Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Nordmark adalah bus pertama Scania yang di buat pada 1 Januari 1911 yang lalu, banyak bus-bus berkelas dunia yang dapat kita nimati sekarang ini dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih didalamnya. Bahkan bus terbaru Scania yang sudah dilengkapi dengan teknologi transmisi otomatis opticruise berawal dari bus pertama scania ini yang memang masih sangat sederhana.

Awal mula cerita bus pertama dari Scania ini adalah ketika operator lokal Nordmarkens Automobiltrafik di bagian barat Swedia mengambil pengiriman bus pertama yang dibangun di negara ini. Bus ini dilengkapi dengan chassis penggerak dengan rantai yang dibangun oleh Scania di kota Malmö pada bagian mesin dan body bus dibuat oleh Vabis di Södertälje, bus  ini cocok untuk lalu lintas rute Amot-Arjang yang pada saat itu merupakan hutan dan jalan bersalju.

BACA JUGA :  Bus Terbaru Mtrans Legacy Sky SR 2 Double Glass

Perusahaan pembuat bus dan truk yang didirikan pada tahun 1891 di Malmö, Skåne, Swedia dan Scania bekantor pusat di Södertälje sejak tahun 1912.  Saat ini, Scania memiliki beberapa pabrik di Swedia, Perancis, Belanda, Argentina, Brasil, Polandia, dan Rusia. Logo Scania menampilkan seekor griffin, yang merupakan lambang dari provinsi Skåne.

Berikut ini adalah tampilan bus pertama Scania

Bus pertama Scania

Bus pertama Scania

Jika kita lihat bentuk bus pertama Scania masih sangat sederhana, dengan dilengkapi dua poros dan empat roda saja. Posisi mesin pun terletak didepan dengan kabin pengemudi pun masih terbuka jadi sekilas mirip delman dimana posisi driver terbuka tanpa pitu, dan kaca depan pun masih belum tertutup semua melainkan seperti jendela terbari menadi dua bagian atas dan bawah.

Jadi trend bus dengan kaca ganda sebenarnya sudah ada sejak jaman Scania dimana kaca depan bus terpisah menjadi dua komponen.

BACA JUGA :  Volvo B430R 8x2 Vs Mercedes Benz O500 RSDD 2741 8×2

Bentuk mesin diesel pun masih berbentuk box dengan bagian segitiga pada posisi atas, dan terlihat gagah kisi-kisi mesin bagian depan yang kanan kirinya terdapat lampu berbentuk lingkaran.

Jadi kabin penumpang dan driver terpisah, untuk akses masuk pengemudi dadi kanan kiri sedangkan penumpang naik kedalam bus melalui pindu belakang yang terdapat tangga untuk naiknya.

Terdapat empat potongan kaca kanan dan empat potongan kaca di kiri bus, dengan model roof atau atap yang masih sederhana.

Yang menarik dari bus ini adalah velg masih seperi model delman dan pada bagian roda belakang yang dilengkapi pengait yang terikat mengelilingi roda belakang yang tujuannya adalah untuk melalui jalan bersalju yang licin tetapi pengait ini dapat dilepas jika jalanan sudah tidak bersalju.

Bus pertama scania

Bus pertama scania 1911

Bus ini di lengkapi dengan klakson yang pada waktu sudah telolet juga tapi versi telolet manual seperti klakson penjual es atau jajanan anak-anak.

BACA JUGA :  Kaos Polo Scania K 410 IB

Dibawah tempat duduk driver dipergunakan sebagai bagasi, mungkin pada waktu itu untuk membawa perlengkapan selama perjalanan dan kebutuhn bus selama perjalanan.

Bentuk setir juga masih sederhana dengan dua tuas yang mungkin berfungsi sebagai pengaturan presneling pada sisi kanan dekat kursi pengemudi.

Nah itu tadi merupakan wijud dari bus pertama Scania yang menjadi cikal bakal kelahiran bus terbaru seperti Scania Touring, Scania Intelink dan chassis premium seperti Scania K360Ib dan Scania K410Ib.
Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa ikut serta gerakan Ayo Naik Bis.

Sumber : Scania

Comments

comments