 1,24 kali jika berwarna kuning dari pada objek berwarna merah atau warna lainnya.

Jadi tidak heran bukan jika penanda di jalan juga banyak berwarna kuning bukan warna lainnya.

Jadi itulah alasan kenapa bus sekolah berwaran kuning, meskipun di Indonesia masih banyak yang tidak berwarna kuning ada juga yang berwarna biru atau warna lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa contoh foto bus yang digunakan untuk penjemputan anak-abak sekolah dari berbagai negara.

Foto Bus Berbagi Negara

Bus Bandung
Bandung
Bas Malaysia
Malaysia
Escolar Brasil
Brasil
Ngeremi Engui Jepang
Jepang

Nah itu tadi beberapa informasi yang berguna untuk menambah wawasan kita, jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan kemedia sosial Anda.

Baca Juga Informasi Bus Lainnya

Dan jangan lupa untuk ikut serta dalam gerakan Ayo Naik Bis.

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.