Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Volvo I-shift merupakan teknologi terbaru dari perusahaan asal Swedia yang merupakan produsen kendaraan yang juga memproduksi bus dan truk terkenal diseluruh dunia.

Jika Scania memiliki transmisi Opticruise mungkin I-shift dari Volvo ini perlu menjadi salah satu pilihan bagi pengusaha bus atau truk karena Volvo pastinya menawarkan beberapa keuntungan yang tidak kalah dengan pesaingnya. Lalu apa aja keunggulan dari I-shif dari Volvo ini ?

Volvo I-shift

Volvo I-shift

Volvo I-Shift

Volvo I-Shift Trnsmission

Volvo I – shift adalah transmisi manual otomatis yang dikembangkan oleh Volvo anak perusahaan dari Volvo Powertrain AB untuk Volvo Truk dan Volvo Bus,  I shift memiliki 12 gigi maju dan 4 gigi mundur. Dan teknologi ini tersedia untuk truk keluaran tahun 2001 dan bus tahun 2004 keatas.

Volvo I-Shift adalah semuah teknologi pada transmisi pada gearbox manual 12 percepatan dengan sistem perpindahan giginya yang di atur secara otomatis.

Volvo I-Shift dirancang untuk bus pariwisata, bus antarkota, regional dan pastinya I-shift menawarkan pengalaman berbeda dalam mengemudi yang tinggi, kenyamanan selama berkendara dan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Selain itu sistem Volvo I-Shift juga sedang dikembangkan untuk bus hybrid Volvo, luar biasa bukan ? 😀

BACA JUGA :  Kelebihan Dan Kekurangan Sleeper Bus

Volvo I-Shift

Volvo I-Shift

Tuas persneling I-shift diintegrasikan dekat kursi pengemudi dan perpindahan gigi sepenuhnya otomatis. Selain itu untuk pemilihan gigi awal akan dipilih secara otomatis sesuai dengan gradien jalan dan beban kendaraan.

Volvo I-Shift tersedia dengan beberapa pilihan seperti program untuk pergantian gear yang berbeda-beda, termasuk fungsi yang memungkinkan banyak variasi pilihan.

Secara teknis I-Shift adalah gearbox manual yang dilengkapi unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan sistem pneumatik yang mengendalikan kopling dan shift.

BACA JUGA :  Iveco Magelys Dinobatkan Sebagai Coach Of The Year 2016

I – Shift akan menerima informasi berkelanjutan tentang kecepatan kendaraan, akselerasi, berat beban, medan jalan, kebutuhan torsi, dan sekaligus memonitornya, selain itu I- shift dapat menyesuaikan revs dan efek engine brake.

Volvo I-Shift

Garstick Volvo I-Shift

I-Shift tidak memiliki pedal kopling, hal inilah yang menjadi keuntungan pengemudi sehingga cukup fokus pada pedal gas dan rem saja. Hal ini dikontrol baik oleh gearstick yang dipasang dekat kursi pengemudi atau dengan tombol di dashboard seperti standart gearbox otomatis.

Dengan gearstick, pengemudi dapat menggunakan tombol untuk memilih gigi manual, meskipun fitur ini ditiadakan pada beberapa kendaraan (Garstick tanpa tombol).

Volvo I-Shift

Volvo I-Shift Display

Versi yang berbeda dari I-Shift diberi nama AT (Automatic Transmission) atau ATO, dimana O adalah singkatan overdrive. Versi standar memiliki rasio gigi dari 1: 1, sedangkan overdrive memiliki rasio 0,78: 1, cocok untuk digunakan untuk jarak jauh. Angka-angka torsi maksimum  ditampilkan pada Newton meter, dan juga tampilan angka 12 untuk jumlah gigi.

Bagian terakhir dari nama tersebut adalah huruf yang menunjukkan generasi, huruf C untuk Euro III dan IV, D untuk Euro V dan EEV, kemudian E dan F untuk versi Euro VI.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga SCANIA K410IB

Berikut ini keuntungan Volvo I-Shift :

  • Menghemat bahan bakar
  • Tidak perlu pedal kopling
  • Perpindahan gigi yang cepat lebih halus dan mesin lebih awet
  • Mengurangi kebisingan dan getaran
  • Memperpanjang umur part transmisi
  • Mengurangi biaya perawatan

Nah dari keunggulan inilah kenapa volvo juga merupakan perusahaan bus produsen bus dan truk yang layak untuk menjadi pilihan dan siap bersaing dengan rival satu negaranya Scania Opticruise.

Selain itu pastinya memberikan keuntungan lebih kepada operator bus jika menggunakan bus yang sudah dilengkapi dengan i-shift.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa ikut serta gerakan Ayo Naik Bis.

Sumber : Volvo

Comments

comments