Desain Karoseri

Duel 6 Desain Karoseri Bus Indonesia, Siapa Layak jadi Juara ?

Diposting pada

Adu KEREN 6 Desain karoseri bus Indonesia, siapa yang layak jadi juaranya ? Lihat karya-karya desain bus dari karoseri ternama di Indonesia berikut ini.

Mercedes Benz Bus Indonesia mengadakan lomba antar karoseri bus dalam hal merancang konsep interior bus dan livery dengan sasis Mercedes Benz OF 917.

Beberapa karoseri ternama pun ikut dalam acara ini yang antara lain adalah :

  • Karoseri Adi Putro
  • Karoseri Tentrem
  • Karoseri Trisakti
  • Karoseri Laksana
  • Karoseri Morodadi Prima
  • Karoseri New Armada

Penentuan pemenang lomba adalah dari jumlah vote / Like pada postingan di akun Instagram @Mercedesbenzid.bus, namun Ayonaikbis.com juga ingin membuat Voting versi ANB sendiri.

Silakan Vote karoseri terbaik menurut Anda.

[socialpoll id=”2741203″]
Click to see more

Desain Karoseri Indonesia

Lomba desain karoseri ini dilakukan dari tanggal 12 hingga 17 April 2021 dan setiap karoseri mengirimkan desain livery dan interior bus dengan konsep-konsep hasil karya desainer & engineer mereka.

Karoseri Adi Putro

Karoseri Adi Putro mengiriman desain bus Big Benz dimana model bodi bus ini mengambil tema “Insiden Hotel Yamato”.

Big Benz adalah salah satu produk Adi Putro yang dilihat bentuknya seperti minibus namun dengan dimensi seperti medium bus (panjang 10 meter).

Nampak livery bergambar Hotel Yamato pada sisi kanan kiri yang merupakan sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo dalam aksi perobekan warna biru pada bendera Belanda yang berkibar di Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit).

Selain itu pada bagian roof / atap terlihat text proklamasi dan bendera merah putih sebagai simbol kemerdekaan yang dibacakan oleh presiden Ir. Soekarno.

Konsep Interior Big Benz ini mengusung konfigurasi seat 1-1-1 yang aman untuk perjalanan dikala pandemi Virus Corona selain itu juga sirkulasi udara dalam bus ini juga sudah dilengkapi dengan automatic handsanitizer, non contact thermometer, UV light, air purifier, dan juga sekat driver.

Desain Karoseri Adi Putro

Jika Anda ingin ikut berpartisipasi dan mendukung Adi Putro silakan vote pada postingan Instagaram dari Mercedes benz dibawah ini.

Karoseri Tentrem

Desain Karoseri Tentrem mengangkat tema “Batik Kawung” yang melambangkan 4 arah mata angin dan juga simbolkan kesederhanaan seorang raja yang mengutamakan kesejahteraan rakyatnya.

Dalam desain yang diikutsertakan nampak medium bus dengan warna yang adem dengan livery batik kawung dan juga dipadukan dengan warna hitam, maroon dan text 76 untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Senada dengan tema yang di usung pada bagian interior semua lapisan kulit jok juga menggunakan motif batik kawung dan juga sisi pada bagasi.

Untuk menunjang kesehatan selama perjalanan bus ini juga menggunakan konfigurasi seat 1-1-1 dan perpaduan warna etnik dan elegan.

Desain Karoseri Tentrem

Jika Anda menyukai desain dari karoseri Tentrem bisa ikut melakukan vote pada postingan Instagram dibawah ini:

Baju Bismania
Temukan berbagai macam kaos bus, kemeja, jaket dan lainnya bertemakan bus Indonesia hanya di JF Autowear, untuk memaksimalkan penampilan lebih KEREN dari sebelumnya.

Karoseri Trisakti

Desain bus karoseri Trisakti menggunakan basis Infinity medium diatas sasis Mercedes Benz OF 917 dengan tema “One Short Bus Ride Away” menggunakan dasar warna hitam.

Bagian eksterior bus terlihat menggunakan livery yang sederhana dengan garis-garis lurus dan merupakan konsep livery yang tak lekang oleh waktu “Long Life Times Design

Arti dari warna hitam memiliki makna Supel, Tangguh dan Elegan yang dipadukan dengan gambar tangan yang membawa bendera merah putih serta simbol logo Mercedes Benz.

Untuk bagin interior masih menggunakan konfigurasi seat 2-2 dengan total tempat duduk 26 penumpang, sehingga bus ini akan terasa lega dan nyaman.

Desain Karoseri Trisakti

Jika Anda ingin mendukung karoseri Trisakti silakan vote pada postingan ini;

Karoseri Laksana

Karoseri Laksana menghadirkan sebuah konsep bus medium diatas sasis Mercedes Benz OF 917 ini nampak berbeda dari produk sebelumnya.

Tema yang di usung karoseri Laksana adalah “Suites Combi” dimana bus ini merupakan kombinasi desain original anak bangsa yang menghadirkan suite Cabin dan Physical Distancing Seat.

Bus yang dinamai Suites Combi Bus ini menggunakan livery bangunan khas Semarang yang menjadi simbol sejarah Indonesia dan peta Indonesia pada bagian belakang bus serta disematkan tempat untuk membawa sepeda pada bagian depan.

Beberapa konsep interior yang disematkan pada bus ini antara lain adalah :

  • Biosmart AC inlet dengan 3 fase filter / penyaringan, agar udara lebih bersih.
  • Termometer dan hand sanitizer otomatis pada bagian pintu masuk bagian depan
  • 8 seat cabin yang memiliki kemiringan 150 derajat (sleeper) dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang.
  • 12 tempat duduk dibagian depan konfigurasi 1-1-1 dan tambahan sun roof dan sekat / partisi pengemudi.
  • Sistem sirkulasi yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga lebih aman dari virus dan bekteri yang didalamnya juga terdapat UV, HEPA Filter dan Filter Kabin.
  • Pelapisan nano silver disetiap permukaan dalam interior bus.

Desain Karoseri Laksana

Jika Anda suka dengan konsep desain bus Laksana ini silakan vote pada postingan ini:

Pesan tiket bus online makin mudah tanpa harus antri dan bebas calo, cek jadwal keberangkatan, harga tiket dan langsung dapat Anda pesan dari handphone Anda tanpa install aplikasi.

Beli Tiket Bus Online Murah

Karoseri Morodadi Prima

Karoseri Morodadi Prima ini mengusung tema “Discover the Amazing Heritage of Indonesia” dengan menggunakan medium bus New Patriot yang dibalut livery bendera Indonesia dan burung garuda sebagai simbol NKRI.

Untuk bagian interior menggunakan konfiguasi seat 1-1-1 (physical distancing) model Zig Zag dan dilengkapi juga dengan 3 titik lampu UV untuk membunuh virus dan bakteri.

Selain itu pada bagian depan juga dilengkapi dengan seat belt untuk Co-Driver sehingga lebih aman dan juga alat pengukur suhu di pintu masuk dekat dashboard.

Serta untuk meningkatkan keamanan ditambahkan dengan kamera mundur yang posisinya di bagian dashboard sebelah kanan agar pengemudi lebih sigap melihat spion dan kamera saat posisi mundur.

Tambahan sekat antar ruang pengemudi dan penumpang dengan lamisafe glass serta handsanitiser pada pintu sebelum masuk dalam bus.

Untuk jenis tempat duduknya pun ukurannya besar dan sudah dilengkapi dengan seat belt, AVOD + Entertiment, serta tempat untuk makanan sehingga penumpang dapat dengan nyaman ketika didalam bus.

Untuk sirkulasi udara juga dihisap dari bawah kemudian untuk udara segar yang bersih dihembuskan dari atas untuk kesehatan selama pandemi.

Desain Karoseri Morodadi Prima

Jika Anda suka dengan konsep desain bus dari Morodadi Prima silakan vote pada postingan ini:

Karoseri New Armada

Karoseri New Armada mengusung tema “Mangan Ora Mangan Sing Penting Kumpul” yang mewakili dari budaya masyarakat Indonesia yang suka berkumpul.

Namun dengan kondisi pandemi seperti ini tentu menghambat masyarakat untuk dapat berkumpul secara leluasa, oleh karena itu New Armada menghadirkan konsep bus yang aman dikala pandemi layaknya bus pribadi.

Livery bus ini yang dicoretkan pada bodi New Mageneto bernuansa merah putih dengan sentuhan batik sebagai peninggalan leluhur bangsa Indonesia.

Untuk interior bus ini dikonsep seperti motor home yang dilengkapi dengan sofa, kursi putar, meja lipat, ruang karaoke, buffet dan minibar sangat cocok untuk bus pariwisata untuk kelurga.

Desain Karoseri New Armada

Nah jika Anda suka dengan desain bus New Armada silakan vote dan berikan dukungan:

Itu tadi adalah beberapa konsep / desain bus dari karoseri ternama di Indonesia yang menyimbolkan keberagaman dan kebanggaan karya anak bangsa.

Dengan adanya lomba ini tentunya dapat mendorong setiap karoseri Indonesia menghasilkan karya-karya yang dapat dinikmati masyarakat serta dapat bersaing di pasar internasional.

Jika Anda suka dengan artikel ini silakan bagikan agar lebih banyak orang yang tahu bus-bus terbaik karya anak bangsa Indonesia.

Dan jika punya cerita menarik tentang perjalanan Anda silakan bagikan cerita Anda di Forum Bus Ayo Naik Bis.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

5/5 - (17 votes)