Tanah Lot Bali

Tanah Lot Bali Cara Menikmati Sunset, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Diposting pada

Tanah Lot Bali menjadi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berwisata dipulau Dewata, selain sunset ada beberapa spot indah dan tiket masuknya.

Sebelumnya kami juga sudah membagikan informasi mengenai rekomendasi wisata edukasi di Bali dan beberapa tempat wisata di Seminyak Bali.

Wisata Tanah Lot Tabanan, Bali

Tanah Lot memiliki pura yang sangat terkenal hingga manca negara, karena memang lokasi pura ini berada diatas batu dengan jarak sekitar 300 meter dari garis pantai.

Namun tahukan Anda tentang Sejarah Tanah Lot yang indah untuk menikmati Sunset saat sore hari.

Sebelum mengetahui tentang objek wisata apa saja yang dapat Anda nikmati ada baiknya mengetahui Sejarah dan Mitos yang beredar dikalangan masyarakat Bali.

Sejarah Tanah Lot

Sejarah Tanah Lot berawal dari perjalanan seorang pendeta suci yang berasal dari kerajaan Majapahit di tanah Jawa.

Pendeta Suci tersebut bernama Dang Hyang Nirarta atau Dang Hyang Dwijendra, beliau menjadi tokoh dalam menyebarkan ajaran agama Hindu.

Menyebarkan agama Hindu bukan hanya di Bali saja namun Beliau penyebaran agama Hindu perjalanan beliau sampai ke pulau Lombok, di pulau tersebut beliau dikenal dengan gelar Tuan Semeru atau Guru Semeru.

Selama menjalani misi menyebarkan agama Hindu, Bendesa Beraban merasa iri dan ingin mengusir Danghyang Niratha dari tempat meditasinya.

Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Bendesa Beraban Sakti, menganut aliran monotheisme.

Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi diatas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan. 

Dengan berbagai cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya.

Akibat diusir, Danghyang Niratha sempat mengeluarkan kesaktiannya untuk memindahkan batu besar.

Menurut kepercayaan warga sekitar bahwa Pura Tanah Lot dipercaya tercipta dari kekuatan spiritual Danghyang Niratha yang memindahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai dan menjadi tempat meditas beliau.

Setelah batu berhasil dipindahkan, dibangunlah sebuah pura dan dijaga oleh penjaga pura yang tercipta dari seledang poleng milik Danghyang Niratha. Lalu selendang itu diubah menjadi seekor kuda laut yang biasa disebut lipi poleng (ular hitam-putih).

Tanah Lot berasal dari kata ‘tanah’ yang berarti daratan dan ‘lot’ yang berarti laut. Jika digabungkan, Tanah Lot adalah pulau kecil yang mengapung di tengah laut.

Nah itu tadi sedikit sejarah mengenai pura di Tanah Lot, Bali semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Wisata Tanah Lot Bali

Spot apa saja yang dapat Anda nikmati ketika berada ditempat wisata ini? Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika bekunjung kesana.

Karena Tanah Lot menjadi objek unggulan di Pulau Dewata Bali ini, maka secara fasilitas umum sudah sangat mumpuni antar lain ketersediaan:

  • Area parkir kendaraan yang luas dapat menampung mobil, motor hingga puluhan bus.
  • Fasilitas kamar mandi umum (Toilet)
  • Tempat berjualan makan dan minum
  • Toko penjual merchandise khas Bali
  • Restouran yang menjual berbagai macam makanan yang nikmat
  • Taman yang indah dan rapi
  • Hotel disekitaran Tanah Lot juga tersedia dan banyak dipesan untuk acara pernikahan dan berbagai macam pertunjukan seperti tari Kecak, sunset dinner dan lainnya.
Trip Bali
Ikuti Open Trip Ayo Naik Bis 2020 – 2021 : Daftar Open Trip Disini

Daya Tarik Utama

Foto Tanah Lot Bali

Spot Foto Instagramable

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Tanah Lot adalah pada sore hari, karena Anda dapat mengabadikan momen indah saat matahari tenggelam (Sunset).

Cahaya matahari berwarna jingga akan terlihat mempesona bersama siluet Pura di Tanah Lot untuk Anda abadikan sebagai koleksi foto di album Instagram Anda.

Tidak sedikit dari pengunjung menggunakna tempat ini untuk pemotretan Preweding dan momen-momen indah.

Pura

Keunikan lainnya adalah Pura yang berada diatas batu besar tersebut, karena selain unik pura ini juga memiliki sejarah yang tak ternilai harganya.

Lokasi Tanah Lot

Untuk mengunjungi Tanah Lot Anda tidak perlu repot-repot lagi karena akses menuju lokasi sudah sangat mudah.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil, atau menggunakan jasa rental mobil Bali atau berkunjung bersama rombongan dengan bus pariwisata.

Alamat pura berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 13 km ke arah barat kota Tabanan.

Dari bandara udara Ngurah Rai, menuju lokasi pura dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 20 menit.

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali & Tarif Parkir Kendaraan

Untuk dapat menikmati keindahan wisata alam dipesisir pantai ini maka Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk dan parkir.

Berikut ini adalah daftar harga tiket masuk beserta tarif parkir kendaraan untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !