Sejarah PO Hafana
Sejarah PO Hafana

Tim Babat Alas, Sejarah PO Hafana Eksis Hingga Kini

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Menjadi salah satu tim babat alas jalur Surabaya – Malang, PO Hafana mampu bertahan hingga kini. Bagaimana kisah serunya, simak sejarah dan profil selengkapnya di bawah sini.

Awal Berdirinya PP Patas Jatim

Halo dulur, piye kabare? Kembali lagi membahas bis Jawa Timur, rek. Selain kulinernya yang enak, Jawa Timur juga melahirkan banyak PO besar lho.

Sebelum membahas terlalu jauh, adakah diantara Anda yang telah mengetahui apa itu PP Patas Jatim?

Merupakan kumpulan beberapa PO Asal Jawa Timur yang melayani kelas Patas yang dirintis oleh Pilot Project Patas Jatim.

Yang kemudian disebut dan dikenal dengan PP Patas Jatim, hadir dan ditetapkan 19 Maret 1990. Diawal pembentukannya ada sebanyak 15 perusahaan otobus yang mengoperasian PP. Patas Jatim.

Peluncuran perdana PP. Patas Jatim pada 2 April 1990 di Terminal Joyoboyo, Surabaya yang kala itu diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Bpk. Soelarso.

Perkembangan transportasi umum khususnya bus di Jawa Timur ternyata dimulai dari Surabaya – Malang lho sobat. Dapat disebut pula sebagai babat alas.

Kemudian atas berhasilnya pembukaan jalur pionir tersebut berkembanglah jalur lain seperti jalur Surabaya – Madiun, Surabaya – Kediri – Tulungagung.

Untuk daerah tapal kuda yakni Surabaya – Probolinggo Jember / Bondowoso / Situbondo Banyuwangi, Surabaya – Solo – Jogja dan juga jalur Pantura yakni Surabaya – Semarang via Tuban.

Trayek Surabaya – Malang dipilih menjadi jalur pembuka “babat alas” karena jalur tersebut merupakan jalur perekonomian yang kala itu dibilang sangat aktif di Jawa Timur.

Hingga sekarang Surabaya – Malang tetap menjadi jalur yang ramai, terlebih telah dibangunnya jalan tol yang dapat meminimalisir waktu tempuh, yang semula 4 jam, dapat menjadi 1,5 jam saja.

Jalur Surabaya – Malang menjadi ramai karena adanya beberapa perusahaan besar, perguruan tinggi, hingga wisata dimana mobilisasi yang efektif sangat dibutuhkan.

Kembali lagi, sebelum adanya PP Patas Jatim, tepatnya tahun 1988 sudah ada bus dengan pelayanan dengan sistem cepat dan terbatas. Yaitu di trayek Surabaya – Malang yang dilayani Kalisari, Hafana, dan Menggala.

Iya ketiga PO tersebut merupakan pemain kawakan dalam trayek Surabaya – Malang. Adakah sobat perbusan yang sudah mencoba salah satunya? Atau bahkan ketiganya hehe 🙂

Get 10% Discount Merchandise Bismania

Ayo segera daftarkan diri menjadi member JFAutowear dan nikmati potongan harga 10% untuk semua produk Merchandise Bismania.
Tampil keren JFAutowear 🙂

Di jalur Surabaya Malang, perusahaan otobis pertama yang melayani kelas patas adalah PO. Kalisari dan PO. Hafana. Bagi masyarakat Surabaya dan Malang mungkin sudah familiar dengan dua otobis tersebut.

Kala itu, Kalisari mengandalkan bus Mercedes Benz OH, sedangkan Hafana sendiri menggunakan bus jenis Hino AK dan Mitsubishi BM.

Baca juga sejarah dari PO Kalisari Yang ternyata memiliki 55 model bodi bus, wah seperti apa detailnya, langsung dibaca aja ya.

Tak hanya itu saja, PO lain juga mulai meramaikan jalur Surabaya Malang, ada nama PO HAZ, PO Menggala, PO Mandala, PO Dana Dhasih, PO Laksana Anda, PO Pangeran hingga PO Medali Mas.

Kabar terdengar bahwa PO. Pangeran dan PO. Mandala juga telah mundur kemudian diakuisisi oleh PO. Restu.

Sejarah PO Hafana

PO Hafana didirikan oleh Alm. Imam Hanafi sejak 1972 yang bergerak dalam bidang jasa transportasi otobus dengan trayek reguler Surabaya – Malang PP.

Atas kerja keras dalam mewujudkan cita-cita beliau yakni sebagai penyedia jasa transportasi yang lebih nyaman bagi masyarakat, akhirnya berbuah manis.

PO Hafana berhasil menjadi salah satu pelopor lahirnya trayek reguler Patas Jatim Surabaya – Malang PP yang diresmikan pada tahun 1990.

Teruntuk kita semua, yang tengah berusaha keras mewujudkan cita-cita, jangan pantang menyerah dan yakinlah tidak ada usaha yang sia-sia, kemungkinan terburuk adalah kegagalan, namun akan ada jalan lain yang disiapkan.

Saat ini dibawah manajemen Generasi ke-3, PO hafana semakin bertumbuh dengan layanan trayek reguler Patas Jatim Surabaya – Malang PP dan layanan jasa pariwisata.

Banyaknya pesaing di jalur Surabaya – Malang PP tak membuat PO Hafana takut, dengan strategi yang tepat, dan pengelolaan managemen yang baik, PO Hafana bertahan hingga kini.

Unique value yang dimiliki oleh PO Hafana adalah berupa peci yang selalu melekat di setiap crew saat bertugas dan semakin memberikan semangat dalam menghadirkan pelayanan yang Ramah, Santun, Aman, dan Nyaman.

Crew dari PO Hafana juga dibebankan untuk selalu berusaha memperbaiki diri dan berkembang mengikuti perubahan zaman.

Armada Bus PO Hafana

Diawal kemunculannya sebagai Tim Babat Alas yakni di tahun 1990, PO Hafana menghadirkan bus dengan mesin Mitsubishi BM Series dengan trayek Surabaya – Malang PP.

Bus Hafana Klasik
Bus Hafana tahun 1990 Mitsubishi BM Series (Pict by IG busklasik)
Bus Klasik Hafana
Bus Hafana tahun 1991 (Pict by IG busklasik)

Lha kok ada tulisan Tol Panjang?

Dulu sebelum ada terminal Purabaya, untuk bis Patas masuk Tol panjang ini, yaitu Tol Wonokromo/ Gunung sari hingga Porong berlanjut sampai Gempol, tol ini beroperasi sebelum bencana lumpur terjadi di tahun 2006.

Akibat dari bencana luapan lumpur lapindo tersebut akhirnya tol Porong Gempol di tutup. CMIIW 🙂

Dulu jauh sebelum berlivery hewan seperti saat ini, bus Hafana memang tampak sangat elegan dengan warna putih sederhana berlivery garis biru.

Ada yang merindukan bus dengan livery sederhana ini?

Bus Klasik Hafana
Bus Hafana Rahayu Santosa (Pict by IG busklasik)
Bus PATAS
Bus Hafana Klasik (pict by IG pohafana)
Bus AKAP Jatim
Bus Hafana Klasik (pict by IG pohafana)

Kini memasuki usia hampir 30 tahun, PO Hafana tetap memberikan layanan terbaiknya, setia melayani rute AKDP Surabaya – Malang dan juga melebarkan sayap kesuksesaanya di bidang Pariwisata.

Bus Scorpion X
Bus Hafana Scorpion X Tentrem (Pict by IG jefrier)
Bus Scorpion King
Bus Hafana Scorpion King (Pict by IG dwi_laksana1)

Di tahun 2017, pembaruan armada dilakukan oleh pihak owner dan managemen PO Hafana, dengan mengusung konsep The Next Generation.

The Next Generation ini mengisi armada bus reguler dan terlebih khusus untuk divisi pariwisatanya. Pengisi Pariwisata salah satunya yakni menggunakan mesin Mercedes Benz series OH 1521 berbodi Avante Tentrem.

Bus avante HDD
Bus Hafana Avante HDD Tentrem (Pict by IG andri_ap_)
Bus Hafana
Bus Hafana Avante HDD Tenrem (pict by IG aryasukmajustisia2)

Tak hanya itu saja, untuk bus reguler dihadirkan bus berbodi New Setra HDD 2 dari Karoseri body 99, dengan menggunakan mesin Mercedes Benz series OH 1526.

Bus Jetbus 2+
Bus Hafana Setra HDD 2 Bodybus 99 (Pict by IG yogie_ferdianz)

Layanan Bus Hafana

Bus Reguler : menggunakan chassis Mercedes Benz, dengan berbagai macam tipe balutan bodi bus seperti Legacy SR1 Laksana, Scorpion King Tentrem, Scorpion X Tentrem, dan Jetbus.

Armada kelas Patas AC dengan konfigurasi kursi 2-2, reclening seat, dan pada beberapa armada tertentu terdapat toilet.

Bus Pariwisata : menggunakan chassis Mercedes Benz, dengan berbagai macam tipe balutan bodi bus seperti HDD Avante Tentrem, HDD Jetbus 2 +.

Apakah mungkin kedepannya menambah armada model Avante H7 dan H9 dari Karoseri Tentrem? Atau justru bus tingkat Avante D2? Kita tunggu info selanjutnya ya 🙂
Keunggulan Avante D2 Bus Tingkat Pertama Tentrem.

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat

Jl. Gunungsari No.17, Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60254
(031) 5666628 / 081803257722
087852788588 (WA only, no call/sms)

Nah itu dia, sejarah dan profil singkat milik PO Hafana, jika Anda memiliki tambahan informasi, silakan share di kolom komentar yaaa 🙂

Kami menerima kritik dan saran yang membangun, untuk perbaikan penulisan di artikel berikutnya. Jangan lupa share ke teman ya 🙂

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Baca pula informasi merarik lainnya disini :

Cari Bus Pariwisata Terpercaya Klik Market Place

2 thoughts on “Tim Babat Alas, Sejarah PO Hafana Eksis Hingga Kini

  1. Kami mewakili manajemen PO. HAFANA menyampaikan terima kasih atas ulasan sejarah singkat dari PO kami. Yang pasti, PO. HAFANA akan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dalam melayani setiap kebutuhan bus Anda.
    Informasi lebih lengkap mengenai PO. HAFANA juga dapat diakses melalui “www.hafana.co.id” serta silakan follow FB dan IG kami di “pohafana”

    1. Terima kasih atas kunjungannya,

      Sangat senang sekali kami mendapat apresiasi dari PO. Hafana.

      Semoga dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

      Kami siap membantu untuk mempublikasikan update terbaru dari PO. Hafana.

      Jika ingin lebih jauh kami juga siap berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik.

      Sukses selalu PO. Hafana
      Salam Ayo Naik Bis
      Menjalin Persatuan Anti Kemacetan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.