Redbus WIsata

Panduan Menghabiskan Waktu 2 Minggu di Indonesia

Diposting pada

Punya waktu untuk liburan selama 2 minggu tapi bingung mau ke mana? Daripada jalan-jalan ke luar negeri, lebih baik habiskan waktu dengan keliling Indonesia saja! Kamu pun tak perlu mahal-mahal membeli tiket pesawat, cukup dengan tiket bus kamu sudah hemat bujet untuk liburan.

Menikmati pesona alam Indonesia memang tak ada duanya, maka dari itu manfaatkan waktu yang kamu punya sebaik-baiknya. Persiapkan rencana liburan dengan membuat daftar destinasi. Persiapkan juga bujet untuk memesan tiket bus sebagai moda transportasi selama perjalanan.

Ini dia panduan lengkap menghabiskan 2 minggu di Indonesia:

Minggu Pertama

Wisata Borobudur

Perjalanan di minggu pertama, kamu bisa memulainya dengan pergi ke Pulau Sumatera. Tepatnya di Kota Medan yang menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan, karena terdapat banyak tempat wisata dan kuliner enak.

Tiket bus keberangkatan Jakarta menuju Medan seharga Rp400.000–Rp650.000 tergantung armada yang pilih, yaitu PO ALS atau PO Medan Jaya. Di kota ini ada beberapa destinasi populer, yaitu Istana Maimun, Museum Tjong A Fie Mansion, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, Danau Toba, dan The Le Hu Garden. Untuk wisata kulinernya ada Ucok Durian dan Toko Pusat Bolu Meranti.

Setelah menghabiskan waktu selama 2 hari di Medan, lanjutkan perjalananmu ke Palembang. Kota yang pernah dijadikan tempat Asian Games 2018 ini mempunyai beberapa ikon yang terkenal. Yang pertama adalah Jembatan Ampera, lalu Pulau Kemaro dengan nuansa budaya China, dan Alquran Raksasa yang ada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus.

Puas makan pempek khas Palembang, beli tiket bus ke Yogyakarta dengan harga Rp615.000. Rute Palembang-Yogyakarta memakan waktu 1-2 hari. Setibanya, di Yogyakarta segera nikmati keindahan dan kesejukan Pantai Parangtritis yang legendaris ini. Ada juga tempat wisata baru yang wajib didatangi, yaitu Teras Kaca Pantai Nguluran yang memiliki banyak spot foto yang menarik!

Berwisata di Yogya akan lebih lengkap dengan menikmati kuliner nasi kucing di angkringan, gudeg, nasi pecel, dan wedang jahe yang menggugah selera. Kamu bisa menghabiskan waktu di Yogya selama 2-3 hari sebelum melanjutkan perjalanan keliling Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh dalam keadaan fit, ya!

Minggu Kedua

Setelah puas menikmati liburan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, saatnya beli tiket bus ke Bali! Perjalanan ke Denpasar (Bali) ini akan memakan waktu paling cepat selama 13 jam dengan harga tiket bus mulai dari Rp280.000. Lelahnya perjalanan pasti langsung membuat kamu lapar, segera isi perut dengan berbagai makanan lezat yang ada di Teba Cafe Jimbaran! Tersedia lengkap jenis-jenis seafood, seperti lobster, kerang, udang, dan sebagainya.

Karena di Bali adalah surganya pantai-pantai indah, maka manfaatkan waktu selama di sini untuk mengeksplornya! Kunjungan ke tempat wisata bisa dimulai dari Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pura Uluwatu, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Ubud Monkey Forest, Pantai Tanjung Benoa, hingga Pantai Pandawa Kutuh. Dijamin bakal puas sekali berjemur di Bali! Jangan lupa untuk selalu gunakan sunblock, ya!

Habiskan waktu selama 3 hari untuk menjelajahi Pulau Bali, baru lanjutkan perjalananmu ke Makassar di Sulawesi Selatan! Karena tidak mungkin berkendara dengan membeli tiket bus, maka kamu harus menggunakan moda transportasi pesawat terbang untuk mencapai ke Makassar.

Destinasi populer di Makassar adalah Pantai Losari, Masjid 99 Kubah, Pulau Gusung, Pulau Kayangan, Taman Nasional Banti Murung, dan Trans Studio Makassar. Untuk kuliner favoritnya ada Coto Makassar, Iga Bakar, Sop Konro, dan Es Pisang Ijo.

Itulah tadi panduan keliling Indonesia selama 2 minggu. Ayo rencanakan liburanmu dan pesan tiket bus sekarang juga!

Baca Juga :

Bergabunglah dibeberapa channel & Platform Diskusi Ayo Naik Bis Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap.

5/5 - (23 votes)