Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Setelah mengetahui lima teknologi sistem keselamatan dalam bus kini ada baiknya kita mengetahui proses pembuatan bus double decker atau bus tingkat yang saat ini sedang trend di Indonesia mengenai bus tingkat karena banyak sekali bermunculan bus-bus terbaik di tahun 2016.

Kali ini kami akan bagikan video proses pembuatan bus double decker bukan bus Indonesia melainkan London Bus yang sudah sangat terkenal karena bentuknya yang unik. Meski video ini adalah proses pembuatan double decker London Bus tetapi secara engineering proses pembuatan bus hampir sama bahkan dengan adanya video ini kita akan tahu bahwa proses pembuatan bus tingkat di Inggris sudah lebih maju jika di bandingkan proses pembuatan bus tingkat di Indonesia.

Mari simak dengan seksama video proses pembuatan bus tingkat atau double decker London Bus. Semoga bisa menjadi inspirasi perusahaan karoseri di Indonesia untuk membuat bus-bus terbaik.

BACA JUGA :  Foto Bus Scorpion Holidays Pariwisata

Secara garis besar proses pembuatan bus double decker sebagai berikut:

  1. Proses pembuatan chassis dari beam ukuran besar yang dibagi menjadi beberapa modul (depan, tengah dan belakang) Jadi model chassis bus double deckernya adalah chassis modular yang kemudian di las bersamaaan menjadi satu rangkaian chassis.
  2. Setelah chassis selesai dibuat maka akan dibuat support untuk lantai, seat dan panel bodi bus.
  3. Kemudian chassis dibersihkan untuk proses pengecatan dasar dengan epoxy.
  4. Dan tiap gap sambungan agar lebih aman dari korosi internal maka ditutup dengan polyuretan
  5. Selanjutnya teknisi menyiapkan mesin dengan daya 250 HP enam silinder dengan transmisi otomatis. dan juga merakit hidrolik dan sistem perpipaan mesin.
  6. Setelah mesin bus double decker sudah siap maka mesin dibawa untuk di rakit diatas bodi bus yang terletak di modul belakang, termasuk pemasangan radiator dan komponen-komponen lainnya.
  7. Pada modul depan teknisi menginstal komponen kelengkapan dashboard dan komponen pengontrol bagi pengemudi.
  8. Proses selanjutnya adalah penginstalan axle, pemasangan roda dan kelengkapannya.
  9. Setelah itu chassis bus double decker dibawa untuk pengetesan mesin dengan menggunakan sistem komputer.
  10. Dan jika proses pengetesan mesin selesai maka chassis bus dibawa ke body shop untuk proses pembuatan bodi bus.
  11. Mereka sudah menyiapkan rangka-rangka untuk dua lantai dengan bahan aluminium.
  12. Tim lain menyiapkan rangka untuk atap yang juga terbuat dari aluminium dan kemudian melakukan pengeleman dengan plat aluminium.
  13. Selanjutnya pemasangan komponen seperti internal antena dan kabel-kabel
  14. Kemudian proses perakitan panel-panel mulai dari lantai bawah, lantai atas dan atap yang hampir semua menggunakan bahan aluminium.
  15. Setelah sisi dalam sudah siap barulah proses pemasangan panel bodi bus bagian luar, dimana plat aluminium juga di tempel menggunakan lem ke rangka-rangka bus. Agar permukaan bodi bus rata maka proses pengeleman menggunakan roller sebagai penekan panel bodi.
  16. Selanjutnya adalah proses pemasangan cowl depan dan belakang yang terbuat dari fiberglass.
  17. Selanjutnya mulai pemasangan kaca yang juga di lem.
  18.  Seetelah semua terpasang tim quality control melakukan pengecekan satu-persatu bagian dari bus apakah sudah terpasang dengan benar.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga SCANIA K410IB
Nah dari video dan penjelas di atas dapat kita lihat bus double decker “London Bus” hampir sebagian besar berbahan aluminium. hal ini dikarenakan untuk mengurangi berat bus itu sendiri yang akan menghemat bahan bakar selain itu proses pengerjaan lebih mudah dan perbaikan  juga lebih mudah.

Sekian informasi mengenai proses pembuatan bus double decker diharapkan setelah melihat video tersebut Anda makin mencintai transportasi bus. jika ada pertanyaan silahkan tinggal komentar. Dan jika informasi ini menarik silahkan bagikan dan jangan lupa untuk ikut mendukung gerakan #AYONAIKBIS

Mungkin Anda juga ingin mengetahui spesifikasi dan harga medium bus Magneto dan big bus New Aristo

Sumber Video : Panos Egglezos

Comments

comments