Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – PO Sugeng Rahayu yang sebelumnya banyak dikenal dengan nama Sumber Kencono berdiri tahun 1981, Sumber Kencono sudah kenyang dengan berbagai keadaan. Hingga membawa Sumber Kencono semakin matang dalam menjalankan usahanya sehingga mampu berkembang pesat.
Berawal beberapa unit bus yang pada awalnya dititipkan ke PO Kentjono, bapak Setyaki Sasongko mengawali usaha dibidang transportasi umum bus ini. Setelah berkembang dan mempunyai 5 unit armada, bapak Setyaki mengajukan ijin ke Dinas Perhubungan untuk membuat PO baru. Oleh Kepala Dishub pada saat itu, disarankan memberi nama “Sumber Kencono” yang dapat diartikan asalnya dari PO Kentjono atau bisa juga diartikan Sumber Emas/Penghasilan.

Setelah mengalami perkembangan yang lumayan pesat, bapak Setyaki Sasongko kemudian mengakuisisi armada bus beserta trayek PO Maju Mapan yang pada saat itu sedang mengalami kerugian. Pada saat awal berjalan, Sumber Kencono menggunakan trayek Jogja-Surabaya-Jember dan pernah juga menjalankan trayek Surabaya-Madiun-Badegan (Ponorogo). Kemudian berkembang menjadi trayek Surabaya-Madiun-Wonogiri dan Surabaya-Madiun-Semarang.

Baca juga : Profil PO Haryanto, PO Sempati Star dan PO EKA- MIRA 

BACA JUGA :  Sejarah PO Raya, Perjalanan Panjang Si Putih Merah

Sumber Kencono terus mengembangkan sayapnya melalui usaha keras sang pemilik Setyaki Sasongko, Sumber Kencono kian mendapatkan kepercayaan di masyarakat. Sedikit demi sedikit perusahaan yang melayani perjalanan Surabaya-Solo-Jogja, Surabaya-Solo-Wonogiri dan Surabaya-Solo-Semarang ini terus berkembang. Selain itu ada beberapa trayek yang tidak dijalankan atau diisi dengan armada bus seperti jurusan Surabaya-Solo-Jogja-Purworejo dan Surabaya-Solo-Jogja-Wonosari.
Usaha keras itu juga didukung dengan kemampuan intelektual sang pemilik usaha, selain sebagai lulusan teknik mesin yang juga pernah mengenyam pendidikan di Jerman, tentunya bapak Setyaki Sasongko sangat handal dalam menerapkan dan mengontrol kondisi mesin bus-busnya.

Po Sugeng Rahayu

Po Sugeng Rahayu (pic: Google)

Dengan menggunakan armada terbaru yang ditenagai oleh mesin Hino AK8 dengan menggunakan body Nucleus 3, Legacy dan Discovery buatan karoseri Laksana, PO Sumber Kencono (sekarang PO Sugeng Rahayu) mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setianya. Hingga saat PO Sumber Kencono mampu memiliki kurang lebih 230 armada bus dengan crew bus yang mencapai lebih dari 1000 orang.
Dalam perkembangannya, PO Sumber Kencono (sekarang PO Sugeng Rahayu) mengalami beberapa kali kejadian yang cukup fenomenal akhirnya PO Sumber Kencono berganti nama menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu, yang masih tetap dalam satu manajemen Sumber Group.
Pada tahun 2012 kembali bapak Setyaki Sasongko melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan armada baru dibawah nama Golden Star yang khusus untuk melayani pariwisata, sampai dengan saat ini armada Golden Star baru berjumlah 5 uinit yang menggunakan mesin Hino RK8 dan menggunakan body Legacy Sky buatan dari karoseri Laksana.

BACA JUGA :  Profile PO Armada Jaya Perkasa, Si Biru dari Serang

Baca juga : Cara Membeli Tiket Bus Online dan Cek Harga Tiket Bus

Pemberian pelayanan terbaik yang diberikan oleh Sumber Group ini dibuktikan dengan berbagai pengahargaan yang telah diraihnya. Piagam penghargaan dari Menteri Perhubungan RI pada tahun 2005.  Penghargaan yang ditanda tangani oleh MENHUB saat itu M Hatta Rajasa jelas menyatakan kalo PO Sumber Kencono (sekarang PO Sugeng Rahayu) merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaran angkutan lebaran 2005 atau 1426 H.Penghargaan serupa serupa juga dialami pada tahun 2007 dan 2008.

Semoga kedepannya, PO yang menggunakan semboyan Aman – Cepat – Nyaman serta Melayani Setulus Hati ini bisa terus dapat melayani para pelanggan setianya dengan baik dan memuaskan.

Nah itu tadi sekilas sejarah singkat PO Sugeng Rahayu yang lebih dikenal dengan PO Sumber Kencono semoga menambah wawasan dan jika bermanfaat mungkin Anda juga ingin mengetahui sekilas tentang komunitas pecinta bus Sumber Group ( Sugeng rahayu, Sumber Kencono, Sumber Selamat dan Golden Star)  silahkan di bagikan.

BACA JUGA :  PO Harapan Jaya

Sumber : Skloverz.blogspot.com

Comments

comments