Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Karoseri Morodadi Prima adalah salah satu karoseri terbesar di Indonesia dan juga tertua di Malang, Jawa Timur. Karoseri Morodadi awalnya dimulai pada tahun 1964 yang berlokasi di Jl. Peltu Sujono, Malang. Ditempat yang kecil dan peralatan yang sederhana itulah Bapak Lie Bambang Gunawan awal mula membuat Minibus T 100 dan L300 klasik yang awal mulanya perusahaan ini bernama karoseri Tanaking.

Morodadi Prima

Colt T120 Morodadi by ColtT120Lover

Hebatnya lagi Bapak Lie merupakan sarjana lulusan Akademi Seni Rupa yang memulai bisnis dibidang transportasi hal ini dikarenakan dorongan yang kuat untuk memadukan seni rupa dengan hobi otomotifnya. Jadi dari sini kita dapat belajar bahwa semua itu dapat dilakukan asalkan dengan passion dan kemauan yang tinggi maka semua akan menjadi nyata.

Karena fasilitas yang minimal dan sistem operasional yang sederhana hal ini tidak memegang kemajuan pada perusahaan. Sehingga pada tahun 1978, perusahaan tersebut secara resmi menjadi independen dan diberi nama Morodadi Carroserie.

BACA JUGA :  Mengenal Lima Teknologi Sistem Keselamatan Bus

Morodadi Prima

Colt T120 Morodadi by ColtT120Lover

Filosofi nama karoseri Morodadi Prima adalah Kata “Morodadi” berarti “Kepercayaan” antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (MORO) dan percayalah untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkan produk berkualitas tinggi (DADI). Lions dalam logo kami diambil dari simbol Kerajaan Singosari yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat membuat Morodadi Carroserie berubah menjadi perusahaan terbatas (PT). Pada bulan Desember 1993, secara resmi berganti nama menjadi P.T. Morodadi Prima. Rentang produk terus berkembang dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil penyiaran. Spesifikasi dan teknologi desain juga telah berkembang, bisa dilihat dari produksi bus “Banteng” dan “Patriot”, yang merupakan merek dagang Morodadi Prima yang kuat dan kokoh.

BACA JUGA :  Green Bus Scania Berbahan Bakar Etanol

Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh dari masyarakat maupun pemerintah Indonesia. P.T. Morodadi Prima terus berupaya menghasilkan kendaraan yang kuat, aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa produk minibus karoseri Morodadi Prima.

BACA JUGA :  Konfigurasi Kursi Teater Pada Scania Irizar
Selain produk-produk minibus karoseri Morodari Prima juga terkenal dengan produk busnya yang kokoh berikut ini adalah beberapa produk bus Morodadi yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai media.

Karoseri Morodadi Prima mampu memproduksi bus medium dan big bus rata-rata tiap bulan 20-30 unit. Bus berukuran sedang (medium bus) dirakit di atas sasis (chassis) buatan Mercedes-Benz alias Mercy, Hino, Hyundai, Mitsubishi, Toyota Dyna, dan Isuzu.

Morodadi paling sering menggunakan chasis Mercy (OH 1518, OH 1521, dan OH 1526), serta Hino R260, dan Mercedes-Benz, Hino, dan Hyundai Aero Space, untuk membuat bus besar. Sedangkan berdasarkan modelnya, ada dua jenis model yang umum diproduksi, Patriot dan Ventura.

BACA JUGA :  Bus Barumun Triple Axle Modifikasi

Ventura memiliki betuk bodi yang dinamis dan memiliki ciri khas pada bentuk selendang yang dibuat segaris dengan potongan kaca pintu depan sehingga terlihat lebih smooth, begitu juga bagian bawah terlihat pintu depan dan dekat dengan roda depan terlihat potongan kaca yang dipadukan dengan cat berwana hitam ini memberikan ciri khas tersendiri bagi model big bus dari karoseri Morodadi, Malang ini.

Morodadi Prima

Ventura MP

Morodadi Prima

Morodadi Prima PO A.N.S

Salah satu keunggulan lain dari karoseri Morodadi Prima adalah dimana karoseri ini juga merupakan karoseri yang pertama kali mendapat sertifikat perancangan Chassis Mercedes Benz OC 500 R OH 1836. Dan berikut ini pencapaian sertifikasi yang telah di capai oleh karoseri Morodadi Prima.

Mercedes Benz Sertifikat # BBA-002/13 (Sertifikat 1836)

Pada tanggal 16 Oktober 2013, PT Morodadi Prima menerima sertifikat no. BBA-002/13 dari Mercedes Benz, mengakui bahwa PT Morodadi Prima telah berhasil melewati semua Quality Gate Assessment dari: Design, Engineering, Production Process dan Complete Bus Sign Off untuk chassis OH 1836 E III.

Sertifikat Mercedes Benz # BBA-002/12 (Sertifikat 1626)

Pada tanggal 31 Agustus 2010, PT Morodadi Prima menerima sertifikat no. BBA-002/12 dari Mercedes Benz, mengakui bahwa PT Morodadi Prima telah berhasil melewati semua Quality Gate Assessment dari: Design, Engineering, Production Process dan Complete Bus Sign Off untuk chassis OH 1626.

Sertifikat Mercedes Benz # BBA-005/10 (Sertifikat 1526)

Pada tanggal 25 Maret 2010, PT Morodadi Prima menerima sertifikat no. BBA-005/10 dari Mercedes Benz, mengakui bahwa PT Morodadi Prima telah berhasil melewati semua Quality Gate Assessment dari: Design, Engineering, Production Process dan Complete Bus Sign Off untuk chassis OH 1526.

Sertifikasi ISO 9001: 2008 (Sertifikat BSI)

PT. Morodadi Prima menerima sertifikat ISO 9001-2008 dari BSI pada tanggal 18 September 2012.

BSI (British Standard Institute) adalah pencipta sistem ISO yang digunakan sebagai standar industri.

ISO 9001 -2008 adalah sistem manajemen mutu. Ini adalah bukti lain dari PT. Komitmen Morodadi Prima terhadap produk mereka.

BACA JUGA :  Foto Bus Terbaru Highlander New Armada

Nah saat ini karoseri Morodadi merupakan salah satu karoseri yang menjadi pilihan operator bus hal ini pasti karena kualitasnya yang terbilang baik, produk karoseri Morodadi awet hingga lebih dari 10 tahun, konstruksi yang kokoh didukung sistem pengelasan rangka bus yang baik. Hal ini banyak diungkapkan oleh pemilik perusahaan otobus seperti ANS, Blue Star dan juga PO lainnya di Indonesia yang banyak menggunakan produk-produk dari karoseri asal Malang ini.

Dari penilaian kami model dan gaya Morodadi sangat kental, terutama untuk bagian lekukan bodi busnya, kita dapat perhatikan mulai dari generasi Travego dan Setra bahkan hingga Tourismo versi awal hingga yang terbaru gaya khas Morodadi sangat melekat.

Morodadi Prima

1995 Mercy OH 1518 Morodadi Setra OBL

Ada Juga model Zonda yang sebenarnya versi bus China yang memiliki ciri pada selendangnya, selendang bus Zonda sangat khas yaitu meruncing seperti gading dan menggunakan model lampu yang bulat serta bagian roof lebih tinggi dibagian tengah.

Zonda Bus

Zonda Bus China

Morodadi memoles model bus Zonda ini dengan gaya ala MP, masih menggunakan model selendang yang seperti gading gajah, namun menggunakan model lampu yang umum di populerkan oleh Jetbus versi pertama dari karoseri Adi Putro. Begitu pula untuk bagian atap di sisi depan terlihat potongan cat yang senada dengan Zonda versi aslinya.

BACA JUGA :  Fitur Anti Maling Bus SCANIA

Morodadi Prima

Zonda Morodadi Prima

Begitu juga untuk model Aero Queen yang merupakan nama produk dari Fuso Jepang yang sudah terkenal, memiliki bentuk selendang yang tegas berwarna putih dan juga bentuk lampu yang kotas seperti lampu truck.

Aero Queen Fuso Jepang

Aero Queen Fuso Jepang

Namun karoseri Morodari membuat versi Aero Queen dengan gayanya sendiri, dapat Anda lihat dalam penggunaan lampu yang lebih garang dan juga bentuk grillnya lebih sexy dari evri Aero Queen aslinya dan hal inilah yang selalu menjadi ciri khas karoseri Morodadi Prima.

 

Morodadi Prima

Aero Queen Morodadi

Gaya garis desain karoseri Morodadi terlihat smooth atau sedikit garis tegas, hal ini dapat kita lihat dari model bus Toursimo yang awal hingga Tourismo yang terbaru dengan model double glassnya. Meski banyak terjadi perubahan dapat kita lihat pemilihan lampu kebanyakan selalu model yang datar dan terlihat lebih klasik.

BACA JUGA :  Harga Tiket Bus Handoyo November

Berikut ini adalah salah satu produk dengan model Tourismo hasil karya karoseri Morodadi yang berevolusi seiring berjalannya waktu, nampak perubahan terjadi paling banyak pada versi facelift yaitu lampu-lampu hanya beberapa kali berubah total. Perubahan besar terjadi mungkin mengikuti Daimler ketikanmengeluarkan model terbarunya.

Morodadi Prima

1997 Morodadi Tourismo – OBL

Morodadi Prima

Tourismo Blue Star

Morodadi Prima

Tourismo AKAS

Morodadi Prima

Grand Tourismo PO EKA

Bus Terbaru PO. EKA Grand Tourismo

Bus Terbaru PO. EKA Grand Tourismo Double Glass ( Pic: Facebook)

Untuk saat ini karoseri Morodadi memiliki dua kantor jika Anda membutuhkan informasi harga bus terbaru atau ingin mendapatkan informasi dapat menghubungi alamatnya sebagai berikut:

Morodadi Prima

Kantor PT Morodadi Prima Malang

P.T. Morodadi Prima

Jl. Raya Randu Agung
Singosari, Malang – Jawa Timur
Indonesia

Tel: 62 – 341 – 458333 ( Hunting )

Fax: 62 – 341 – 458838

Morodadi Prima

Kantor PT Morodadi Prima Bali

Cabang Bali:

Jl. Mahendradatta 138

Padang Sambian, Denpasar Barat

Bali – Indonesia

Phone: +62 361-8466038 (Hunting)

Fax: +62 361-8466388

Nah dengan itu tadi sekilas mengenai sejarah singkat karoseri Morodadi Prima semoga dapat menambah wawasan kita semua dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar bermanfaat untuk yang lainnya. Dan pastikan Anda selalu memberikan masukan mengenai artikel yang akan kami tulis selanjutnya jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.

Sumber : Morodadi Prima, Haltebus, Ramayana Lover, Sejarah Transportasi, Busnesia, imotorium, clotT120lover, Google

Comments

comments