Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.comDesain bus terbaru Magnum merupakan salah satu desain bus yang dibuat untuk menambah warna bus di Indonesia agar berkembang semakin pesat. Baik dalam perkembangan mesin yang dipakai maupun perkembangan model atau desain bus itu sendiri.

Untuk  perkembangan mesin sendiri tentu beberapa pabrikan penyuplai  mesin terus bersaing dalam menghasilkan produk mesin yang berkualitas dan mampu bersaing, terutama pabrikan besar seperti Marcedez Benz, Scania, Hino maupun yang lainnya. Kemudian dibidang desain bus, beberapa karoseri dalam negeri juga terus bersaing dalam menghadirkan desain bus yang indah baik secara eksterior maupun interiornya. Hal itu terlihat dari persaingan beberapa produk bus unggulan dari beberapa karoseri ternama seperti karoseri Adi Putro dengan Jetbus 2 SHD-nya, karoseri Rahayu Sentosa dengan Skyliner dan Jetliner-nya, karoseri Laksana dengan Maxibus nya, maupun desain-desain dari Karoseri lainnya.

Perkembangan model bus indonesia yang semakin maju tersebut, akhirnya membawa  ketertarikan penulis untuk ikut menyumbangkan karya dibidang model bus. Dalam postingan pertama ini, akan diperkenalkan desain bus yang diberi nama Magnum Bus. Desain pertama penulis ini telah diinspirasi oleh desain-desain bus yang telah ada sebelumnya.   Untuk lebih jelasnya akan penulis jelaskan secara terperinci seperti dibawah ini.

Desain bus

Desain Bus Terbaru Magnum HD

Magnum Bus mengusung dua model body yang telah ramai di pasar Indonesia yaitu model bus standar maupun model Bus yang sekarang lagi digemari yaitu model SHD (Super High Deck). Untuk bagian depan ada beberapa bagian yang cukup penting dari Magnum Bus untuk dijelaskan yaitu seperti headlamp, foglamp dan spion. Untuk bagian headlamp Magnum terinspirasi dari headlamp Irizar, namun jika dilihat secara detail tentu lampu Magnum ini memiliki banyak perbedaan dari Irizar, perbedaan itu muncul pada led putih yang mengelilingi luar nya. Sekilas hampir sama dengan Jetbus 2, namun led pada Magnum ini berbentuk lengkung tidak seperti Jetbus 2. Untuk bagian tengah di sambungkan oleh led berwarna biru yang mengadopsi dari model marcopolo bus milik karoseri Adi Putro. Kemudian diatasnya diberi sentuan bodi krom berbentuk segitiga yang mengadopsi dari Evonext milik karoseri New Armada maupun Galaxy EXL milik Karoseri Tentrem. Untuk bagian foglamp, menampilkan garis krom yang timbul kepermukaan dan didalamnya terdapat lampu bulat yang dihiasi tiga garis horizontal. Kemudian untuk spionnya mengusung spion yang besar yang dihiasi lampu kecil berwarna kuning sebagai aksesoris dan tanda kendaraan berbadan besar ini.

Baca Juga : Spesifikasi New Magneto, New Aristo dan Evolander

Desain bus

Desain Bus Terbaru Magnum SHD

Untuk bagian belakang bus terbaru Magnum dibuat lebih unik dengan menambahkan beberapa sentuhan bodi krom dibawah kaca dan diatas kap mesin. Sekilas seperti Max bus milik karoseri Tentrem maupun Marcopolo G7 1600. Untuk stoplamp mengusung lampu led yang dipadu warna utama merah, kuning dan putih yang memiliki bentuk yang unik dan rearlamp berbentuk vertikal keatas.

Untuk saluran pembuangan knalpot (muffler) terdapat empat buah yaitu kiri dua dan kanan dua. Kemudian untuk Magnum SHD sendiri terdapat perbedaan pada deck yang lebih tinggi, serta penambahan topi penutup yang membagi kaca depan menjadi dua bagian atas dan bawah. Dimana model topi tersebut mirip seperi model Jetliner dari karoseri Rahayu Sentosa, hanya saja topi pada model Magnum lebih besar selain itu juga Magnum Bus dilengkapi dengan LCD dan tanpa penggunaan lampu aksesoris dibagian kiri dan kanannya.

Desain Bus

Desain Bus Terbaru Magnum Front

Kemudian untuk bodi samping bus terbaru Magnum ada beberapa bagian yang cukup penting yang juga sebagai ciri khas Magnum seperti bus lainnya. Ciri khas tersebut yaitu pilar samping dan selendang kaca serta aksesoris lampu. Untuk pilar samping mengadopsi model Setra-Comfort Class dari Daimler Jerman, namun jika dilihat lebih teliti tentu terdapat perberbedaan, karena pada desain bus Magnum memiliki lengkung yang cukup panjang dan hanya dibagian depan saja.

Baca juga : Fenomena bus teloletaksi nekat bus ngeblong dan Jangan Nodai Komunitas Penggemar Bus.

BACA JUGA :  Desain Bus Segee Korrd

Kemudian slendang kaca pada Magnum bukanlah seperti slendang bodi yang timbul layaknya model Jetbus maupun Skybus, melainan hanya hiasan garis krom berbentuk lengkung kedepan atas, seperti model Evobus/Evonext karoseri New Armada. Kemudian pada depan pilar terdapar lampu aksesoris yang dilapisi segitiga krom untuk memberi kesan premium dan elegan. Untuk bagian atap terdapat sideroof sebagai penutup AC dengan bentuk yang sangat sederhana  dan sekilas bentukanya seperti sideroof  Jetbus milik karoseri Adi Putro.

Desain Bus

Desain Bus Terbaru Magnum Rear

Secara umum perbedaan yang mencolok antara Magnum HD dan SHD terdapat pada beberapa hal sebagai berikut. Ketinggian total bus, topi pada kaca depan dan volume bagasi yang lebih besar yang dimiliki oleh Magnum SHD dari pada Magnum HD. Namun secara umum kedua model bus Magnum baik highdeck atau pun super high deck memiliki kesamaan baik dari model lampu depan, pilar, selendang samping  serta lampu belakang.

Baca juga : Harga tiket bus terbaru, Profil perusahaan otobus dan PO terbaik di Indonesia

BACA JUGA :  Desain Bus GV Custom High Deck

Berikut ini beberapa contoh desain bus Magnum dengan berbagai livery :

This slideshow requires JavaScript.

Nah itu tadi beberapa desain bus terbaru Magnum semoga bisa menambah warna desain-desain bus di Indonesia dan jika desain bus ini menarik harap di bagikan dan jangan lupa untuk kritik dan sarannya pada kolom komentar.

Dapatkan informasi terbaru dari Ayonaikbis.com dengan mengisi email Anda pada kolom subcriber dan jangan lupa ikut serta gerakan Ayo Naik Bis.

Comments

comments