Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Kaca anti peluru mungkin adalah salah satu solusi bagi kasus-kasus pelemparan kaca bus di daerah Sumatera, pastinya pelemparan batu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap bus-bus di daerah Sumatera sudah sangat meresahkan dan sangat berbahaya.

Kaca Anti Peluru

Kaca bus pecah akibat pelemparan batu ( Pic : Tribun)

Kasus pelemparan batu kerap terjadi menimpa bus-bus Antar Propinsi sebagai contoh pada 25 Juni 2015 bus Kurnia menjadi sasaran pelemparan batu oleh orang tidak dikenal di kawasan Seuneubok Baro, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang. Selanjutnya bus Putra Pelangi berplat BL 7514 AA di kawasan Aceh Timur juga menjadi korban pelemparan batu oleh pengendara motor tidka dikenal. Begitu pula bus Simpati Star nomor polisi BL 7702 AA menjadi aksi tidak bertanggung jawab dilempar sekelompok remaja di kawasan Bireum Rayeuk, Kecamatan Bireum Bayeun, Aceh Timur, 18 Juni 2015 dan masih banyak kasus lain yang menimpa PO-PO dengan jalur Sumatera.

BACA JUGA :  Bus Highdeck Indonesia Terbaik 2016

Kaca Anti Peluru

Bus Sempati Star (Pic: Buspacu)

Pelemparan batu terhadap bus ini makin marak ketika mendekati bulan Ramadhan atau bulan puasa,nah oleh karena itu kasus-kasus pelemparan kaca bus ini perlu diperhatikan lebih lagi ketika menghadapi bulan ramadhan dan kali ini ayonaikbis.com akan membagikan salah satu alternatif menghadapi aksi tidak bertanggung jawab pelemparan batu terhadap bus di Sumatera.

Solusi yang terjadi saat ini untuk keselamatan pengemudi dan penumpang kebanyakan PO-PO asal Sumatera menambahkan tameng berupa kawat pada kaca depan bus, diharapkan ketika ada batu yang di lemparkan kaca depan bus terlindungi dan kaca tidak pecah yang dapat mengakibatkan pengemudi terkena lemparan batu dan serpihan kaca yang menyebabkan kecelakaan. Solusi menambahkan tameng kawat pada kaca depan bus ini memang sudah lebih baik tetapi kekurangannya adalah pandangan pengemudi akan terganggu dengan adanya kawat pelindung ini.

BACA JUGA :  Kelebihan Dan Kekurangan Sleeper Bus

Baca Juga : PO Terbaik di Indonesia, Bus High Deck Terbaik dan Volvo Vs Mercedes Benz 8×2

Nah bagaimana jika kaca bus diganti dengan kaca anti peluru ?

Mari kita kenali dulu apa itu kaca anti peluru dan seberapa amankah kaca anti peluru dan apakah kaca anti peluru dapat di aplikasikan untuk kendaraan bus.

Kaca Anti Peluru

Bus Force One (Pic:businessinsider.com)

Kaca Anti Peluru meskipun menurut kami kata “Anti Peluru” kurang tepat digunakan karena kaca ini masih bisa pecah jika menggunakan peluru kaliber tertentu. Menurut kami kata yang tepat adalah “Kaca Tahan Peluru” karena kemungkinan masih bisa tembus tergantung ketebalan kaca dan peluru yang menghantam.
Biasanya kaca anti peluru / kaca tahan peluru digunakan untuk mobil-mobil khusus misalnya mobil pejabat negara atau orang penting negara, contohnya presiden dan kabinetnya dan juga untuk mobil – mobil militer, mobil box bank yang membawa brangkas uang karena memang kemungkinan banyak yang akan memburu bahkan ingin melakukan kejahatan dengan menembak sehingga perlu keamanan yang ekstra.

BACA JUGA :  Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning ?

Pada dasarnya kaca anti peluru adalah sama seperti kaca kendaraan pada umumnya yaitu kaca laminasi (Laminated Glass) akan tetapi ketebalan dan jenis laminasinya yang di gunakan adalah polykarbonat yang merupakan senyawa transparan mirip seperti halnya kaca.

Kaca berlaminasi memiliki kelebihan sebagai pengikat kaca jika terjadi benturan atau bahkan jika kaca tersebut pecah maka potongan kaca tidak akan bertaburan melainkan masih tetap pada posisinya karena diikat oleh laminasi tersebut.

Baca juga : Cara membeli tiket bus online, evolander berbagai livery dan harga tiket bus

Kekuatan kaca anti peluru atau kaca tahan peluru terletak pada laminasi polykarbonatnya. Polikarbonat adalah suatu kelompok polimer termoplastik yang mudah dibentuk dengan menggunakan panas. Plastik jenis ini digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini.

Plastik polykarbonat ini memiliki banyak keunggulan, yaitu ketahanan termal (panas) yang lebih baik jika dibandingkan dengan plastik jenis lain, tahan terhadap benturan dan sangat bening. Nah agar lebih jelas tentang kaca anti peluru silahkan simak video di bawah ini:


BACA JUGA :  Molina Bus Listrik Universitas Indonesia

BACA JUGA :  Bus Double Decker SCANIA K410IB Pertama Wonogiri-Jakarta

BACA JUGA :  Bus DAMRI Grand Tourismo Terbaru

BACA JUGA :  Fitur Anti Maling Bus SCANIA

BACA JUGA :  Iveco Magelys Dinobatkan Sebagai Coach Of The Year 2016

Nah tetapi yang perlu di perhatikan adalah kaca anti peluru ini sebaiknya diaplikasikan hanya untuk kaca bagian depan bus saja karena untuk alasan keselamatan, apabila semua kaca dibuat anti peluru dan terjadi kecelakaan maka penumpang juga akan kesusahan untuk memecahkan kaca tersebut, karena selain pintu darurat dan emergency roof kaca bus bagian samping sengaja dibuat untuk dipecahkan jika keadaan darurat jadi sebaiknya tetap menggunakan kaca jenis biasa (tempered glass).

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai kaca anti peluru. jadi bagaimana menurut pendapat Anda apakah bisa menjadi salah satu solusi dalam menghadapai kasus pelemparan batu terhadapat kaca bus di Sumatera. Jika ada ide lain silahkan tinggalkan komentar.

Sempatkan waktu Anda untuk membaca tentang Ayo Naik Bis, jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan dan jangan lupa subcribe untuk mendapatkan informasi terbaru langsung ke email Anda.

Comments

comments