Bus City Tour Solo
Berwisata dengan Bus

Gabut? Coba Naik 5 Bus City Tour Ini Keliling Kota

Diposting pada

Berikut merupakan daftar bus city tour dan jadwal bus wisata yang melayani wisata keliling dalam kota, yang dapat Anda manfaatkan saat liburan.

Daftar Bus City Tour

Berbicara tentang destinasi wisata, tak perlu jauh jauh ke luar negeri, karena di dalam negeri pun disuguhkan banyak pilihan destinasi yang dapat dikunjungi kala liburan.

Menurut Google, berikut merupakan daftar daerah yang paling banyak dikunjungi untuk destinasi wisata :

  • Jakarta
  • Bandung
  • Yogyakarta
  • Surabaya
  • Malang
  • Semarang
  • Bogor
  • Medan
  • Bandung Barat (Lembang)

Menurut Badan Pusat Statistik, secara kumulatif (Januari – Juni 2019) jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 7,83 juta kunjungan atau naik 4,01 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia sudah kaya akan wisata, dan memiliki daya tarik yang tinggi dari wisatawan mancanegara ataupun domestik.

Menurut wikipedia, telah tercatat ada 962 lokasi wisata yang tersebar di seluruh Indonesia, ini belum termasuk wisata terbaru yang banyak bermunculan. Jadi bisa lebih banyak yaa.

Jadi, masih ingin ke luar negeri? :)

Namun, kebanyakan orang tengah bingung, liburan di suatu kota namun tak memiliki waktu banyak, tak usah khawatir, Anda dapat membunuh waktu singkat itu dengan berkeliling menggunakan bus wisata.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Ayo koleksi kaos bertemakan bus Indonesia dan dapatkan diskon 10% tanpa minimum order dengan cara bergabung menjadi member JF Autowear.
Yuk daftar dan nikmati keuntungan lainnya!

Berikut daftar bus wisata yang dapat Anda jadikan referensi saat tengah berkunjung di Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang dan Malang.

5 Bus City Tour Yang Layak Untuk Dicoba

Bus Jakarta

Melihat padatnya ibukota Jakarta, ternyata membuat sebagian orang bingung untuk liburan dimana, dan bahkan banyak yang pergi ke luar Jakarta.

Hal ini justru membuat pihak pemprov DKI untuk membuat rute baru bus tingkat wisata jakarta bagi para wisatawan untuk dapat menikmati objek wisata jakarta yang tentunya akan lebih asik.

Wisata dengan bus tingkat ini akan dibagi menjadi tiga tema yaitu sejarah, kuliner dan belanja yang dapat diakses secara GRATIS. Dengan rincian sebagai berikut :

Jenis WisataJadwalTujuan
BW 1 Wisata Sejarah (History Of Jakarta)Senin – Sabtu (10.00 – 18.00)
Minggu (12.00 – 19.00)
Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, MuseumBI, Gedung Kesenian Jakarta, Juanda/ Istiqlal, Monumen Nasional
BW 2 Jakarta Baru (Jakarta Modern)Senin – Sabtu (10.00 – 18.00)
Minggu (12.00 – 19.00)
Sarinah, Bundaran HI, Balai Kota, Moumen Nasional, Pecenongan, Gedung Kesenian Jakarta, Juanda/ Istiqlal
BW 3 Kesenian & Kuliner (Art & Culinary)Sabtu (17.00 – 23.00)Sarinah, Bundaran HI, Harmoni, Gedung Arsip, Museum BI, Gedung BNI 46, Sawah besar, Pecenongan, Juanda / Istiqlal, Monumen Nasional, Balai Kota
BW 4 Pencakar Lagit Jakarta (Jakarta Skycrapers)Senin – Sabtu (10.00 – 18.00)
Minggu (12.00 – 19.00)
Tosari, Sudirman, Karet, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Dukuh Atas, Bundaran HI, Monumen Nasional, Pecenongan, Gedung Kesenian Jakarta, Juanda / Istiqlal, Balai kota, Sarinah
BW 5 Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Space) Senin – Sabtu (11.00 – 19.00)
Minggu (12.00 – 19.00)
RPTRA Kalijodo, Tosari Bundaran HI, Balai Kota, Sarinah
BW 6 Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)Sabtu – Minggu (13.00 – 21.00)Maqom Mbah Priuk, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, Juanda/ Istiqlal, IRTI, Balai Kota
BW 7 Belanja Jakarta (Shopping Jakarta)Senin – Jum’at (10.00 – 18.00)
Sabtu (10.00 – 22.00) Minggu
(12.00 – 19.00)
IRTI, Balai Kota, Sarinah 1, Wisma Nusanitara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, Lapangan Panahan, Plaza Sentral, Istora Senanyan, Plaza Senayan, Senayan City, Karet Sudriman 2, Dukuh Atas 4, St. Sudirman 2, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarinah 2

Nah ketika Anda sedang main-main ke Jakarta ada baiknya mencoba keliling kota dengan bus-bus tingkat yang Keren yang dapat Anda nikmati secara Gratis.

Hal ini dapat Anda nikmati bersama keluarga atau bersama teman-teman dikala weekend atau liburan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact center Transjakarta 1500102 atau mention akun twitter resmi Transjakarta @pt_transjakarta.

Jadwal Bus Jakarta
Bus City Tour model Highlander New Armada (Pict by Ekha Surya)

Bus Bandung

Bandung Tour on The Bus atau biasa disebut Bandros, itulah nama yang disematkan dibus tingkat ini. Disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. 

Bus ini diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014 silam.

Bus berkapasitas kurang lebih 30 orang ini dimaksimalkan di lantai dua, sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri. 

Untuk merasakan bus ini berkeliling Bandung Anda harus menyiapkan uang yang cukup terjangkau untuk membeli tiketnya.

Terdapat dua jenis layanan, tiket Rp 20 ribu untuk sekali perjalanan, dan tarif Rp 40 ribu untuk perjalanan seharian lintas rute (multiple trip/ one day pass).

Dan jang lupa catat juga jadwal bus ini beroperasi yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Anda dapat menaiki bus Bandros dengan mudah karena berbeda rute akan dibedakan berdasarkan warna busnya, yuk simak rinciannya berikut ini :

Jenis BusTujuan
Bandros Biru Alun-Alun Bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu.
Bandros Kuning Lapangan Gasibu, Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga.
Bandros Ungu  Gasibu, Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai.
Bandros Hijau Chinatown, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan GOR Padjadjaran.
Bandros Merah MudaGasibu, Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya

Untuk dapat menaiki bus Bandros ini, yaitu cukup datang ke shelter yang ditentukan yaitu di Gasibu atau tepatnya di depan Museum Geologi, Taman Balai Kota Bandung serta Alun-alun Bandung.

Penumpang dapat langsung naik ke bus dan pembayaran tiket langsung dilakukan di tempat oleh petugas.

Bis Bandros Bandung
Bus City Tour Bandung (Bandros) (Pict by IG eltonsonny)

Bus Surabaya

Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini, memiliki 2 bus wisata yang dapat Anda coba untuk menikmati keliling kota Surabaya, yaitu Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT) dan Surabaya Heritage Track (SHT).

Nah apa perbedaannya?

Pertama, bus SSCT akan membawa Anda berkeliling kota Pahlawan selama kurang lebih 5 jam dengan ongkos Rp. 7.500/ tiket dnegan jadwal hari Selasa, Sabtu dan Minggu.

Mulai beroperasi dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Rute tempat wisata yang akan dilalui dengan bus ini antara lain Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Surabaya, Museum Sepuluh Nopember, Museum Kesehatan, Bank Indonesia, Jembatan Merah Plaza dan Balai Pemuda.

Sedangkan untuk wisata bahari sendiri, akan dilakukan pada minggu II dan IV. Rute wisata bahari meliputi Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Kapal Selam, Museum Surabaya, THP Kenjeran, Sentra UKM Merr, dan Balai Pemuda. 

Untuk membeli tiket, dapat dilakukan di Kantor Tourism Information Center (TIC), Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur di Jalan Gubernur Surya nomor 15.

Penting untuk diketahui bahwa penjualan tiket Bus SSCT ini tidak melayani penjualan lewat telepon dan online.

Bis Surabaya SSCT
Bus City Tour Surabaya (SSCT) (Pict by Twitter TICSby)

Kedua, yaitu bus SHT. Seidkit berbeda dengan bus SSCT, bus SHT ini dapat Anda naiki secara gratis, namun harus melakukan reservasi terlebih dahulu di Museum House Of Sampoerna.

Jadwal bus wisata Surabaya Heritage Track ini beroperasi setiap hari, kecual hari Senin dan mulai beroperasi pukul 10:00, 13:00 dan 15:00 (menyesuaikan jadwal Museum).

Untuk weekday Anda akan diajak berkeliling Telkom Garuda, Sekolah Ongko Loro, Monumen Perjuangan, Syahbandar, Pasar Pabean. Untuk weekend, Kapung Cina, Kampung Ampel, Kampung Peneleh, Kampung Ketandan, Kampung Kraton, dan Kampung Bubutan .

Informasi lebih lanjut : https://houseofsampoerna.museum/e_sht_main.htm.

Bus Surabaya Heritage Track
Bus City Tour Surabaya (SHT) (Pict by IG bachromii)

Bus Solo

Kota yang memiliki kuliner khas Serabi ini ternyata juga memiliki bus tingkat untuk wisata lho teman, bernama Werkudara berwarna merah dan kuning.

Jadwal bus wisata ini beroperasi setiap hari Sabtu, Minggu dan Hari libur dengan 3 kali keberangkatan yaitu pukul 09.00 (Bis merah), 12.00 (Bis kuning) dan 15.00 (Bis kuning).

Anda akan diajak berkeliling menikmati kota Solo dimulai dari Kantor Dishub, Stadion Manahan, Loji Gandung, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi, Batik Kauman, BI, Balai Kota, Pasar Gede, UNS dan Taman Jurug.

Untuk rute kembali yaitu Taman Jurug, UNS, Benteng Vestenburg, Galabo, PGS, BTC, Pasar Kliwon, Kota Barat, Kantor Dishub.

Untuk menikmati bus wisata ini, Anda harus melalukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi kontak berikut :
Indri : 085642005156
Sandi : 085229790462

Setelah reservasi, memilih hari dan jam keberangkatan, Anda harus melakukan cek in pembayaran sebesar Rp. 20.000 / tiket setengah jam sebelyum keberangkatan di Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

Yang beralamatkan di Jl. Menteri Supeno No. 7, Manahan, Surakarta. Bus tingkat ini juga melayani carter dengan harga Rp. 800.000.

Bus Werkudoro Solo
Bus City Tour Solo Werkudara Builder Trisakti (Pict by IG setyawan_sylva)

Bus Semarang

Semarang memiliki bus kota khsus wisata yang layak dicoba saat tengah berkunjung ke kota asal kuliner lumpia ini.

Bus tingkat berwarna merah ini dapat Anda naiki secara GRATIS untuk berkeliling sambil melihat spot-spot paling menajubkan di kota Semarang.

Untuk jadwal bus wisata Kenang ini yaitu Selasa – Kamis pukul 08.00, 11.00 dan 15.00, sedangkan untuk Jum’at – Minggu pukul 08.00, 11.00, 15.00 dan 19.00.

Anda akan diajak berkeliling menikmati kota Semarang melalui rute sebagai berikut:

  • Museum Mandala Bhakti
  • Tugu Muda
  • Jalan Imam Bonjol
  • Stasiun Poncol
  • Stasiun Tawang
  • Kota Lama
  • Jalan Pemuda
  • Lawang sewu
  • Pandanaran
  • Simpang Lima
  • Kampung Pelangi
  • Sam Po Kong
  • Jalan Pamularsih
  • Bundaran Kalibanteng
  • Jalan Jenderal Soedirman.

Untuk menaiki bus ini, Anda dapat datang ke Museum Mandala Bhakti terlebih dahulu.

Kemdian lakukan pendaftaran di petugas DISHUB yang sudah standby di lokasi. Jadwal bus wisata dibuka mulai pukul 07:00 pagi, jadi pastikan booking dalu ya.

Kemudian untuk mendaftar jadi penumpang, gunakan KTP/SIM, dan nanti Anda akan diberi ID card penumpang. Setiap KTP/SIM bisa digunakan maksimal untuk 2 orang.

Pada ID Card tersebut terdapat nomor tempat duduk dan kode barcode. Jadi pastikan supaya ID Card ini tidak hilang ya. Nah jika sudah selesai, KTP akan dikembalikan oleh petugas.

Bus Semarang
Bus Cuty Tour Semarang Cityliner Nusantara Gemilang (Pict by Dzulfiqar Adefa)

Nah itu dia daftar bus pariwisata dalam kota yang dapat Anda jadikan referensi untuk berlibur bersama teman, pasangan atau saudara.

Jika Anda memiliki informasi terbaru atau memiliki cerita berkesan dengan bus-bus ini silakan tinggalkan komentar ya.

Simak informasi menarik lainnya disini ya :

Gambar Gravatar

Tinggalkan Balasan