Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Perkembangan bus Indonesia sangat pesat hampir tiap tahun selalu muncul model bus terbaru. Dan saat ini demam model bus Indonesia double glass atau kaca ganda sedang menjamur, terbukti banyak sekali karoseri di Indonesia berlomba-lomba menunjukan desain bus double glass versi mereka.

Berikut ini kami akan mencoba merangkum beberapa model bus buatan karoseri Indonesia dengan gaya terbaru mereka yaitu model double glass atau kaca ganda.

BACA JUGA :  Livery Bus Evolander SHD

Maxi Miracle Nusantara Gemilang

Bus Indonesia

Maxi Miracle Nusantara Gemilang

Maxi Miracle mungkin awal mula trend bus double glass dimulai di Indonesia, dimana pertama kalinya bus menggunakan kaca ganda dari karoseri Nusantara Gemilang ini hadir dengan tampilan yang menawan karena pada saat itu banyak bus buatan karoseri lain masih menggunakan single glass.

Maxi Miracle merupakan produk dari Nusantara Gemilang (Nusgem) yaitu karoseri konsorsium dari PO Nusantara dengan perusahaan Gemilang dari Malaysia.

Berawal dengan bus berwarna biru yang menggunakan Chassis MAN R37, Maxi Miracle sempat dipamerkan di Surabaya.

Saat ini banyak bus Transjakarta menggunakan model ini selain itu PO seperti Marissa Holiday dan Nusantara juga menggunakan model ini karena memang model ini memiliki gaya seperti model Neoplan.

BACA JUGA :  Molina Bus Listrik Universitas Indonesia

Jetbus SHD Karoseri Adi Putro

Bus Indonesia

Jetbus SHD Karoseri Adi Putro

Adi Putro merupakan pioner dalam hal membuat trend double glass di Indonesia, hal di buktikan sejak peluncuran pertama Jetbus 2 SHD (Super High Deck) bersama dengan Jetbus SDD (Super Double Decker) di ajang pameran GAIKINDO tahun 2015 banyak Perusahaan Otobus yang rela mengantri untuk memiliki model Jetbus SHD dan Jetbus SDD.

BACA JUGA :  Bus Terbaru Zeppelin G3 Karoseri Gunung Mas

Sebagai contoh adalah PO Sempati Star yang memiliki kedua model bus terbaru Adi Putro. Selain Sempati Star, Perusahaan Otobus dijawa yang lumayan banyak memiliki model Jetbus SHD adalah PO Subur Jaya yang banyak menghiasi jalanan Indonesia.

Adi Putro percaya diri melenggang dengan model bus mereka, meski jika kita tarik kebelakang dan perhatikan model bus Adi Putro merupakan hasil copy dari produk Daimler, Mercede Benz yaitu Travego dan Setra.

BACA JUGA :  City Pilot Bus Terbaru Mercedes Benz

Tentunya model ini tidak 100% diduplikat melainkan mendapat polesan desain yang disesuaikan dengan trend bus Indonesia.

Bagian yang paling sering di poles adalah cowl depan dan cowl belakang, tentunya pada perubahan lampu dan bamper.

Dengan polesan ini saja Adi Putro mampu menjadi perusahaan karoseri terpopuler di Indonesia meski ada perusahaan karoseri lain yang sedang menyusul popularitas Adi Putro.

Bus Indonesia

Jetbus SDD dan Jetbus SHD Gaikindo 2015

Tapi berbekal pada kualitas yang baik sehingga banyak Perusahaan Otobus yang percaya pada kualitas Adi Putro yang tidak perlu di ragukan lagi.

Adi Putro akan terus melesat menjadi yang terbaik di Indonesia meski pun secara model mereka selalu bermain aman.

Bukti lain keberhasilan Adi Putro dalam membuat trend bus double glass adalah dengan banyak perusahaan karoseri lain yang membuat bus yang dibuat menyerupai Jetbus SHD versi Adi Putro.

Tidak cukup dengan model bus besar, bus engkel SHD ala karoseri Agustus pun juga di buat dengan model ala Adi Putro demi mengejar trend dan brand karoseri asal malang ini yang cukup kuat di Indonesia.

BACA JUGA :  Interlink Bus Terbaru SCANIA

Jetbus SDD Karoseri Adi Putro

Bus Indonesia

Jetbus SDD karoseri Adi Putro

Sama halnya Jetbus SHD, model Jetbus SDD juga menggunakan kaca ganda pada bagian depan karena memang untuk model ini di peruntukan untuk bus tingkat.

Model Jetbus SDD (super double decker) ini sudah banyak digunakan beberapa Perusahaan Otobus seperti Po Sempati Star, PO Efisiensi, PO Putera Mulya dan menyusul PO Lorena yang kabarnya juga memesan 10 unit untuk model Jetbus SDD.

Dari berbagai macam penggemar bus banyak yang menilai model bus double glass buatan karoseri Adi Putro sangat keren tapi ada pula yang mengkritik sekat pemisah antara dua kaca yang terlalu besar sehingga menghalangi pandangan penumpang.

BACA JUGA :  Mengenal Kode Bus SCANIA Seri K

Sekarang kembali kepada pembaca sekalian apa pendapatkan Anda untuk model jetbus SHD dan Jetbus SDD karoseri Adi Putro ?

New Grand Tourismo karoseri Morodadi Prima

Bus Indonesia

Grand Tourismo Morodadi Prima

Berbeda dengan Adi Putro, karoseri Morodadi Prima lebih memilih model Tourismo yang juga merupakan salah satu produk dari Daimler Mercedes Benz.

Disini secara proporsi memang karoseri Morodadi Prima lebih mendekati dengan produk aslinya yaitu Tourismo Daimler ketimbang Adi Putro yang hanya mengambil konsep desainnya tetapi secara proporsi sudah disesuaikan dengan kebutuhan Adi Putro.

Morodadi Prima sudah terkenal sebagai karoseri yang membuat body bus yang kokoh dan kuat, tidak sedikit Perusahaan Otobus yang menyatakan hal ini.

BACA JUGA :  Mengenal Lima Teknologi Sistem Keselamatan Bus

Beberapa PO yang banyak menggunakan produk-produk MP adalah Putra Remaja, Ramayana dan Eka Mira pastinya banyak bus Indonesia hasil karya karoseri Morodadi Prima.

Nah untuk model bus double glass dari karoseri Morodadi Prima yang dikebangkan juga dari generasi Tourismo, berbeda dengan model Travego.

Untuk model Tourismo posisi selendang melengkung dari side roof menuju ke spion mengikuti lengkungan pada body samping, tetapi pada model terbaru New Grand Toursimo aksen selendang nya dibuat lebih panjang seperti model setra.

Tetapi bagian ujung depan Tourismo sedikit turun yang kemudian menjadi satu dengan sekat pembatas antar kaca yang biasa disebut topi.

BACA JUGA :  Tiga Bus Terbaru PO EKA Karoseri Morodadi Prima

Dan pada sekat pembatas Toursimo MP lebih kecil jika di bandingkan dengan model Jetbus, dan pada bagian depan bertuliskan Morodadi Prima yang kanan kirinya terdapat lampu penanda.

Beberapa penggemar bus menganggap bus ini keren karena masih terasa cita sara dari karoseri Morodadi Prima yang terlihat retro.

Hal ini disebabkan lampu yang digunakan pun masih menggunakan model lampu Travego yang lama, tapi semua itu terlihat lebih modern karena dipadukan dengan desain grill yang lebih memukau.

Beberapa orang lainnya menilai bus buatan Morodadi Prima ini terlihat jadi gemuk karena memang dimensi model bus ini bukan bus highdeck/berlantai tinggi jadi ketika menggunakan double glass terlihat lebar.

BACA JUGA :  Inilah Bus Van Hool Seharga 7 Milyar

Nah itu sekilas dari bus double glass dari karoseri Morodadi Prima, bagaimana menurut Anda dengan model bus Indonesia Grand Toursimo ini ?

Avante karoseri Tentrem

Bus Indonesia

Avante Karoseri Tentrem

Seakan tidak mau kalah, karoseri Tentrem yang juga bermarkas di Malang meluncurkan bus double glass mereka yang diberi nama Avante, bus ini sempat menjadi perbincangan karena sempat berder foto-foto bus masih dalam proses pengerjaan didalam karoseri.

BACA JUGA :  Sleeper Bus Terbaru Indonesia PO. Brilian

Bus Avante pertama kali muncul dibawah bendera PO Harapan Jaya, yang hadir dengan model futuristik dengan model kaca depan ganda terlihat cembung pada bagian atas.

Model slendang 3D menyatu pada spion bus dan terhubung dengan sekat pembatas kedua kaca pada bagian depan dan untuk sisi bagian bawah terdapat garis desain yang sedikti turun kemudian menuju grill depan yang sedikit melingkar.

Model lampu depan pun berubah dari model bus Tentrem sebelumnya yaitu Scorpion king yang mirip dengan Scania Touring dan juga Scorpion X yang mirip dengan model lampu paradiso. Tetapi pada bus Avante lampu terlihat lebih lebar dan asesoris yang terlihat lebih mewah dan cocok dengan bentuk bodi yang besar.

Sisi belakang Avante juga lebih modern karena terlihat permainan cowl belakang juga lebih unik dipadukan dengan spoiler sehingga terlihat lebih kekinian layaknya model Irizar i8 Integral.

Nah itu tadi model bus Avante bagaimana menurut pendapat Anda dengna double glass yang dibuat oleh karoseri Tentrem ini ?

Jetliner HD karoseri Rahayu Sentosa

Bus Indonesia

Putra Pelangi Jetliner HD

Jetliner HD (High Decker) besutan karoseri Rahayu Sentosa merupakan produk andalan selain generasi Skyliner terbaru, karena memang model ini yang memiliki model double glass atau kaca depan ganda. Dan beberapa bus Indonesia yang sudah menggunakan model ini antar lain ada PO SAN, PO Putra Pelangi, PO Kurnia dan masih banyak lagi.

Model yang disuguhkan oleh karoseri Rahayu Sentosa dengan ciri khas garis tegas pada tiap produk yang diluncurkan. Mulai dari garis kaca samping hingga kedepan model tegas nampak hingga ke pintu depan, ditambah lagi model sekat antara dua kaca yang dibuat juga tegas mengikuti garis model head lamp yang sama dengan generasi Skyliner yang terlihat sipit tergesan garang.

BACA JUGA :  City Pilot Bus Terbaru Mercedes Benz

Bus Indonesia

Bus Indonesia Paradep Jetliner DD

Bukan hanya untuk single deck saja, Jetliner juga sudah tersedia untuk bus tingkat atau double decker dan yang pertama kali menggunakan model Jetliner DD (Doubel Decker) adalah PO Paradep.

Masih dengan konsep dan desain yang sama hanya saja bagian kaca depan dibagi menjadi dua untuk lantai atas dan lantai bawah. Model Jetliner DD (Double Decker) terlihat garang dengan chassis Mercedes Benz OH 2542 atau Scania K410IB triple axle.

Nah itu tadi sekilas mengenai model bus Jetliner besutan karoseri Rahayu Sentosa Bogor, bagaimana menurut pendapat Anda?

BACA JUGA :  Interlink Bus Terbaru SCANIA

Legacy Sky SR 2 SHD Prime karoseri Laksana

Bus Indonesia

Mtrans – Legacy Sky SR 2 SHD Prime

Legacy Sky Sr 2 SHD Prime memang menjadi primadona selain rival terkuatnya Jetbus SHD dari karoseri Adi Putro, hal dibuktikan dengan banyak sekali PO (Perusahaan Otobus) yang memilih Legacy Sky SR 2 SHD.

Secara umum model Legacy SHD masih sama dengan Legacy Sky SR 2 single glass, yang menjadi perbedaannya hanya pada penambahan model kaca ganda dengan sekat pada bagian depan. Selain dari pada itu roof dibuat seolah-olah melayang hal ini karena bagian pilar-pilar diberi balutan cat warna hitam sehingga terlihat menyatu dengan kaca.

Begitu pula pada selendang juga dibuat pendek dan berhenti setinggi sekat pemisah antar kaca yang sekaligus sebagai tempet peletakan kaca spion.

BACA JUGA :  Sleeper Bus Terbaru Indonesia PO. Brilian

Perubahan yang semakin baik pada karakter Legacy Sky Sr 2 SHD Prime ini membuat sebuah lompatan yang signifikan dari karoseri Laksana dalam bersaing dengan karoseri lain di Indonesia.

Nah jika Anda merupakan salah satu penggemar dari Legacy Sky SR 2 SHD Prime ini silahkan berikan alasan Anda menyukainya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

Evolander SHD karoseri New Armada

Bus Indonesia

Evolander SHD

Bus terbaru Evolander SHD yang baru saja resmi di rilis oleh karoseri New Armada, Magelang dalam acara IIBT 2017 yang lalu di JIExpo, Kemayoran. Dengan hadirnya satu model bus High Deck dengan double Glass ini membuat karoseri New Armada percaya diri untuk dapat bersaing dengan karoseri lainnya.

Evolander SHD memiliki model yang 100% berbeda dari generasi Evobus, Evonext dan Evolander sebelumnya, dimana konsep model yang dibawa dengan cita rasa bus Eropa hal ini dapat dilihat dari karakter face pada Evolander SHD.

Perubahan pada headlamp, rearlamp, selendang dan juga garis desain cowl depan dan cowl belakang selain itu penempatan kaca ganda atau double glass ini mengikuti permintaan pasar yang sedang di gandrungi oleh penggemar bus dan perusahaan bus Indonesia.

BACA JUGA :  Molina Bus Listrik Universitas Indonesia

Untuk lebih jauh mengenai Evolander SHD karoseri New Armada dapat membacanya lebih detail dalam Review Evolander SHD. Dan apa pendapat Anda dengan model bus terbaru Evolander SHD ini ?

Zeppelin G3 Karoseri Gunung Mas

Bus Indonesia

Zeppelin G3 – PO Haryanto

Karoseri Gunung Mas yang bermarkas di Madiun ini juga tidak ingin kalah dengan karoseri lain yang menghadirkan bus  Indonesia dengan konsep double glass. Selain itu peminat dari bus-bus karoseri Gunung Mas juga mulai banyak terbukti PO Sekelas Haryanto juga menggunakan model Zeppelin G3 dari karoseri Gunung Mas ini.

Dibuktikan dalam acara IIBT 2017 lalu bersama karoseri New Armada, karoseri Gunung Mas ikut menampilkan bus terbaru mereka yang bernama Zeppelin G3 yang sebelumnya sempat kami bahas juga dalam artikel Bus terbaru Zeppelin G3.

Tapi ada yang berbeda dari model bus Zeppelin G3 dari versi sebelumnya dimana posisi spion diletakan sejajar dengan sekat pemisah kaca depan.

BACA JUGA :  Tiga Bus Terbaru PO EKA Karoseri Morodadi Prima

Untuk model headlamp dan rearlamp memang mirip dengan model Evolander SHD akan tetapi Zeppelin G3 lebih dahulu menggunakan model lampu ini yang di gabungkan dengan desain ala karoseri Gunung Mas.

Nah bagaimana menurut pendapat Anda dengan bus double glass ala karoseri Gunung Mas ini ?

Nah itu tadi sedikit review Bus Indonesia Doble Glass bagaimana pendapat Anda dangan bus-bus dengan model Double Glass tersebut, manakah yang menurut Anda paling menarik dan apa alasan Anda ?

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan ke media sosial 🙂

Comments

comments