PErjalanan Bersama Anak Naik Bus

7 Tips Perjalanan Membawa Anak Saat Bepergian Naik Bus

Inilah tips perjalanan membawa anak balita saat bepergian naik bus agar aman dan juga nyaman bagi si kecil ketika Anda berpetualangan naik bus Indonesia.

Bepergian dengan anak-anak bisa menjadi pengalaman yang menggembirakan, tetapi juga menantang. Terutama saat Anda memilih naik bus sebagai sarana transportasi. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk memastikan perjalanan Anda bersama si kecil berjalan lancar:

Tips Perjalanan Membawa Anak Saat Naik Bus

Meskipun bus di Indonesia sudah cukup baik dari segi fasilitas dan juga kenyamanan namun Anda tetap harus memahami beberapa hal yang penting ketika melakukan perjalanan bersama anak.

Hal ini dikarenakan anak balita umumnya mudah bosan dan akan rewel saat dibawa di dalam bus ketika perjalanan cukup lama, nah berikut bisa Anda coba ketika persiapan perjalanan menggunakan alat transportasi darat khususnya bus.

Pilih Waktu yang Tepat

Pilih jadwal bus yang sesuai dengan rutinitas anak dan hindari jam-jam sibuk atau terlalu larut malam. Pastikan anak sudah makan dan istirahat sebelum berangkat.

Dan untuk menemukan jadwal serta jam-jam keberangkatan bus Anda bisa melihatnya pada halaman tiket bus dan pilihlah jadwal bus yang paling cocok dan juga kelas bus yang memberikan beberapa fasilitas penunjang khususnya hiburan.

Persiapan Sebelum Berangkat

Persiapan yang matang tentu adalah hal pertama yang Anda perlu siapkan misalnya membawa bekal ringan seperti buah-buahan, biskuit, atau minuman. Siapkan juga mainan atau buku kesukaan anak untuk menghibur mereka selama perjalanan.

Resiko membawa balita yang aktif adalah tingkat kebosanan dengan anak ketika harus berdiam diri ditempat duduk berjam-jam maka siapkan juga media hiburan misalnya game edukasi kepada anak selama perjalanan agar mereka senang dna tidak bosan.

Naik Bus Bersama Anak

Jika Anda membutuhkan ide game anak yang menyenangkan bisa ditemukan di website culinaryschools.org yang menyediakan beberapa pilihan permainan untuk anak yang aman sambil belajar.

Kenali Rute dan Tujuan

Jelaskan pada anak tentang tujuan perjalanan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.Ajak mereka melihat peta dan berbicara tentang tempat-tempat yang akan dilewati.

Ceritakan juga beberapa hal yang menarik dengan rute yang akan dilalui sehingga anak memiliki rasa penasaran dan antusias melihat pemandangan dari rute yang akan dilalui.

Baca Juga : Tips Sewa Bus yang AMAN dari Penipuan

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pastikan anak mengenakan pakaian yang cocok untuk cuaca dan perjalanan panjang. Bawa jaket atau selimut jika diperlukan, karena saat perjalanan dengan bus terkadang saat malam hari suhu dalam bus akan menjadi sangat dingin.

Oleh karena itu persiapkan jaket atau selimut kesayangan anak Anda sebagai tambahan ketika suhu ruang dalam bus menjadi snagat dingin.

Keamanan di Dalam Bus

Ajari anak untuk selalu duduk di kursi dan memakai sabuk pengaman, jangan biarkan mereka berdiri atau bermain di lorong bus karena bus bisa saja mengerem mendadak yang berakibat fatal pada keselamatan.

Berikanlah beberapa permainan atau bacakan cerita serta menonton video yang membuat mereka betah untuk tetap di tempat duduk hingga perjalanan sampai.

Bawa Perlengkapan Darurat

Perlengkapan darurat ini juga sangat penting karena tidak semua operator bus menyediakannya, oleh karena itu Anda juga bisa membawa tisu basah, obat-obatan, dan plastik untuk sampah.

Jika anak masih menggunakan popok, pastikan Anda membawa persediaan yang cukup dan jika anak Anda sudah berumur 5-10 tahun Anda juga perlu menyiapkan baju pengganti yang mudah diambil ketika baju anak kotor karena minuman atau makanan.

Berinteraksi dengan Anak

Gunakan perjalanan ini sebagai kesempatan untuk berbicara dengan anak. Ceritakan tentang tempat-tempat yang dilewati.

Mainkan permainan sederhana yang bisa dilihat di https://www.culinaryschools.org/kids-games/ pilih beberapa kategori game yang menyenangkan untuk dimainkan bersama anak Anda.

Sebagai contoh berikut ada beberapa permainan sederhana untuk anak yang bisa Anda coba mainkan bersama anak Anda.

Idle Farming Business

Game Idle Farming Business

Idle farming Business akan memberikan permainan menyenangkan tentang bercocok tanam dipertanian, permainan ini cukup mudah dimainkan untuk anak-anak karena gameplaynya pun sederhana.

Cara memainkannya dimulai dengan memanen kentang, wortel, tomat dan lainnya yang akan menghasilkan uang yang nantinya digunakan untuk melakukan upgrade level tanaman yang lebih tinggi.

Upgrade level tanaman semain tinggi maka pendapatan juga makin banyak, dan selain itu jangan lupa juga mengaktifkan awan hujan dan juga matahari untuk mempercepat kecepatan panen selama beberapa menit.

Electric Car Test Drive

Pilihan permainan anak lainnya adalah Electric Car Test Drive, game ini lebih sederhana, karena anak akan diminta menjalankan mobil listrik dan mengambil beberapa gas carbon dioksida dalam waktu 30 detik saja.

Jalankan mobil listrik mengelilingi jalanan yang penuh dengan polusi dan pastikan dapatkan poin sebanyak mungkin dengan mengambil CO2.

Melalui game ini Anda bisa sekaligus memberikan wawasan dan edukasi mengenai lingkungan dan polusi sehingga anak-anak juga bisa sambil belajar tentan pentingnya memilih kendaraan listrik yang bebas polusi.

Anda tidak perlu mendownload semua permainan diatas, karena untuk memainkannya beberapa game ini cukup dari browser sehingga tidak menghabiskan ruang penyimpanan handphone Anda.

Nah itulah tips agar perjalanan Anda bersama putra putri lebih nyaman dan aman serta tidak membosankan.


Contoh-contoh di atas dapat membantu Anda memahami bagaimana menerapkan tips ini dalam situasi nyata. Ingatlah bahwa perjalanan dengan anak adalah tentang bersenang-senang dan menciptakan kenangan indah bersama. Semoga perjalanan Anda berikutnya menyenangkan! ๐ŸšŒ๐Ÿ‘จโ€๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿ‘งโ€๐Ÿ‘ฆ

Baca Juga :

Deprecated: file_exists(): Passing null to parameter #1 ($filename) of type string is deprecated in /home/ayonaikbis/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1622

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.