Tips Mudik Lebaran

Tips Mudik Lebaran & Cara Menghilangkan Kejenuhan

Diposting pada

Ikuti beberapa tips mudik lebaran berikut ini beserta cara menghilangkan kejenuhan saat perjalanan pulang kampung agar tidak terasa capek.

Mudik lebaran adalah salah satu event tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Karena dalam momen ini banyak orang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman dan merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kota asalnya.

Nah jika Anda juga akan melakukan perjalanan mudik lebaran maka ada baiknya persiapkan dan ikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Mudik Lebaran Agar Aman

Agar perjalanan Anda lebih aman maka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari antara lain.

Pesan Tiket Bus Lebih Awal

Karena musim mudik lebaran maka akan banyak sekali calon pemudik yang mencari tiket untuk pulang kampung, maka dari itu agar Anda tidak kehabisan tiket sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari.

Beberapa oeprator bus sudah menerbitkan tarif tiket mudik lebaran sehingga Anda bisa memilih dan memesan tiket sebelum waktu mudik.

Pilih Bus Terbaik

Jika Anda sudah berencana untuk mudik maka hal terbaik adalah membandingkan operator bus terbaik yang tepat untuk mudik.

Karena beberapa operator bus menyediakan beberapa pilihan kelas antar lain kelas ekonomi, bisnis, VIP, eksekutif, super eksekutif hingga kelas sleeper.

Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan Anda, jika bepergian sendiri atau bersama keluarga maka pemilihan kelas bus sangat penting.

Baca Juga : Sleeper Bus di Indonesia

Pesan Tiket Online

Untuk memudahkan dalam pemesanan tiket saat ini banyak penyedia tiket bus secara online misalnya Traveloka, Redbus, Easybook atau paling mudah pesan tiket bus di Ayonaikbis.com

Ayo Naik Bis menyediakan platform pemesanan tiket bus tanpa harus install aplikasi, Anda bisa menggunakan browser dan melakukan pemesanna tiket dengan lebih mudah.

Selain itu di website Ayo Naik Bis Anda juga bisa melakukan pemesanan tiket bus online untuk beberapa operator bus yang sudah berkerja sama dengan kami, salah satunya adalah PO. Sumber Alam.

Untuk pemesanan tiket bus Sumber Alam juga sangat mudah melalui website Ayo Naik Bis, Anda bisa mendapatkan tiket tanpa harus datang dulu ke loket.

Pemesanan tiket tanpa perlu install aplikasi, cukup pesan langsung menggunakan browser dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja, silakan klik banner.

Tiket Online Sumber Alam

Datang Tepat Waktu

Ketika musim mudik lebaran pastikan datang tepat waktu, karena jika Anda terlambat maka akan sulit untuk mencari tiket bus dadakan.

Kalau adapun tentu Anda tidak memiliki banyak pilihan, bisa jadi mendapatkan bus dengan pelayanan yang kurang baik.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Baju Bus Haryanto Wayang Subur Jaya

Ketika ingin melakukan perjalanan dengan bus sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan tidak ribet, karena Anda harus berdesak-desakan dengan penumpang lain dan juga bisa saja kondisi cuaca sedang panas terik.

Oleh karena itu kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan punya sifat dingin meski tetap terlihat keren.

Anda bisa menemukan beberapa pakaian yang keren dan nyaman yang disediakan oleh JF Autowear, sebagai salah satu distro pakaian dengan tema-tema bus dan alat transportasi.

Anda bisa cek kaos bus dan kemeja bus di katalog lengkapnya : Katalog Baju Bus

Barang Secukupnya

Tips mudik lebaran yang penting lainnya adalah dengan membawa barang bawaan secukupnya jangan terlalu banyak karena saat kondisi ramai hal ini akan membebani Anda.

Pastikan bawa barang-barang yang penting misalnya obat-obatan, bekal, pakaian secukupnya dan hal yang jangan sampai Anda lupakan adalah soal keamanan barang bawaan Anda.

Jaga Barang Bawaan

Meski beberapa operator bus sudah melengkapi bus dengan fasilitas keamanan seperti CCTV namun kejahatan pasti akan selalu ada.

Oleh karena itu tips mudik lebaran kali ini Anda harus pastikan mengamankan barang berharga seperti laptop, kamera, handphone ditempat yang aman.

  • Jangan meletakan barang berharga kedalam bagasi bus karena bisa tertukar dengan barang milik orang lain.
  • Pastikan tas yang berisi barang bawaan terkunci dengan baik
  • Bawa tas yang berisi barang berharaga ketika turun makan atau istirahat, jangan pernah tinggalkan didalam bus.
  • Letakan tas ditempat yang mudah diawasi

Hiburan Dalam Perjalanan

Beberapa operator bus sudah menyediakan beberapa fasilitas hiburan dalam busnya antara lain musik, LCD TV dan Wifi.

Namun tentu beberapa hiburan yang disajikan terkadang tidak sesuai dengan selera Anda, maka dari itu sebaiknya memiliki alat hiburan sendiri.

Anda bisa menyiapkan ektra quota jika wifi yang disediakan operator tidak berkerja dengan baik, bawa juga power bank untuk mengisi daya handphone Anda.

Mendengarkan Musik

Charming man listening to music with headphones on a public bus

Mendengarkan musik akan membuat perjalanan Anda lebih rileks dan santai, pilih genre musik slow dan easy listening agar Anda juga bisa beristirahat didalam bus.

Gunakan earphone / headset Anda sendiri agar tidak mengganggu penumpang lain yang mungkin juga ingin beristirahat.

Bermain Game

Terkadang saat melakukan perjalanan dengan bus akan sangat menjenuhkan apalagi terkena macet, oleh karena itu Anda bisa mengisi waktu saat perjalanan dengan bermain game.

Anda bisa mainkan game yang biasa Anda mainkan atau jika tidak ingin menginstall aplikasi game Anda bisa memainkan game ringan dari browser Anda.

Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi daftar game ringan tanpa harus di install.

Anda bisa kunjungi link website Mortagagecalculator Anda akan menemukan beberap game simple namun bisa mengasah otak, berikut beberapa gamenya.

Game Supermarket Number

Game ini sangat simple karena Anda cukup perhatikan angka disisi kiri dibawah tulisan Goal misalnya angka 33.

Selanjutnya Anda pilih kotak-kotak angka yang menghasilkan angka 33 (bisa ditambahkan, dikurangi atau dibagi)

Jika angka cocok maka kotak-kotak angka akan hilang, pastikan jangan sampai kotak angka tersebut memenuhi box yang warna biru.

Game Angka

Trezecoins

Permainan ini cocok untuk anak-anak Anda jika bosan ketika melakukan perjalanan saat mudik lebaran, Anda bisa memberikan permainan ini karena cara bermainnya juga sangat sederhana.

Klik koin dalam box “Insert The Coins Here” sesuai dengan jumlah angka ($), sebagai contoh $8 maka klik koin sebanyak 8 koin.

Selanjutnya klik toples kaca jika benar dan apa bilan deret koin warna gold dibawah habis Anda bisa menukar koin perunggu bernilai 10 menjadi pecahan koin 1 dengan klik gambar tukar dipojok kanan tersebut.

Game koin

Masih banyak permain yang mudah dan ringan untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan sekaligus untuk mengedukasi anak-anak untuk memahami hitungan.

Berikut permainan lainnya yang tersedia:

  • Run RUn Duck
  • Cashier Simulator
  • Hammer And Nails
  • Dll

Mengobrol

Agar tidak jenuh saat melakukan perjalanan mudik lebaran Anda juga bisa mengobrol dengan penumpang lain, namun tentunya juga perlu berhati-hati mengobrol dengan orang yang belum Anda kenal.

Perlu diperhatikan ketika mengobrol juga jangan sampai membuat kebisingan didalam bus, mungkin saja penumpang lain bisa terganggu jika Anda mengbrol terlalu keras.

Nah itulah tadi Tips Mudik Lebaran yang bisa Anda persiapkan agar perjalanan mudik lebih menyenangkan dan berkesan.

5/5 - (4 votes)