Skylander R22 New Armada

Skylander R22 New Armada, Ada Yang Tidak Biasa “Anti Mainstream”

Diposting pada

Skylander R22 dari karoseri New Armada di gadang-gadang sebagai produk bus terbaru yang memiliki fitur beda dari lainnya, ini detailnya !

Skylander R22

Hadir secara virtual pada tanggal 31 Maret 2022, produk bus terbaru dari karoseri asal Magelang ini banyak memukau kalangan pecinta bus di Indonesia.

Pasalnya The New Skylander ini mengusung tema “Dynamic Comfort” dengan desain eksterior yang masih terasa kesan seri sebelumnya.

Namun jika diperhatikan secara detail model terbaru dari Skylander R22 ini terlihat kesan futuristik karena garis yang dibuat lebih tegas dengan beberapa detail fitur yang mencolok.

Bus ini memiliki seri R22 yang berarti “RIlis tahun 2022” dan dibangun di atas sasis Mercedes Benz OH 1626 dan cocok untuk di aplikasikan pada jenis bus SHD (3,9 meter) dan HDD (3,7 meter).

Untuk Selengkapnya simak beberapa ulasan dari Ayo Naik Bis berikut ini.

Eksterior Skylander R22

Selendang

Beberapa bagian mengalami perubahan dari seri Skylander sebelumnya yaitu terlihat pada ornamen samping atau biasa disebut dengan selendang.

Bagian selendang dibuat menjadi beberapa sudut dengan finishing cat abu-abu yang ditambahkan metal chrome / stainless steel sehingga menambah kesan modern.

Sekat Kaca

Sekat kaca depan atau biasa disebut dengan bando / topi ini sangat cocok untuk bus double glass yang masih banyak diminati oleh pasar di Indonesia.

Sekat antar kaca yang di buat ini pun tidak tabal sehingga tidak terlalu merusak pandangan penumpang dari dalam bus.

Wajah Baru

Pada bagian muka bus juga terlihat memiliki wajah baru yang lebih garang meski masih menggunakan headlamp yang sama dari seri sebelumnya.

Perubahan nampak pada bagian foglamp dengan penambahan sirip-sirip dan LED pada bagian samping membuat kesan sporty lebih terasa.

Pilar Z

Pada bagian pilar paling belakang atau pilar Z juga terlihat ada perubahan dari seri Skylander sebelumnya, untuk versi lama pilar Z terdapat dua versi yaitu dibuat menyatu dengan atap dan ada juga yang dibuat dengan konsep floating roof.

Namun untuk versi R22 ini di buat kembali dengan lekukan dan model terdahulunya yaitu seri Evolander yang banyak juga diminati oleh operator dari Celebes.

Spoiler

Pada bagian ini juga terlihat ada yang menarik, karena spoiler dibuat hanya pada sisi kanan dan kiri saja sehingga tidak benar-benar utuh secara horizontal.

Hal ini tentunya membuat penampilannya semakin berbeda dari produk-produk karoseri lainnya.

Video Tron

Fitur video tron ini menjadi salah satu bagian dari pengembangan yang benar-benar berbeda karena bodi ini dibuat bisa untuk menambahkan layar monitor di bagian buritan bus.

Video tron dapat menjadi sarana iklan dari operator bus atau bisa juga menerima iklan dari pihak lain yang dapat disewakan, tentunya hal ini menjadi value tersendiri yang dapat di nikmati bagi pemilik bus.

Grill dan Bumper Belakang

Pada bagian grill dan bumper bagian belakang juga mendapat sentuhan yang fresh dengan model lekukan baru dan penambahan lampu LED yang menambah kesan futuristik.

Spion Kamera

Hal yang menarik lainnya adalah dengan adanya penambahan fitur kaca spion kamera yang tentunya menjadi teknologi terbaru saat ini.

Meskipun untuk penggunaan kaca spion kamera ini sudah lebih dulu di luncurkan untuk bodi Avante D1 dari karoseri Tentrem Malang.

Spion kamera ini sudah di uji dalam kondisi siang hari dan malam hari yang di klaim mampu meminimalisir blindspot.

Interior Skylander R22

Running Text

Di dalam kabin penumpang juga terdapat running text yang bentuknya juga melengkung di letakan pada bagian ending plafond bagian depan.

Running text ini bisa menjadi bahan informasi perjalanan bagi penumpang atau juga untuk menawarkan promo dan iklan kepada penumpang.

Pilar A

Pada bagian pilar A atau pilar paling depan juga nampak ada penambahan lubang udara yang dibuat lebih besar dari louvre Ac pada biasanya.

Hal ini cukup menarik karena bentuknya enak dilihat dan menambah kesan sporty dengan bentuk yang menyatu dengan interior.

Inlet AC

Lubang hisap udara AC pun juga mendapat polesan dengan menggunakan bahan metal yang tiap lubangnya dibuat dengan pola / pattern dengan tambahan emblem Skylander.

Saat ini banyak industri otomotif yang memvariasikan bagian saluran udara dengan proses laser cutting sehingga bentuk lubangnya dapat disesuaikan dengan desain yang diinginkan.

Toilet

Pada bagian toilet juga nampak tidak banyak bentuk dan dibuat sesederhana mungkin dan lapang karena memang fungsi dari toilet bus adalah untuk buang air kecil saja.

Jok Tebal

New Armada selain membuat bodi bus juga memproduksi tempat duduk sendiri yang dapat menjadi pilihan bagi operator bus.

Bus terbaru New Armada ini menggunakan konfigurasi 2-2 dengan memadukan dua warna kulit jok yaitu coklat tua dan coklat muda.

Tempat duduk sudah dilengkapi dengan seatbelt dan legrest dengan bentuk sandaran yang nyaman karena didesain secara ergonomis.

AVOD

Setiap jok ini juga sudah dilengkapi sarana hiburan dengan menyematkan layar (AVOD) pada bagian sandaran sehingga penumpang akan lebih nyaman menikmati hiburan yang di inginkan.

Louver AC

Untuk bagian louvre Ac juga terlihat menggunakan model yang terlihat lebih klasik karena belum tersedia colokan untuk USB pengisi daya baterai HP.

Nah itulah tadi sekilas mengenai gambaran singkat dari bus terbaru dari karoseri New Armada, Magelang semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang membutuhkan unit baru.

Bus terbaru ini menggunakan spek tertinggi, namun bagi Anda yang menginginkan beberapa fitur atau ada pengurangan pada bagian tertentu juga dapat di sesuaikan oleh pihak karoseri.

Jika Informasi ini bermanfaat silakan bagian dan jika ada pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga Informasi Lainnya:

Bergabunglah dibeberapa channel & Platform Diskusi Ayo Naik Bis Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap.

5/5 - (46 votes)