Sejarah Bus Jawa Indah
Sejarah Bus Jawa Indah

Sempat Mewarnai Jawa – Bali, Begini Nasib PO Jawa Indah Sekarang

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Berjaya di era tahun 80an, PO Jawa Indah sempat merajai jalanan pantura Jawa – Bali, berjejer dengan beberapa PO lain, begini nasibnya sekarang, simak kisahnya berikut ini.

Awal mula PO Jawa Indah

Hai hai, bagaimana kabarnya dulur? Sudah ada rencana akhir tahun akan melakukan perjalanan ke daerah mana dan menggunakan bus apa? Share di kolom komentar ya 🙂

Kali ini masih membicarakan salah satu anggota tim PP Patas Jatim, yang datang dari salah satu pemain Surabaya Semarang via Tuban, PO Jawa Indah.

Perusahaan asal Surabaya ini mengawali bisnisnya dengan merilis armada bus berwarna hijau tua bertuliskan putih dengan armada kebanyakan Mercedes Benz.

Memasuki tahun 80an warna livery berganti menjadi putih bergaris hijau berbodi ala pesawat terbang. Nampaknya livery tersebut sangat digandrungi kala itu karena membawa kesan Classy dan juga Elegant.

Tak hanya PO Jawa Indah, disebut ada nama lain yang menggunakan livery simple datang dari Damri, PO Jaya Utama, hingga PO Rajawali.

Semua armada bus malam milik PO Jawa Indah dilengkapi dengan pendingin udara, berchassis Mercedes Benz dengan series OF 1113, MB OH 1113 dan Mitsubishi BM 115.

Kala itu bus setiap hari berseliweran melewati jalur utama Bandung Jakarta Semarang Surabaya Malang Banyuwangi Denpasar Solo Jogja hingga Magelang.

Kabarnya sempat melayani rute Jember – Madura, namun harus mundur karena persaingan nama besar AKAS yang kala itu juga membuka rute yang sama. CMIIW 🙂

Baca : Sejarah PO AKAS Raja Jawa Timuran

Kala itu masuk kedalam jajaran bus mewah dan bersaing dengan beberapa PO terkemuka yang telah tampil sebelumnya mewarnai “jalur gemuk” di jalur Pantura Jawa hingga Bali.

Tak hanya eksis di jalur Pantura saja, dalam dekade tahun 70-80an melalui jalur tengah yakni Magelang Jogja Solo Madiun Surabaya Malang juga sempat diwarnai oleh PO yang memiliki kantor pusat di Surabaya ini.

Memiliki jam pemberangkatan di sore hari merupakan salah satu strategi yang tetap diterapkan hingga kini, karena mencari penumpang akan sangat mudah.

Saat itu PO Jawa Indah harus bersaing dengan beberapa nama PO yakni Adi Jaya, Jayaguna, Agung Express, Malang Indah, Adam, Kembang Express, Muncul, Pemudi, dan OBL Express.

Peristiwa Kelam 1987

Ditengah tengah masa kejayaannya, salah satu bus Jawa Indah dengan rute Kalianget – Banyuwangi terbakar di jalan raya tol Dupak Surabaya, 41 penumpang meninggal dunia dan 11 orang terluka.

Tragedi ini sangat membekas bagi pihak keluarga maupun bagi masyarakat, namun musibah apapun itu, selalu pasrahkan kepada Tuhan dan selalu ambil hikmah dalam seriap peristiwa yang terjadi.

PO Jawa Indah Kini

Lama tak terdengar, karena banyaknya pesaing yang membuka jalur yang sama dan juga membawa armada yang tak kalah baru dan apik, membuat bus Jawa Indah mulai meredup.

Sempat melayani bus reguler, Pariwisata dan juga ekspedisi pengiriman barang melalui Jawa Indah Transport.

Kini, beberapa trayek bus Jawa Indah telah diakusisi oleh PO Bismillah, namun untuk layanan ekspedisi justru berkembang pesat hingga berhasil menembus Jawa Bali dan Lombok.

Dengan armada truck sebagai berikut :

  • 60 Unit Truck Built Up Jumbo Dengan Kapasitas Muatan 16 Ton/40m3
  • 40 Unit Truck Local Tronton Dengan Kapasitas Muatan 12 Ton/28m3
  • 15 Unit Truck Engkel Panjang / Engo Dengan Kapasitas 12 Ton/40m3
  • 10 Unit Truck Enkel Fuso Dengan Kapasitas Muatan 6 Ton/24m3
  • 8 Unit Big Mama / Trailer Dengan Kapasitas Muatan 35 Ton/80m3

Banyak yang membahas, apakah bus Jawa Indah rute Manado – Palu sama dengan PO Jawa Indah yang kita bahas ini?

Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa, memang benar di rute terebut ada bus Jawa Indah, namun tidak ada hubungan dengan PO Jawa Indah yang tengah kita bahas ini. Hanya memiliki nama yang sama saja ya kawan.

Jika diantara sobat yang mengetahui informasi lebih detail, silakan share di kolom komentar ya 🙂

Berbagi ilmu akan menambah wawasanmu 🙂

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Ayo segera koleksi kaos bertemakan bus Indonesia dan dapatkan potongan diskon 10% hanya dengan mendaftar menjadi member JFAutowear. Tampil keren JFAutowear 🙂

Armada Bus

Diawal kemunculannya, ditahun 70-80an, menghadirkan bus dengan mesin Mercedes Benz OH1113 generasi I (OM352A) bodi MBM edisi khusus.

Memiliki detail 3 lampu kotak, polos tanpa grill, keunikan lain ternyata kaca depan bagian atas sambungan. Bodi seperti ini juga pernah dimiliki oleh PO Dwi Jaya.

Bus jadul Jawa Indah
Bus Jawa Indah (Pict by busklasik)

Selain itu, juga menghadirkan mesin Mercedes Benz dengan series O306 berbodi New Patriot dari karoseri Morodadi Prima.

Bus klasik Jawa Indah
Bus Jawa Indah (Pict by IG busklasik)

Masih dari karoseri Morodadi Prima namun kali ini menggunakan bodi Tourismo dan menggunakan mesin Mercedes Benz series OH.

Bus Jawa Indah
Bus Jawa Indah (Pict by IG busklasik)

Tak hanya dari Morodadi Prima, PO Jawa Indah juga pernah menghadirkan salah satu model Concerto dari karoseri Rahayu Santosa yang kini armadanya telah diakusisi oleh PO Bismillah.

Baca : Profil Karoseri Rahayu Santosa

Bus Jawa Indah
Eks Bus Jawa Indah (Pict by IG newturachman)

Tetap konsisten untuk membawa kesan classy dan elegant di era tahun 2000an, dengan tetap berwarna dasar putih dengan merubah livery berwarna biru, orange, dan hijau seperti selendang serta gambar burung.

PO Jawa Indah mendatangkan bus dari karoseri unggul Adiputro, mulai dari Old setra, Old Travego, Royal Travego hingga Jetbus HD.

Bus Jawa Indah dengan model bodi Old Setra Adiputro bermesin Mercedes Benz OH 1521.

Bus Setra Adiputro
Bus Jawa Indah (Pict by IG riezkiaj_ )

Masih didukung oleh mesin Mercedes Benz OH-1521 Intercooler kali ini mengusung bodi Old Travego dari Karoseri Adiputro.

Baca : Sejarah berdirinya karoseri Adiputro, Malang

Bus Jawa Indah
Bus Jawa Indah (Pict by IG punya_qiqin)

Dengan tetap menggunakan Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler, kali ini memilih bodi Royal Travego dari Karoseri Morodadi Prima.

Baca : Sejarah Karoseri Morodadi Prima, karoseri tertua di Malang

Bus AKAP
Bus Jawa Indah (Pict by IG afif_fadlirs)
Bus Surabaya Jetbus
Bus Jawa Indah Jetbus Adiputro (Pict by IG eltorro_erik_torres)

Alamat dan Kantor Pusat Jawa Indah

Jl. Tanjung Sari No.42, Asem Rowo, Kec. Asemrowo, Kota SBY, Jawa Timur 60281
Telepon: (031) 7492429

Nah itu dia, sejarah dan profil bus Jawa Indah, jika sobat memiliki informasi lebih detail dan akurat, silakan tuangkan dalam kolom komentar ya.

Kami juga menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya, Terimakasih dulur 🙂

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Cari Bus Pariwisata Terpercaya ? Kunjungi Market Place

Baca pula informasi menarik lainnya disini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.