Gembira Loka

Gembira Loka, Bukan Sekedar Kebun Binatang Biasa

Diposting pada

Gembira Loka – Kebun binatang (bonbin) bukan hanya sekedar kebun binatang biasa. Banyak koleksi baru seperti hewan khas daerah salju, penguin, atau hewan padang pasir unta yang bahkan tak dimiliki oleh kebun binatang lain di Indonesia.

Selain itu, banyak wahana lain yang bisa dilakukan di kebun binatang seperti bermain ATV atau bermain smart wheel di sekitar kawasan kebun binatang sembari menikmati dan berinteraksi dengan hewan-hewan yang jinak.

Sejarah Gembira Loka

Siapa yang menyangka jika kebun binatang ternyata sudah ada jauh sebelum masa kemerdekaan. Ide awal pembangunan kebun binatang ini digagas oleh Sri Sultan HB VIII yang menginginkan adanya sarana hiburan untuk rakyat Yogyakarta.

Hingga kemudian pada tahun 1933 dibangunlah sebuah tempat hiburan yang diberi nama Kebun Rojo. Setelah Sri Sultan HB VIII mangkat, kemudian ide tersebut dilanjutkan oleh Sri Sultan HB IX dengan meminta bantuan kepada arsitek asal Belanda, Ir. Karsten.

Saat itu, Ir. Karsten memilih tempat yang terletak di antara sungai Winongo untuk pembangunan sebuah komplek untuk kebun binatang.

Pembangunan Kebun Rojo sempat terhenti karena berbagai hal seperti perang dunia dan dampak invasi Jepang ke Yogyakarta.

Namun, setelah ibukota negara yang semula sempat dipindahkan ke Yogyakarta kemudian dikembalikan ke Jakarta pada tahun 1949. Pemerintah Indonesia ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Sri Sultan HB IX sekaligus kepada rakyat Yogyakarta yang telah berjasa terhadap negara Repulik Indonesia.

Dan, proses pembangunan kebun rojo kembali dilanjutkan hingga pada tahun 1953, didirikan yayasan khusus yang akan mengelola kebun binatang tersebut yakni Yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang dipimpin oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII untuk melanjutkan pembangunan kebun binatang yang kala itu masih bernama Kebun Rojo.

Kemudian tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII mengalihkan pembangunan kebun binatang kepada Tirtowinoto yang belakangan berhasil membawa kemajuan untuk wahana ini. Tak hanya dari segi kualitas kebun binatang saja tapi juga koleksi hewan yang ada di sana pun terbilang lengkap.

Semakin majunya kebun binatang ini juga semakin menarik minat pengunjung yang tak hanya berasal dari Yogyakarta saja tapi juga dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah hingga Jakarta.

Mencari tempat wisata edukasi dengan fasilitas lengkap di Yogyakarta bukan hal sulit. Salah satunya kebun binatang ini dengan paket edukasi lengkap dan fasilitas mumpuni. Pengunjung disini bisa mengenal dan berinteraksi langsung dengan bermacam-macam satwa.

Bahkan terbaru, tahun 2019 lalu, kebun binatang juga menambah wahana sekaligus koleksi hewan baru yang diberi nama dengan zona cakar yang menghadirkan berbagai koleksi satwa pemakan daging atau karnivora.

Selain itu, tahun sebelumnya 2018, kebun binatang di selatan Yogyakarta ini juga semakin dikembangkan tidak hanya dari segi koleksi satwa yang ada saja tapi juga fasilitasnya semakin ditingkatkan. Termasuk wahana lain selain koleksi satwa yang bisa dilakukan di kebun binatang ini.

Baca juga : Pantai Botorubuh

Koleksi Satwa di Gembira Loka

Sebagai salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, koleksi satwa di dalamnya terbilang lengkap tak hanya satwa yang ada di daerah tropis saja tapi juga satwa-satwa yang memiliki karakter khusus seperti hewan di kawasan salju hingga di padang pasir, berikut koleksi satwa di kebun binatang yang menarik untuk dikunjungi.

Pinguin

Hewan yang hidup di kawasan bersalju ini menjadi koleksi baru di Gembira Loka. Tak banyak kebun binatang yang bisa menghadirkan hewan jenis pinguin ini, karena keadaannya harus menyesuaikan habitat aslinya.

Onta

Ingin merasakan suasana padang pasir khas Timur Tengah sekaligus menunggang hewan khas padang pasir, onta bisa ditemui di kebun binatang ini.

Gajah

Ingin berkeliling kebun binatang Gembira Loka sambil menunggangi hewan berbelalai panjang dan besar yaitu gajah pun bisa dilakukan sembari menikmati udara di sekitar yang sejuk dan teduh.

Baca juga : Wildlife Rescue Center

Satwa Jinak

Selain itu, pengunjung khususnya anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan kelompok satwa jinak seperti, domba, kura-kura, hingga kelinci.

Kolam Ikan

Terdapat juga wahana kolam ikan yang dibagi menjadi tiga jenis kolam yakni; kolam sentuh yang membebaskan pengunjung untuk bermain dan menyentuh berbagai jenis ikan. Kemudian, ada juga kolam tangkap dimana pengunjung bisa sepuasnya menangkap ikan. Serta kolam terapi sebagai tempat untuk mengusir kepenatan dengan sentuhan lembut dari ikan kecil yang berfungsi sebagai terapi.

Atraksi Satwa

Terdapat juga berbagai atraksi satwa seperti pertunjukan burung (bird show), atau berinteraksi dengan hewan melata ular seperti berfoto hingga bermain bersama iguana.

Atau bisa juga dengan berinteraksi dengan satwa dengan ikut memberi makan secara langsung serta melihat berbagai keahlian satwa terlatih seperti orang utan dan beruang bermain ketangkasan.

Baca juga : Candi Sambisari

Berkeliling Kebun Binatang

Terdapat juga wahana berkeliling kebun binatang seperti Taring atau transportasi keliling dan zoo express dengan kereta terbuka yang dijamin akan memuat senang anak-anak.

Ninebot: Pengunjung bisa melatih ketangkasan di atas smart wheels, di area seluas 1.792 m2

Wahana di Kebun Binatang

Terdapat wahana lain selain berkeliling dan menyaksikan berbagai koleksi satwa di kebun binatang, seperti bermain ATV,  perahu kayuh untuk berkeliling sungai di kebun binatang ini dengan perahu menyerupai angsa yang dikayuh dengan kaki. Atau bisa juga dengan bermain sekuter air seperti jetski yang kecepatannya sangat aman untuk anak kecil.

Ada juga perahu katamaran sebuah perahu berukuran besar yang bisa berkeliling danau sambil melihat seluruh koleksi satwa di kebun binatang ini.

Fasilitas Gembira Loka

Fasilitas di kebun binatang ini juga terbilang lengkap, seperti gerai souvenir, toilet khusus untuk pengunjung disabilitas, ruang laktasi, hingga fasilitas stroler bayi untuk pengunjung yang membawa bayi.

Tak hanya itu saja, terdapat juga fasilitas kursi roda, WIFI gratis serta sentra-sentra kuliner hingga gelang khusus anak agar anak-anak yang berkunjung tidak hilang dari pantauan orang tua.

Tarif Tiket dan Jam Kunjungan Gembira Loka

Untuk ukuran sebuah kebun binatang yang memiliki koleksi yang terbilang lengkap, tarif tiket masuk yang ditawarkan juga terbilang murah. Yakni Rp. 60 ribu perpengunjung untuk hari Senin sampai Kamis dan Rp. 75 ribu perpengunjung untuk hari Sabtu, Minggu dan libur nasional.

Tak hanya itu saja, harga tiket yang diberlakukan oleh pengelola kebun binatang Gembira Loka ini juga sudah termasuk tiket menumpang kereta taring dan kapal katamaran.

Jam kunjungan di Gembira Loka mulai dari pukul 09.00 – pukul. 15.00 sore untuk hari Senin sampai Kamis, sedang di hari Sabtu, Minggu dan libur nasional jam kunjungannya adalah pukul. 08.30 sampai pukul 16.00 sore.

Lokasi Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka terletak di Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede atau berada tidak jauh dari Terminal Giwangan dan Keraton Yogyakarta.

Cara ke Gembira Loka

Untuk anda yang hendak berkunjung ke Gembira Loka dari Semarang, kamu bisa naik bus AKAP Semarang – Jogja menggunakan bus Sugeng Rahayu / Sumber Slamet (ATB) atau bisa juga menggunakan bus EKA / MIRA dan turun di Terminal Giwangan kemudian menumpang angkutan umum.

Sedangkan, jika dari Surabaya bisa langsung menggunakan bus Sugeng Rahayu / Sumber Slamet (ATB) atau bisa juga menggunakan bus EKA / MIRA kemudian turun di Terminal Giwangan dilanjutkan dengan kendaraan umum atau ojek online.

Informasi pemesanan tiket bus Sugeng Rahayu dan EKA dapat dilakukan di ayonaikbis.com secara online:

Pesan tiket bus & travel semakin mudah di ayonaikbis.com tanpa harus antre dan tidak perlu install aplikasi lagi. Temukan kemudahan melakukan perjalanan dengan pesan tiket di ayonaikbis.com sekarang.

Atau bisa juga menghubungi agen penjualan tiket bus EKA / Sugeng Rahayu:

Rental Kendaraan

Selain sewa bus dan pesan tiket, ayonaikbis.com juga menawarkan layanan sewa mobil dengan harga yang terjangkau untuk mengunjungi kebun binatang Gembira Loka.

Nah itu tadi informasi mengenai tempat wisata Kebun Binatang Gembira Loka yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Dapatkan informasi terkini dan terpilih dari www.ayonaikbis.com :

    5/5 - (2 votes)