Sejarah PO Rasa Sayang Bima
Sejarah PO Rasa Sayang Bima

Sejarah PO Rasa Sayang, Melayani 3 Pulau Jakarta – Bima

Diposting pada

Sejarah dan profil singkat milik PO Rasa Sayang yang melayani rute 3 Pulau, Jakarta – Bima, ternyata perjalanannya begitu panjang.

Halo bagaimana kabarnya bus friends? kini kita kan sedikit berbagai mengenai bus dengan nama yang romatis, namun bukan Bucin ya 😀

Ya ini dia Profil singkat PO. Rasa Sayang Jakarta – Bima , mungkin bagi pembaca sekalian ada kenangan bersama Dia.. Ehh..

Awal Berdirinya PO Rasa Sayang

Baik kali ini kita akan bercerita tentang Profil singkat salah satu operator bus asal Bima Nusa Tenggara Barat yang memiliki nama yang sangat unik, PO Rasa Sayang.

waduh, apakah teman sudah mendapat rasa sayang hari ini ? 😀

Berdiri sejak tahun 1992, terhitung bukan waktu sebentar telah hadir mengaspal mewarnai bisnis moda transportasi darat, ditangan Bapak Arief Wijaya, bertahan hingga kini.

Resep bus ini mampu bertahan hingga sekarang adalah rasa sayang itu sendiri, mengapa begitu?

Ya karena operator ini merupakan salah satu operator bus yang memerhatikan perilaku masyarakat di daerah yang dilayaninya.

Masyarakat Bima lebih menyukai bus yang tidak ngebut, bahkan harus ada rasa kenyamanan dan terpenting adalah keselamatan meski tiba ditujuan dengan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu dengan hasil meninjau perilaku penumpang di lapangan inilah menjadi kunci untuk tetap eksis dengan tidak ngebut dan membuat nyaman.

filosofis sekali ya rasa sayang ini, sudah jangan baper yaaa 🙂

Sama halnya JF Autowear yang menunjukan rasa sayang bagi penggemar bus dan bagi traveller sejati yang ingin tampil lebih percaya diri dan nyaman.

Hal ini ditunjukan dengan mengahadirkan banyak sekalia pakaian mulai dari kaos, kemeja, polo dan jaket bertemakan bus Indonesia.

Selain memiliki desain keren namun memiliki tujuan untuk mengkampanyekan gerakan Ayo Naik Bis.

Nah khusus pembaca yang mengetahui informasi ini ada penawaran menarik untuk mendapatkan DISKON hingga 10% semua produk dengan bergabung menjadi member.

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Tampil keren dengan kaos bertemakan bis Indonesia dan dapatkan potongan diskon 10% khusus member. Yuk gabung member JF Autowear sekarang juga dan nikmati keuntungan lainnya 🙂

Kembali ke PO Rasa Sayang ini, ternyata operator yang eksis melayani transportasi darat ini harus menempuh 3 pulau yaitu Jawa Bali dan Nusa Tenggara.

Tak hanya mengutamakan soal kenyamanan dan keselamatan saja, strategi menggaet penumpang dengan mengandalkan staf-staf pemasaran asal Bima pun dilakukan.

Penyedia jasa yang dapat berbahasa daerah dapat dengan mudah berkomunikasi dengan para pelanggan, pelangganpun mengaku senang karena mudah mengerti dan memahami apa yang mereka sampaikan dalam bahasa daerah.

FYI : Nggahi Mbojo adalah sebuah bahasa Austronesia (Bahasa kepulauan) yang dipertuturkan oleh suku Bima di Pulau Sumbawa bagian timur, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya daerah Bima, bahasa ini juga digunakan di daerah Dompu dan sebagian wilayah di Manggarai NTT.

Hal itu secara langsung dapat membangun kepercayaan diantara penumpang dan operator bus. wahhh menarik sekali ya kawan 🙂

Tak hanya itu, banyak peraturan yang diberikan oleh managemen kepada kru bus agar lebih memperhatikan tugasnya selama dalam perjalanan.

Yakni ada larangan menaik turunkan penumpang di luar agen, pengemudi tidak boleh berjudi dan minum alkohol serta memperhatikan kenyamanan penumpang selama di perjalanan. 

Berbekal dengan strategi yang apik yang dijalankan dengan sepenuh hati, PO Rasa Sayang bertahan hingga kini lebih banyak menggunakan body dari Karoseri Rahayu Santosa.

Kembali lagi ke poin tidak kebut-kebutan juga secara tidak langsung dapat memperpanjang usia mesin, terlihat dari bus yang ada di garasi Jakarta telah berusia 10-15 tahun.

Armada Bus Rasa Sayang

Karena sudah eksis dari jaman dulu maka banyak armada bus yang dibuat dari beberapa karoseri ternama pada jamannya.

Foto bus kenangan di tahun 90an, dengan bermesin Mercedes Benz Rear engine jebolan karoseri Imer Body.

Imer Body yg berlokasi di Waru-Sidoarjo, meski tak setenar karoseri besar lain di Jatim, namun populasi body buatan Imer cukup banyak ditemukan di beberapa PO utamanya di Jatim.

Beberapa PO yang menggunakan karoseri Imer Body antara lain PO Mira, PO Jaya Utama, PO Akas grup, PO Jawa Indah, dan PO Ladju.

Keluaran produk body terakhir karoseri ini di tahun 1998 berbarengan dengan ditutupnya divisi Imer Body oleh kelompok usaha PT. Unimas Group.

Bus rasa sayang karoseri Malindo
Bus Rasa Sayang Karoseri Malindo (pict Busnesia)

Kemudian terdapat juga bus buatan karoseri Malindo yang dulu sangat eksis dan menjadi rival berat karoseri Morodadi Prima.

Meskipun untuk saat ini karoseri Malindo sudah tidak terdengar suaranya dan mulai tersapu karoseri Malang lainnya seperti Tentrem dan Adiputro.

Baca Sejarah karoseri:

Untuk saat ini armada Po Asal Bima ini banyak dijumpai dengan balutan bodi karoseri Rahayu Santosa dengan dukungan mesin Mercedes Benz OH 1521, Hino RK8.

Salah satu bodi yang dipakai adalah model Euroliner versi pertama yang sekilas masih bergaya bus Eropa kala itu sedang booming model dari Daimler.

Dan masih banyak unit bus PO asal Bima ini yang menggunakan bodi jahitan karoseri Bogor ini antara lain, Euroliner, Evo C, Ecoline dan Celcius.

Baca : Rahayu Santosa Berjaya Namun Akhirnya Mati

Bus Rasa Sayang Euroliner
Bus Rasa Sayang Euroliner Rahayu Santosa (Pict by FB Setra)
Bus Evo C Rahayu Santosa
Bus Rasa Sayang Evo C Rahayu Santosa (Pict by IG nanda_r260)
Bus Ecoliner RS
Bus Rasa Sayang Ecoline Rahayu Santosa (Pict by IG piskan_rifai_instiawan)
bus Celcius Rahayu Santosa
Bus Rasa Sayang Celcius Rahayu Santosa (Pict by IG hisyam_2542)

Rute Bus

PO yang memiliki kantor di Jl. Sultan Salahuddin, RT / RW 20 06 Bima, ini memang terkenal dengan rute jauhnya, dari Jakarta hingga Bima, dengan tarif Rp 750.000 – Rp 800.000.

Rute dari Jakarta meuju Bima melalui kota Surabaya – Denpasar – Mataram.

Fasilitas Bus

Sepanjang Jakarta – Bima ini dapat memakan waktu tempuh kurang lebih 60 jam dengan 5 kali servis makan, adakah diantara dulur yang sudah mencobanya?

Ditambah dengan jarak antar kursi yang cukup lebar, disediakan ruang merokok hingga karaoke, menjadi poin plus. Selain itu kursi bus dapat diturunkan sandarannya untuk kenyamanan saat tidur.

Bus dengan kapasitas 32 penumpang dan tiga kursi tambahan di bagian ruang merokok hal ini tentu memberikan kenyaman ekstra kepada penumpang.

Alamat dan Nomor Telepon Kantor PO Rasa Sayang

Bima : Jl. Sultan Salahuddin, RT / RW 20 06 Bima, 84111, Nusa Tenggara Barat
Telepon : 0374 42160

Surabaya : Jl. Semut Baru No.23, Bongkaran, Pabean Cantian, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161
Telepon : (031) 3528732

Nah itu dia sejarah dan profil singkat milik PO Rasa Sayang, jika Anda memiliki informasi lebih banyak dan akurat silakan tulis di kolom komentar ya.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan artikel selanjutnya. Terima kasih.

Tambah wawasan Anda dengan informasi lain disini :

Cari Bus Pariwisata Murah Ke Market Place ANB

Jika Anda mencari Informasi bus pariwisata dan rental mobil terpercaya dengan harga murah sesuai kebutuhan Anda silakan temukan di market place Ayo Naik Bis.

Gambar Gravatar
Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.