City Pilot Bus
City Pilot Bus Mercedes Benz

City Pilot Bus Semi Auto Terbaru Mercedes Benz

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Bus terbaru City Pilot Semi auto yang dapat berjalan tanpa sopir dari Mercedes Benz.

Seakan ingin menjadi terdepan dalam pengembangan teknologi hal ini terbukti dengan kehadiran bus terbaru City Pilot yang siap bersaing dengan bus terbaru Scania Interlink yang juga bermain di kelas city bus.

Mercedes Benz benar-benar menyiapkan sebuah kendaraan yang akan banyak dibutuhkan di kota-kota besar di seluruh dunia.

Dimana kota-kota besar banyak mengalami masalah dengan kemacetan lalu lintas sehingga membutuhkan alat transportasi publik seperti BRT yang nyaman dan aman.

Oleh karena itu Mercedes Benz mengembangkan bus terbaru dengan nama City Pilot ini dikembangkan dari pendahulunya Mercedes Benz Citaro.

Nantinya dimasa depan model ini akan menjadi trend kendaraan semi automatis ini alias dapat berjalan tanpa pengemudi.

Nah untuk mengetahui bus terbaru dari Mercedes Benz mari kita bahas satu persatu, teknologi modern apa saja yang di sematkan pada bus ini.

City Pilot Mercedes Benz

  1. Semi Auto Pilot : Bus terbaru City Pilot Mercedes benz ini dapat berjalan tanpa perlu driver artinya dapat berjalan sendiri (self driving).
  2. Radar : Radar yang berfungsi untuk memantau lingkungan sekitar.
  3. GPS: GPS yang disematkan sangat berguna untuk menentukan posisi bus tersebut.
  4. Spion Camera : Tidak ada lagi cermin pada spion karena digantikan oleh kamera.
  5. Mengenali lampu lalu lintas, berkomunikasi dengan lingkungan sekitar untuk mengetahu apakah ada orang yang menyeberang atau tidak dan terutama pada persimpangan jalan.
  6. Pengereman otomatis
  7. Dan lain-lain

Baca Juga: Bus terbaru Evolander, Bus Terbaru PO EKA, Bus Terbaik di Indonesia

Tampilan Eksterior

Berikut ini adalah tampilan bus terbaru dari mercedes benz dengan desain yang unik dan terasa berbeda dengan bus pada umumnya.

Bus terbaru City Pilot
City Pilot

Dimana tampilan depan memiliki grill yang menjadi ciri khas Mercedes Benz yaitu logo bintang tiga pada bagian tengah dan tidak nampak headlamp konvesional.

Model headlamp terlihat dua buah garis yang melintang di antara logo Mercedes Benz.

Memang untuk secara fungsi lampu depan bus ini tidak terlalu berguna bagi pengemudi karena memang bus ini dapat berjalan sendiri.

Namun fungsi lain dari lampu depan hanya sebagai penanda bagi kedaraan lain atau orang lain yang akan berpapasan dengan bus ini.

Pada bumper pun tidak banyak lekukan atau asesoris terlihat polos tanpa foglamp tetapi yang menarik dari desain City Pilot adalah pada bagian kaca depan bagian atas yang terhubung dengan roof top .

Nampak desainnya sangan unik karena memiliki desain harmonis yang asimetris dengan kata lain bagian kanan dan kiri memiliki bentuk berbeda dan pada bagian tersebut terlihat tulisan CP yang berarti City Pilot.

Secara keseluruhan pun City Pilot memiliki bentuk yang tidak benar-benar kotak karena nampak pada atap bus ini tidak rata.

Bagian depan dan belakang terlihat lebih tinggi dan rendah pada bagian tengah.

Spion juga lebih kecil karena memang sudah tidak menggunakan cermin melainkan merupakan spion kamera.

Pada sisi samping City Pilot pun terlihat garis desain yang unik, terlihat lekukan yang tidak lurus melainkan naik turun dengan permainan kaca dan cat hitam serta terlihat garis tersebut di pertajam dengan LED berwarna biru yang mengikuti polanya.

Karena ini merupakan City bus sehingga pintu terletak pada bagian tengah dan pada bagian tengah juga terdapat emblem besar bertuliskan Future Bus.

Yang menarik dari bus terbaru City Pilot ini adalah terdapat dua pintu lebar yang memudahkan saat kluar masuk penumpang dan pintu ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis.

Dengan sebuah tanda pada bagian atas, ketika pintu tertutup maka garis tanda berwarna merah dan jika berwarna hijau berarti pintu terbuka.

Bus tanpa sopir
Pintu tertutup
Bus terbaru
Pintu terbuka

Selain berfungsi sebagai penanda garis penanda ini juga memperindah dari desain bus City Pilot ini.

Dan pada pintu masuk juga terdapat sebuah sensor untuk menempelkan kartu tiket bus jadi semua transaksi sudah dilakukan secara elektronik agar lebih efisien dan mudah.

Baca Juga : Desain bus laksana LDS, Desain bus Nbus dan Desain bus Tourino

Kemudian beralih pada bagian belakang City Pilot nampak desain lampu belakang yang menjadi ciri khas Mercedes Benz Travego yang juga telah rilis pada tahun 2016 ini.

Dimana model lampu yang digunakan simple dengan pola garis-garis asimetris juga disematkan pada City Pilot dengan 5 garis pada lampu belakang.

Sisi bumper belakang pun juga tidak nampak beberapa bentuk yang rumit melainkan desain yang terkesan polos dan simple dengan paduan cat warna hitam dengan logo Mercedes Benz pada bagian tengah.

Kemudian sisi kaca belakang yang dibuat tidak full melainkan bentuknya hanya setengah bagian seperti pada bagian depan dan terdapat variasi yang tidak simetris pada sisi kiri.

Sebagai fitur navigasijuga disematkan sensor untuk mendeteksi keadaan sekitar bagian belakang bus apakah bebas dari penghalang atau mendeteksi object yang melintas.

City Pilot
Tampilan Belakang

City Pilot sudah melakukan uji coba di Stuttgart / Amsterdam – Megacities berjalan sepanjang 20 km tanpa pedal rem menembus kemacetan dan melewati terowongan.

Dengan pengemudi yang duduk tanpa perlu menginjak pedal gas atau rem karena bus berjalan dengan otomatis hanya saja pengemudi dapat ikut mengendalikan jika dalam keadaan darurat.

Selama proses uji coba City Pilot dapat berjalan dengan tanpa hambatan berarti.

Dengan teknologi modern ini City Pilot dapat beroperasi lebih baik dibandingkan bus konvensional karena sistem di kontrol dengan komputer.

Dengan bekal sistem canggih membuat bus ini berkerja lebih efisiensi, halus, serta pengemudian yang lebih baik sehingga menurunkan keausan dan menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi.

Bus City Pilot memiliki pajang 12 meter dengan interior yang benar-benar terasa sangat berbeda dari bus konvensional terutama busway.

Interior Bus

Nampak model konfigurasi tempat duduk menyamping dengan desain tempat duduk yang futuristik.

Bus terbaru
Interior City Pilot
Bus terbaru
Desain tempat duduk futuristik

Paduan desain plafon yang indah dan sistem pencahayaan yang baik memberikan kesan mewah dan nyaman.

Baca Juga : Foto Bus Irizar i8, New Travego 2016 dan Bus Pariwisata Malaysia

Terdapat pilar-pilar yang di desain sangat unik sehingga terkesan seperti batang pohon dan beberapa tiang lainnya bercabang yang menyatu dengan permainan lampu yang seakan-akan seperti daun menambah kesan go green.

Selain itu fitur Wifi juga disematkan dalam City Pilot ini dan yang tidak kalah penting adalah fitur untuk mengecas handphone tanpa kabel, jadi cukup meletakan handphone tersebut pada charger nirkabel.

Charger HP dalam Bus
Charger nirkable

Pada bagian kokpit untuk driver nampak lebih ringkas tidak banyak tombol pada bagian dashbord melainkan hanya ada layar yang akan menginformasikan driver dengan penumpang atau untuk mengatur hiburan.

Beberapa tombol navigasi dan fungsi lain diletakan tepat di atas kepala driver hal ini membuat tampilan bus City Pilot terlihat lebih rapi dan longgar.

Nah untuk mengetahui lebih jauh silahkan melihat video bus terbaru City Pilot atau galleri foto City pilot.  

Lalu bagaimana pendapat Anda dengan model bus terbaru dari Mercedes Benz ini. Dan jangan segan untuk membagikan artikle ini jika bermanfaat.

Baca Juga Informasi Bus Terbaru Berikut Ini

Sumber :Daimler.com dan Autoblog.com

Tidak menemukan yang Anda cari ? Coba tuliskan disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.