Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Karoseri Agustus, Magelang mungkin adalah salah satu karoseri yang memproduksi bus-bus besar, bus medium, microbus dan juga bus engkel. Karoseri Agustus memang belum sebesar karoseri Adi Putro, atau Karoseri Laksana, karoseri New Armada, karoseri Trisakti,  karoseri Tentrem, karoseri Morodadi Prima, karoseri Rahayu Sentosa dan lainnya. Tetapi disini kami akan membagikan produk karoseri Agustus yang boleh dibilang unik yaitu engkel model SHD.

Trend bus saat ini sedang di gandrungi oleh model SHD (super high deck) yang diluncurkan oleh karoseri Adi Putro, model super high deck tersebut sebenernya adalah terletak pada rancang bangun pada lantai bus yang dibuat lebih tinggi dari model bus standar pada umumnya. Nah tetapi dengan model ini karoseri Adi Putro meluncurkan bus model Jetbus SHD ini dengan ciri khas menggunakan dual glass atau menggunakan dua kaca pada bagian depan yang dibagi menjadi dua atas dan bawah dimana antara kedua kaca tersebut terdapat sekat pemisah yang dibuat sebagai nilai jual dengan menambahkan topi antara kedua kaca tersebut.

Meskipun model kaca terpisah ini ditenarkan oleh karoseri Adi Putro di Indonesia, sebenarnya model ini lebih dulu dirilis oleh karoseri asal Brasil yaitu Marcopolo dengan produk busnya Paradiso G7 yang menggunakan dua kaca dengan sekat pemisah yang seperti topi itu.

BACA JUGA :  Kejujuran Kru Bis "SK"

Nah dengan trend dual glasses tersebut maka banyak karoseri di Indonesia juga membuat model yang serupa dengan gaya masing-masing karoseri seperti halanya Jetliner versi Rahayu Sentosa, New Grand Toursimo versi karoseri Morodadi Prima, dan yang terbaru Avante dari karoseri Tentrem yang juga menggunakan model kaca belah ini.

Tapi kali ini karoseri Agustus berani menujukan gaya mereka dengan membuat body bus dengan gaya ala SHD (Super High Deck) pada bus-bus engkel yang biasanya untuk angkutan antar kecamatan atau desa. Meskipun  bus yang dibuat bergaya SHD sebenarnya hanya penambahan topi saja pada kaca depan tanpa ada perubahan rancangan pada kaca depan bus, karena memang bus engkel secara dimensi sudah sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan double glass. Nah berikut ini foto-foto bus engkel SHD ala karoseri Agustus.

Tampilan depan engkel SHD karoseri Agustus menggunakan model headlamp model eagle eye seperti model Jetbus SHD karoseri Adi Putro dengan tampilan garang dilengkapi dengan foglamp yang juga mirip dengan Jetbus tetapi model engkel SHD ini menggunakan mesin depan sehingga bagian depan bus terdapat lubang-lubang grill sebagai sirkulasi udara dari ruang mesin.

Tak hanya model lampu eagle eye terdapat topi pada bagian atas yang terhubung dengan selendang bagian samping bus, selendang garnis ini sekilas mirip dengan selendang Tourismo dari Daimler dan engkel SHD ini juga mengabungkan model garnis yang digunakan oleh Tentrem Max dengan warna silver dibelakang pilar B.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga SCANIA K410IB

Model kaca samping yang digunakan pun sisi bagian belakang dibuat meruncing dengan bagian atas terdapat segitiga berwarna merah seperti model selendang new Setra. Dan pada sisi belakang model cowl Engkel SHD ini juga sekilas mengacu pada cowl Jetbus dengan kisi-kisi udara dengan tambahan stop lamp segitiga serta terdapat tambahan emblem embos di sisi bawah kaca belakang dengan bertuliskan Agustus yang model emblem ini juga tersinpirasi dari model jetbus Adi Putro.

Agar terlihat lebih garang model engkel SHD ini juga menyematkan double muffler dan juga terdapat tambahan side roof  dengan bertuliskan future bus. Dan yang menjadi ciri khas dari bus-bus engkel adalah dengan menggunakan klakson terompet pada bagian atas yang berjejer, tambahan lampu pada bagian atas dan juga bawah dan tidak lupa pada sisi kanan kiri bus terdapat plat bordes sebagai ciri khas.

BACA JUGA :  Inilah Bus Van Hool Seharga 7 Milyar

Nah itu tadi sekilas mengenai bus engkel SHD karya karoseri Agustus semoga bisa menambah pengetahuan, jika informasi ini bermanfaat mohon bagikan. Terima kasih.

Sumber foto : agustuskaroseri.blogspot.co.id