Sejarah PO Tunggal Dara
Sejarah PO Tunggal Dara

Sejarah PO Tunggal Dara, Ada Hubungan Apa dengan Karoseri Revolution ?

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Inilah sejarah PO. Tunggal Dara Si merah yang melegenda, lalu apa hubungannya dengan karoseri Revolution ? Ternyata ini cerita selengkapnya.

Memiliki usaha Perusahaan Otobus nyatanya bukan suatu hal yang mudah lho, banyaknya persaingan antar PO, membuat PO Tunggal Dara memiliki poin plus yang menjadi keunggulannya.

Sejarah PO Tunggal Dara

Masih seru sekali membahas bus asal Wonogiri ya, kali ini kita akan berlanjut dengan membahas sejarah dan profil singkat PO Tunggal Dara.

Sebelum terlalu jauh, sudahkah Anda membaca sejarah dan profil PO Gajah Mungkur, kalau belum, ayo baca dulu ya disini ya Sejarah PO Gajah Mungkur, berawal dari PO Tunggal Dara? karena ini masih berhubungan lho 🙂

Hj. Tinem Darmo Sutarno, sebuah nama yang banyak dikenal karena memiliki usaha yang sukses dan juga menurunkan kesuksesan tersebut ke putra putrinya yakni sebagai berikut:

  • Mantan Sekda Pemda Wonogiri Drs Mulyadi MM – Widyawati artis Sinetron dan Pengelola Butik
  • Hj Mamik Sutarmi – Drs H Sumaryoto Anggota DPR-RI
  • Karmiyati wiraswasta 
  • Hj. Sri Sukatni – Drs H. Priyadi Hartoyo MM wiraswasta dan pengusaha
  • H Margono – Kristina

Meski kesuksesan orang tua bukan materi genetik yang dapat diturunkan langsung kepada anak, namun kerja keras orang tua mendidik dan mengajarkan agar anak dapat berhasil hidup sukses !

Berdiri di tahun 1978 merupakan masa-masa meningkatnya permintaan warga Wonogiri atas kebutuhan transportasi umum, mengingat adanya pembangunan Waduk Gajah Mungkur di tahun 1976-1981.

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Waduk Ikonik milik Wonogiri ini?

Get 10% Discount For All Item Merchandise Bismania

Ayo koleksi kaos bertemakan bus Indonesia dan dapatkan potongan harga sebesar 10% untuk semua pilihan barang hanya di JFAutowear, daftar jadi member sekarang juga 🙂

Meski banyaknya persaingan yang datang, namun PO Tunggal Dara salah satu yang masih eksis dan bertahan hingga sekarang. Berkembang hingga melayani bus Pariwisata pula.

Poin plus yang dimilik oleh PO yang bernaung dibawah PT Tunggal Dara Indonesia agar tidak goyah diterjang pemain baru adalah memanfaatkan secara maksimal karoseri pribadinya bernama Revolution.

Hal ini tentunya dapat membantu pihak managemen untuk menyusun dan merencanakan dengan matang tentang biaya dan waktu pembuatan bodi bus itu sendiri.

Meski memiliki karoseri sendiri, bukan berarti asal-asalan yang penting jadi, bukan. Yang dapat dipastikan punya daya saing yang baik dan kualitas unggul dan tidak kalah dengan Karoseri lainnya.

Bus Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara Evolution Karoseri Revolution (Pict by IG zavanesa_bus_photograph )

Hal ini juga dapat dibuktikan dengan penghargaan yang diterima oleh PT Tunggal Dara Indonesia yang diberikan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara 2015 silam.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan atas pengabdian seumur hidup atau disebut juga Lifetime Achievement.

Penghargaan Lifetime Achievement yang diberikan untuk pimpinan perusahaan AKAP, didasari oleh pertimbangan bahwa tokoh pengusaha angkutan umum tersebut telah teruji memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi untuk melayani masyarakat serta mengabdi kepada bangsa dan negara melalui pelayanan jasa angkutan umum yang selamat, aman dan nyaman sesuai Undang-Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Congratulation 🙂

Hj Tinem Darmo Sutarno yang juga pemilik 6 SPBU di Wonogiri ini tutup usia pada 28 Mei tahun 2012, merupakan sebuah kabar duka yang menyebar luas terdengar hingga Bupati Wonogiri dan Pemda Wonogiri.

Duka mendalam bagi almarhum, semoga amal ibadah baiknya diterima di sisi Allah.

Kini usaha PO tetap dilanjutkan oleh keluarganya, sukses terus PO Tunggal Dara 🙂

Armada Bus PO Tunggal Dara

Diawal kemunculannya tahun 1978 hingga tahun 80an, PO Tunggal Dara telah menjatuhkan pilihan dengan menggunakan chasis Mercedes-Benz series OF 1113, ada yang tau ini menggunakan model bodi dari karoseri mana?

Tulis dikolom komentar ya 🙂

bus klasik Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara 1978 hingga tahun 80an (Pict by IG busklasik)

Masih di pertengahan antara era 80-90an, PO Tunggal Dara berada di masa emasnya dengan tetap menggunakan mesin Mercedes Benz series OF 1113.

bus klasik Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara era 80-90an (Pict by IG busklasik)

Menambah armada dipertengahan tahun 90an, bermodel setra yang ikonik dengan spion tanduk keluaran karoseri Restu Ibu dengan model Montana (Setra) yang masih bermesin Mercedes Benz dengan OH Series.

Bus klasik Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara Klasik Montana Restu Ibu (Pict by IG busklasik)

Di tahun 90an, masih dengan chasis Mercy Prima (OH 1113) yang kemudian dibalut dengan bodi Patriot dari Karoseri Morodadi Prima.

Baca : Sejarah karoseri Morodadi Prima, karoseri Tertua di Malang

Bus klasik Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara Patriot Morodadi Prima (Pict by IG busklasik)

Tak hanya bodi Patriot, hadir pula dari Karoseri Morodadi Prima yakni bus dengan bodi model Banteng, ditambah dengan livery dan warna sederhana namun terlihat sangat apik.

Bus Tunggal Dara 90an Model Banteng Morodadi Prima (pict by IG busklasik)

Sepertinya menggunakan warna cerah mendatangkan hoki bagi bus bus Wonogiri ya, sebut saja PO Giri Indah, PO Sedya Mulya, PO GMS, hingga PO Raya yang kesemuanya memilih warna cerah untuk armadanya.

Tahun berganti memasuki tahun 2000an, PO yang memiliki kantor di Ngadirojo Kidul Wonogiri ini terus memperbarui armadanya dengan mendatangkan model Legacy dari Karoseri Ungaran Laksana.

Baca : Sejarah Karoseri Laksana dan 7 Rahasia Kesuksesan Karoseri Laksana.

Bus Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara Legacy SR1 Laksana (Pict by IG chandra.gupta46)
Bus Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara All New Legacy SR1 Laksana (Pict by IG yusufarizona_)

Namun tak lega rasanya jika belum punya bodi model Jetbus dari Karoseri Adiputro. Tunggal Dara pun punya 🙂

Baca : Sejarah Karoseri Adiputro dan Asal Mula Nama Jetbus

Ini lho alasan mengapa karoseri Adiputro menjadi karoseri yang unggul, simak disini yaa 6 Alasan Adiputro Karoseri Nomor Satu di Indonesia

Bus AKAP Jetbus
Bus Tunggal Dara Jetbus 2 HD Adiputro (Pict by IG bagas_fotography)
Bus Malam Wonogiri
Bus Tunggal Dara Jetbus 2 SHD (Pict by IG dpnhr_ )
Bus Tunggal Dara
Bus Tunggal Dara Jetbus 2 HDD Adiputro (Pict by IG mohammadriyadi_)

Rute bus Tunggal Dara

  • Rute AKAP : Cikarang, Cibitung, Bogor, Cibinong, Cileungsi, Mampang, Lebak Bulus, Ciledug, Tangerang, Balaraja, Kalideres dll dengan menghadirkan 3 kelas yang berbeda yakni Bisnis AC, Royal Class, dan Executive.
  • Rute AKDP : Wonogiri, Purwantoro, Solo

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat

Jl. Raya Ngadirojo, No. 23, Ngadirojo Kidul, Manggis, Ngadirojo Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57681
(0273) 323144

Untuk Anda yang hendak bepergian menggunakan bus Tunggal Dara, Anda dapat menghubungi salah satu nomor telepon agen bus terdekat di kota Anda. Berikut Nomor Telepon Agen Bus Tunggal Dara Lengkap.

Nah itu dia sejarah dan profil singkat milik PO Tunggal Dara, silakan menambahkan bagi teman semua, karena kami menerima kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di artikel selanjutnya.

Jangan lupa untuk share ya 🙂

Baca pula informasi menarik lainnya disini :

Cari Bus Pariwisata, Cek Market Place

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.