Wildlife Rescue Center Kulon Progo

Wildlife Rescue Center Kulon Progo, Tempat Rehabilitasi Satwa Dilindungi

Diposting pada

Wildlife Rescue Center (WRC) Jogja tempat konservasi satwa di Jogja untuk menyelamatkan satwa yang dilindungi, yuk simak ada apa saja disana.

Apakah Anda pecinta satwa dan ingin menemukan berbagai macam binatang langka yang mungkin jumlahnya sudah tidak banyak, Anda bisa kunjungi WRC Kulon Progo ini.

Wildlife Rescue Center Kulon Progo

WRC yang juga dikenal dengan pusat penyelamatan satwa Yogyakarta ini memiliki berbagai jenis koleksi satwa dilindungi untuk kemudian dilepas liarkan.

Obyek konservasi ini bisa menjadi pilihan tepat untuk memberikan pemahaman tentang kelangsungan satwa sekaligus belajar mengenai jenis-jenis satwa.

Dengan berkunjung ke pusat penyelamatan satwa ini juga Anda secara tidak langsung telah memberikan donasi untuk kelangsungan hidup para satwa yang ada di WRC ini.

Tak heran jika banyak yang datang untuk melihat langsung berbagai koleksi satwa yang ada di WRC ini bahkan beberapa satwa yang ada di WRC sudah masuk dalam kategori langka dan amat susah dijumpai.

Satwa Hasil Sitaan

Kebanyakan satwa yang ada di WRC ini adalah merupakan satwa atau hewan yang merupakan hasil sitaan dari warga ataupun tempat lain yang memelihara satwa dilindungi secara ilegal.

Selain itu, ada juga beberapa satwa yang didapatkan oleh petugas WRC ketika satwa tersebut merambah ke permukiman warga sehingga akan sangat berbahaya tak hanya untuk keselamatan warga tapi juga keselamatan satwa tersebut.

Satwa-satwa hasil sitaan tersebut umumnya disiapkan terlebih dahulu di lokasi WRC untuk kemudian dilepas liarkan kembali ke alam bebas sebagai habitat aslinya.

Beragam Jenis Koleksi Satwa

Satwa di WRC Jogja
Satwa di WRC Kulon Progo, Photo : https://www.instagram.com/wrcjogja/

Beberapa jenis satwa yang paling banyak dijumpai di WRC adalah orang utan, beruk, Owa Jawa hingga monyet. Selain berasal dari sitaan, kebanyakan hewan-hewan yang dilindungi ini juga di dapat dari pengungkapan kasus penjualan satwa dilindungi secara ilegal bahkan hingga diselundupkan ke luar negeri.

Lingkungan yang Asri

Jika Anda berada di lokasi penangkaran dan konservasi WRC ini tak hanya sekedar melihat berbagai jenis satwa saja, tapi juga menikmati suasana lingkungan yang asri dan masih terjaga kealamiannya.

Keadaan lingkungan yang diciptakan menyerupai hutan ini memang sengaja dibuat untuk menyesuaikan habitat asli yang menjadi tempat tinggal satwa yang dilindungi itu agar siap ketika dilepaskan kembali ke alam bebas.

Baca Juga : Wisata Bendungan Ancol

Aktivitas di Wildlife Rescue Center

Selain itu, terdapat berbagai aktivitas lain yang bisa Anda dilakukan ketika berada di Wildlife Rescue Center Yogyakarta ini, seperti;

Menyaksikan Satwa dari Kubah Raksasa

Terdapat sebuah kubah raksasa yang terbuat dari besi. Di dalam kubah ini terdapat berbagai jenis satwa dilindungi khususnya orang utan.

Kubah atau dome ini pun suasananya dibuat menyerupai hutan layaknya habitat asli orang utan agar satwa tersebut benar-benar siap ketika dilepaskan kembali ke kawasan hutan.

Disini Anda bisa melihat langsung aktivitas orang utan seperti bergelantungan di pohon atau bahkan berinteraksi secara langsung karena orang utan yang ada di WRC ini relatif sudah jinak.

Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung proses perawatan satwa orang utan ini mulai dari pemberian makan hingga pemberian obat khusus bagi orang utan yang sakit.

Kubah raksasa ini memiliki diameter sekitar 125 meter dengan ketinggian mencapai 25 meter yang memiliki kapasitas daya tampung satwa sebanyak 200 ekor orang utan.

Kubah Kecil

Selain itu, terdapat juga kubah berukuran kecil yang dijadikan sebagai lokasi untuk mengobservasi orang utan ketika pertama kali ditempatkan di WRC.

Umumnya, satwa yang ditempatkan di kubah ini adalah satwa yang baru didapat dari hasil sitaan kemudian ditempatkan di kubah kecil untuk menyesuaikan habitatnya.

Wisata Edukasi yang Efektif

WRC ini juga menjadi lokasi wisata edukasi yang paling efektif khususnya bagi anak-anak karena bisa memahami seputar jenis satwa yang dilindungi, cara merawat satwa hingga larangan untuk tidak memelihara satwa dilindungi.

Tak hanya itu saja, anak-anak juga bisa berinteraksi secara langsung dengan satwa yang ada di WRC seperti melakukan observasi hingga memberinya makan.

Berburu Foto

Anda juga bisa mengabadikan berbagai jenis satwa yang ada di WRC ini, meski demikian pengelola melarang pengunjung untuk berfoto dengan menggunakan cahaya flash kamera.

Hal ini dikarenakan akan membuat satwa menjadi panik bahkan bisa mengganggu psikologis dari satwa tersebut, jadi pastikan Anda tetap mengikuti aturan.

Fasilitas di Wildlife Rescue Center

Anda tidak perlu bingung meski berfungsi sebagai kawasan konservasi satwa, namun pengelola melengkapi berbagai fasilitas untuk pengunjung seperti musala, toilet, hingga area parkir yang luas.

Selain itu, bagi Anda yang lapar juga terdapat kantin yang menjual berbagai menu makanan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Wisata Bukit Jangkang

Tiket Masuk Wildlife Rescue Center

Karena bukan tempat wisata maka tidak ada tiket masuk ke lokasi WRC ini, jika Anda ingin datang ke lokasi ini sebaiknya datang pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB setiap harinya.

Cara Menuju ke Wildlife Rescue Center

Untuk datang ke lokasi WRC, Anda bisa menuju Jalan Pengasih, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo.

Cara untuk mengaksesnya memang membutuhkan rute khusus meski demikian tempat ini sudah dilayani oleh berbagai transportasi umum sehingga mudah untuk dijangkau.

Jasa Transportasi

Jika Anda datang dari luar kota yang ingin menunjungi Wildlife Rescue Center KUlon Progo akan lebih mudah jika menggunakan jasa rental mobil atau sewa bus di Yogyakarta.

Anda dapat menemukan bermabai macam kendaraan yang tepat untuk mengantar Anda menuju lokasi wisata dengan banyak pilihan armada mobil atau pun bus yang terjangkau.

Nah itu tadi informasi mengenai Wildfile Rescue Center, Kulon Progo, Yogyakarta yang bisa menambah wawasan bagi pecinta hewan.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Temukan juga informasi wisata di Yogyakarta lainnya:

    Bergabunglah dibeberapa channel & Platform Diskusi Ayo Naik Bis Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap.