Wisata Lepen Kencono

Wisata Lepen Kencono, Menikmati Sensasi Mandi Bersama Ikan Air Tawar

Diposting pada

Wisata Lepen Kencono tempat wisata yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten ini dulunya adalah aliran sungai yang kotor dan dipenuhi dengan sampah, dan nyaris tak dilirik oleh siapapun kecuali sebagai tempat pembuangan sampah.

Lepen Kencono

Berkat kegigihan Bagong Margono, yang prihatin terhadap keadaan Lepen Kencono yang kemudian menyulapnya menjadi objek wisata paling dikenal tak hanya oleh masyarakat sekitar Kabupaten Klaten saja tapi juga hingga ke Yogyakarta dan Jakarta.

""

Keberhasilan menyulap aliran sungai ini pula mendapat apresiasi langsung dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Bahkan setelah kunjungan Ganjar Pranowo ke Lepen Kencono dan kemudian mengunggah foto dirinya dengan latar Lepen Kencono di akun Twitter resmi miliknya semakin membuat kawasan wisata ini dikenal bahkan sempat viral.

Obyek wisata Lepen Kencono yang dalam bahasa Jawa bermakna sungai emas ini juga belakangan dikenal dengan sebutan Water Gong atau kependekan dari waterboom simbah Bagong, setelah kian banyaknya anak-anak yang bermain dan berenang di Lepen Kencono.

Lepen Kencono atau Watergong ini biasanya ramai dikunjungi saat akhir pekan atau saat musim libur panjang, dengan intensitas kunjungan yang tinggi meski demikian pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang hendak berkunjung ke Lepen Kencono.

Baca Juga : Pabrik Gula Gondang Winangoen

Sejarah Lepen Kencono

Obyek wisata yang memang terbilang baru di Kabupaten Sleman ini, adalah aliran dari Sungai Gejikan yang awalnya difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih salah satu pabrik gula yang berada tak jauh dari aliran sungai.

Selain itu, warga sekitar juga memanfaatkan aliran air sungai untuk mengairi areal-areal persawahan mereka. Belakangan, seiring dengan perkembangan wilayah Desa Ponggok.

Aliran sungai ini malah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, alur sungainya bahkan menjadi kecil karena tertutup dengan banyaknya sedimen sampah yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Bagong Margono

Adalah Bagong Margono, aktivis pencinta lingkungan yang merasa prihatin atas keberlangsungan aliran sungai yang dipenuhi dengan sampah itu.

Warga setempat bahkan harus melengos saat melintasi aliran sungai yang kotor dan berbau itu.

Berangkat dari hal itulah, secara perlahan selama bertahun-tahun Bagong Margono yang dibantu warga sekitar membersihkan Lepen Kencana dengan alat-alat sederhana secara bergotong royong.

Untuk mengubah kebiasaan warga yang membuang sampah di sungai tersebut, Bagong menyediakan gerobak sampah khusus di tiap permukiman desa setempat.

Proses normalisasi aliran sungai sepanjang 100 meter dengan lebar 5 meter itu tidak dilakukan Bagong dalam waktu yang singkat.

Setelah air sungai bersih, lama-kelamaan banyak warga yang tertarik mengunjungi Lepen Kencono dan bahkan menjadikannya sebagai tempat pemandian karena airnya yang jernih dan menyegarkan.

Semakin ramainya kunjungan wisatawan ke Lepen Kencono bahkan ada yang berasal dari Yogyakarta, membuat Bagong tak puas hanya dengan menjadikan tempat ini sebagai kolam pemandian.

Ia pun berinisiatif membangun wahana-wahana baru seperti air tumpah hingga membagi kawasan kolam menjadi tiga bagian; untuk balita, anak-anak dan dewasa.

Fasilitas Lepen Kencono

Banyak fasilitas yang bisa dijumpai di Lepen Kencono, mulai dari wahana permainan air termasuk kolam-kolam yang diisi dengan berbagai ikan air tawar seperti nila dan ikan koi.

Ratusan hingga ribuan ikan air tawar hias yang jinak ini seolah mengiringi wisatawan yang sedang berenang di tempat ini yang menjadi daya tarik dari tempat wisat klaten

Selain itu terdapat pula wahana mandi bola yang disediakan khusus untuk anak-anak serta beberapa wahana lain seperti jembatan goyang, tubing dan slider untuk mengasah kemampuan anak sehingga mendapat dua manfaat sekaligus bermain sambil belajar.

Sedangkan untuk pengunjung dewasanya, di Lepen Kencono juga terdapat sarana olahraga lain seperti rafting, outbound bahkan bisa dijadikan sebagai tempat berkemah.

Lelah usai bermain air, pengunjung bisa menikmati sajian berbahan dasar ikan nila hasil panen dari Lepen Kencono atau menu-menu lain yang banyak ditawarkan di rumah-rumah makan yang ada di Lepen Kencono.

Sambil menyantap sajian menu khas Lepen Kencono, pengunjung juga bisa menikmati alunan lagu dari hiburan organ tunggal yang dikelola oleh warga setempat.

Tiket Masuk Wisata Lepen Kencono

Awalnya obyek wisata ini sama sekali tidak membebankan tiket masuk kepada pengunjungnya. Inisiatif tarif masuk Lepen Kencono justru berasal dari pengunjung itu sendiri yang merasa tidak enak dan ingin menghargai jasa Bagong Wardono.

Untuk tiket masuk yang diberlakukan oleh pengelola Lepen Kencono pun terbilang murah hanya Rp.5 ribu per orang. Hasil dari penjualan tiket itupun digunakan kembali untuk kelangsungan obyek wisata Lepen Kencono seperti untuk menambah wahana serta untuk biaya kebersihan objek wisata agar terus terjaga dari sampah.

Jam Operasional Lepen Kencono

Obyek wisata ini selalu buka setiap harinya, mulai dari pukul 08.00 – Pukul. 16.00 sore. Meskipun demikian, di malam hari obyek wisata ini juga tetap melayani pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang yang ada di Lepen Kencono atau bisa juga menikmati hiburan live musicnya.

Transportasi ke Lepen Kencono

Lepen Kencono memiliki lokasi yang mudah di akses oleh siapapun baik untuk pengunjung sekitar Kabupaten Klaten maupun pengunjung dari luar.

Wisatawan bisa memanfaatkan moda transportasi udara dengan transit di Bandara Adisumarmo Solo kemudian dilanjutkan menuju ke lokasi Lepen Kencono

Sedang yang memanfaatkan transportasi kereta api baik dari arah Jakarta ataupun Surabaya, pengunjung bisa turun di Stasiun Balapan Solo.

Atau bisa juga dengan bus antar kota antar provinsi kemudian turun di Terminal Ir.Soekarno Klaten dan bisa lanjut menggunakan jasa sewa mobil atau rental motor.

Rental Mobil Klaten atau Bus

Tapi buat anda yang tidak ingin susah dan ingin mengunjungi obyek wisata lain di Kabupaten Klaten namun tak ingin direpotkan dengan urusan turun naik angkutan umum,

Anda dapat dengan mudah maka memilih opsi sewa kendaraan adalah pilihan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sedangkan untuk Anda yang berkunjung bersama keluarga dalam jumlah yang besar, bisa dengan menyewa bus pariwisata.

Banyak pilihan bus pariwisata dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak dari 17 – 59 orang serta dilengkapi fasilitas AC serta kursi penumpang yang bisa diatur posisinya agar anda tetap nyaman selama perjalanan.

Temukan Daftar Rental Mobil di ayonaikbis.com :

Keuntungan Rental Mobil Klaten

Dengan menyewa mobil di Klaten maka perjalanan wisata anda akan terjamin keamanan dan kenyamanannya selain itu anda juga bisa leluasa menentukan tujuan wisata yang hendak anda kunjungi.

Meski demikian, sebelum memutuskan untuk merental mobil ataupun bus, ada baiknya memilih jasa rental mobil Klaten yang terpercaya yang memiliki proses reservasi serta ketersediaan armada yang memadai.

Pesan Kendaraan atau Bus Mudah dan Murah di ayonaikbis.com

Tak banyak pengelola jasa penyewaan kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggannya, salah satunya adalah penyedia jasa sewa bus pariwisata di Klaten.

Dengan proses reservasi yang mudah sekaligus murah, ayonaikbis.com menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas tertinggi dalam melakukan pelayanan.

Didukung dengan armada yang terawat, bersih dan rapi serta pelayanan yang profesional dan fasilitas yang lengkap, menjadikan ayonaikbis.com sebagai one stop service terbaik untuk berbagai kebutuhan

Nah apakah Anda tertarik untuk mengunjungi wisata Lepen Kencono Klaten ini ? Yuk Share pengalamanmu jika sudah pernah datang ke tempat ini.

Baca Juga :

""