Rice Truck ACT

Rice Truck ACT V 2.0 X Karoseri Trisakti X Nayottama

Diposting pada

Rice Truck ACT versi kedua ini yang dibangun oleh karoseri Trisakti dan CV Nayottama sebagai pengembang sistem ATM beras yang canggih, lihat apa saja teknologinya.

ACT (Aksi Cepat Tanggap) sebagai salah satu yayasan yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan yang meluncurkan beberapa kendaraan untuk distribusi bantuan pangan, kesehatan dan juga pendidikan.

Beberapa alat transportasi yang dibuat antar lain adalah food truck dan rice truck yang digunakan dalam membantu dalam distribusi bantuan dalam bentuk makanan matang dan bahan makanan khususnya beras diseluruh Indonesia.

Table of contents

Rice Truck ACT

Pada waktu yang lalu ayonaikbis.com diundang oleh tim dari Nayottama untuk ikut dalam proses pembuatan truk beras ini di karoseri Trisakti, Magelang.

Kami berkesempatan melihat langusung proses pembangunan mulai dari desain, membangun dikaroseri hingga proses commioning bersama team dari ACT.

Spesifikasi Rice Truck

ItemDetail
SasisMercedes Benz Axor 2528
KaroseriTrisakti
Hydraulic & ElectricalNayottama
Total Kapasitas±15 Ton
FiturMesin ATM Beras

Review Rice Truck

Truck dibuat oleh karoseri Trisakti Magelang meliputi bagian bodi frame dan plating serta pemasangan Hidrolik yang sudah dikembangkan oleh Nayottama.

Truk ini juga sudah dilengkapi dengan CCTV untuk mengawasi kegiatan disekitar truk yang layar monitornya terletak di kabin pengemudi.

Selain itu truk ini juga ditambahkan pula running text sebagai media informasi serta beberapa fitur lainnya antara lain :

Mesin ATM Beras

ATM Beras ACT

Mesin ATM beras didikebangkan oleh CV Nayottama yang merupakan spesialis Hydraulic, Pnumatic dan juga Electrical yang biasanya benyak digunakan oleh beberapa kendarana custom.

ATM beras berfungsi untuk mengatur pembagian beras sesuai dengan jatah yang diinginkan, selain itu dalam pengoperasiannya pun sangat mudah.

Setiap beras akan keluar dari mesin ATM yang dikontrol cukup dengan scan QR code bisa juga dengan tapping kartu yang sudah tersedia dan bisa juga dengan cara manual.

Dengan menggunakan teknologi ini tentunya proses pembagian beras jauh lebih efisien dan tiak membuang banyak waktu dalam pendistribusian beras kepada masyarakat.

Hydraulic System Rice Truck

Hydraulic System

Truk ini juga dilengkapi dengan sisi bagian samping yang dapat terbuka yang dikontrol menggunakan sistem hidrolik, saat posisi terbuka sisi samping kanan kiri akan berfungsi sebagai atap tenda sehingga tidak membutuhkan tenda tambahan.

Loading Mudah

Proses loading dalam pengisian tangki-tangki beras pun sangat mudah dengan adanya sistem hidrolik yang dapat mengangkat karung-karung beras kebagian atap untuk proses pengisian.

Pada bagian atap terdapat tujuh lubang untuk pengisian tanki yang terbuat dari stailess steel yang diatasnya juga dibuat dengan plat bordes agar tidak licin serta tambahan conveyer untuk kemudahan membawa karung.

Hidrolik yang dipasnag pada bagian belakang dapat dikontrol secara manual dengan tombol dapat juga dikendalikan menggunakan smartphone yang terhubung menggunakan koneksi bluetooth.

Tanki Air Bersih

Untuk sanitasi ditambahkan pula tanki air bersih dengan kapasitas sekitar 300 liter yang dapat digunakan dari awak truk ketika bertugas seandainya susah mendapatkan sumber air.

Generator

Adanya tambahan generator yang berfungsi ketika dilokasi yang tidak ada jaringan listrik maka proses dapat dilakukan dengan menggunakan genset sebagai sumber energi dan penerangan.

Space Tambahan

Terdapat pula space tambahan disela-sela tanki beras yang mampu menampung karung-karung beras dengan kapasitas sekitar 400 kg setiap ruangnya.

Sehingga total kapasitas yang mampu dibawa oleh Rice Truk adalah sekitar 15 ton yang siap mendistribusikan beras ke berbagai lokasi diseluruh Indonesia.

Videotron

Sebagai sarana informasi juga disematkan laya LCD yang berfungsi sebagai sumber informasi saat kegiatan pembagian beras berlangsung.

Video Rice Truck ACT

Itulah tadi sedikit review mengenai truk beras milik ACT dan untuk detail dari unit khusus ini bisa Anda simak pada video dibawah ini.

Informasi CV Nayottama

Jika Anda membutuhkan sistem hidrolik, pneumatic, eletrical, CCTV dan lainnya dapat menghubungi Nayottama yang berlamatkan di Jl. Raya Panongan No. 1C Kec. Panongan, Citra Raya, Cikupa – Tangerang, Telpon: (021) 29505035.

Setelah mengetahui informasi ini bagaimana menurut pendapat Anda dengan adanya Rice Truk versi ke 2 ini ? Apakah menarik.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan dan jika ada yang ingin Anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Baca Juga :