Sejarah bus Tjipto
Sejarah bus Tjipto

PO Tjipto × Kemenangan, Masih Termasuk Bus Nyaman?

Diposting pada

Ayonaikbis.com – PO Tjipto yang terkenal nyaman telah diakusisi oleh PO Kemenangan, bagaimana kabarnya sekarang, simak kisah lengkapnya berikut ini.

Sejarah awal PO Tjipto

Hai hai, bagaimana kabarnya dulur? Masih membahas deretan bus asal Jawa Timur yang ternyata cukup banyak dan panjang. Kali ini kita akan bernostalgia di era 80an.

Membahas salah satu anggota tim PP Patas Jatim, kali ini datang dari pemain di daerah Tapal Kuda salah satu rival dari PO AKAS, PO Tjipto. Yang kala itu menghadirkan mesin bus Mercedes Benz OH dan Hino AK.

Baca : Sejarah PO AKAS dan PO Harapan Jaya

Didirikan oleh Bapak H.J.K Soetjipto, salah satu PO yang bermarkas pusat di Pasuruan ini pernah memiliki trayek Jakarta – Surabaya dengan kelas eksekutifnya.

Memiliki ciri khas warna silver berlivery garis warna biru ini menjadi transportasi umum primadonna masyarakat Jawa Timur setelah Akas Group.

Owner Po Tjipto
Pendiri PO. Tjipto

Get 10% Disc Merchandise Bismania

Ayo koleksi kaos bertemakan bus Indonesia dan dapatkan potongan diskon 10% dengan cara mendaftarkan diri menjadi member JFAutowear. Temukan keuntungan lebih banyak dengan menjadi member 🙂

Kejayaan PO Tjipto

Warga Jawa Timur yang hadir di era 80-90 pasti tahu betapa dulu bus Tjipto menjadi saingan berat PO AKAS. Jika AKAS adalah rajanya bus di Jawa Timur, maka Tjipto adalah kandidat kuat pengkudeta AKAS.

Merupakan rival berat AKAS yang saat itu dijuluki rajanya bus di Jawa Timur. Persaingan kedua perusahaan otobus ini benar benar sengit.

Seperti yang kita tahu, Eka dan Sumber Group menjadi pesaing ketat di jalur jogjaan, maka rivalitas Akas dan Tjipto bisa dikatakan lebih dari persaingan mereka sekarang.

Era kejayaan Tjipto terjadi di akhir 1980an sampai pertengahan 1990-an. Total armadanya saat itu mencapai 150 unit lebih, dengan armada baru bermesin Hino (AK dan RK series) dan Mercedes-Benz.

Tak hanya merambah jakarta dengan armada bus malamnya, bisnis PO Tjipto tidak hanya bus saja, tapi juga perhotelan.

Hotel Weta di jantung kota Surabaya, dulunya adalah milik PO ini, sebelum akhirnya dijual ketika PO ini mengalami kesulitan finansial.

Terkenal dan berhasil menjadi idola di kalangan mahasiswa karena menggunakan AC yang dingin dengan kabin lebar (body patas ac yang seluruhnya menggunakan Morodadi Prima), dan juga bangku yang empuk.

Baca : Sejarah karoseri Tertua di Malang Morodadi Prima

Tak heran maka bus Tjipto menjadi salah satu bus ternyaman dimasa kejayaannya dulu, dan menjadi rebutan bagi banyak pelanggan setianya.

PO Tjipto merupakan pengguna setia mesin dari Hino dan Mercedes Benz.
Armada Patasnya menggunakan Hino RK dan Benz OH 1518. Sementara, bus bumelnya menggunakan Hino AK dan Benz bermesin seri OF.

Untuk kelas ekonomi, Tjipto melayani trayek Malang Jember, Surabaya Jember, dan Surabaya Bondowoso. Sedangkan di kelas Patas, Tjipto melayani line Surabaya Jember, Malang Jember, dan Surabaya Bondowoso.

Untuk armada Patas Tjipto banyak menggunakan body keluaran Morodadi Prima yang terkenal dengan kenyamanan dan keawetannya. Selain itu juga memiliki produk karoseri lain seperti New Armada.

Berjaya dengan melayani trayek terkenal di daerah tapal kuda PO Tjipto juga sempat merajai dijalur Jakarta Surabaya Malang di tahun 70 hingga 80an.

Dimana kala itu pesiangnya masih sedikit yaitu hanya PO Raseko, PO. Kembang Expres dan PO Mawar.

Nasib PO Tjipto Kini

Sangat disayangkan, masa kejayaan bus kebanggan warga Pasuruan ini harus pupus. Sejak sepeninggalan pemiliknya, Bpk. H.J.K Soetjipto di medio 2000-an, PO bus ini mulai memudar.

Bisnis moda transportasi ini kemudian diturunkan kegenerasi berikutnya. Namun seperti yang terlihat nampaknya belum bisa menjaga kejayaan yang sudah lama terbentuk.

Sempat mendapat angin segar dengan peremajaan armada baru pada tahun 2014. Tjipto membeli armada eks Pahala Kencana bermesin Mercedes Benz.

Baca : Sejarah PO Pahala Kencana

Namun tak mampu bertahan, akhirnya di tahun 2015, Tjipto harus gulung tikar. Kisahnya, trayek milik PO. Tjipto banyak diakuisisi PO. Kemenangan, beserta sisa beberapa armadanya.

Lalu mengapa di beberapa bus kemenangan tertuliskan Tjipto jilid II?

PO Kemenangan yang bersliweran saat ini masih menuliskan nama Tjipto di beberapa armada busnya karena sebagian trayek masih milik PO Tjipto, namun sebagian armada menggunakan bus Kemenangan. CMIIW 🙂

Kini PO Kemenangan melayani trayek Madura-Jakarta dan Jakarta-Madura (Bangkalan – Blega – Tanah Merah – Besel – Sampang – Pamekasan – Sumenep).

Dilengkapi dengan fasilitas AC, LCD TV, DVD, karaoke, toilet dan reclining seat dari pabrikan ternama seperti Mercedes Benz, Mitsubishi dan Golden Dragon.

Untuk kenyamanan saat perjalanan adakah diantara dulur yang sudah mencoba bus Kemenangan? apakah masih membawa image nyaman dari PO Tjipto, share di kolom komentar ya 🙂

Armada Bus

Masih tertempel tulisan PP Patas Jatim, foto bus Tjipto tahun 1991, dengan mesin Hino RK 174 LA dan Bodi dari Karoseri New Armada.

Bus Klasik Tjipto
Bus Tjipto (Pict by IG busklasik)

Foto kenangan PO Tjipto tahun 1991, armada bus bermesin Mercedes Benz OH Series dibalut bodi dari karoseri New Armada dengan jalur Surabaya – Banyuwangi.

Bus  AKAP New Armada
Bus Tjipto (Pict by IG busklasik)

Di tahun 1995, papan bertuliskan Bondowoso – Probolinggo – Surabaya PO Tjipto menghadirkan mesin Hino RK dibalut dengan model bodi Patriot daro Karoseri Morodadi Prima.

Bus PATAS Patriot
Bus Tjipto (Pict by IG busklasik)

Koleksi foto-foto bus Tjipto tahun 2012

Bus Tjipto
Bus Tjipto (Pict by Jordi Iman)
Bus Tjipto
Bus Tjipto (Pict by Jordi Iman)

Berikut foto Tjipto II yang diakusisi oleh PT Kemenangan Tjipto GM.

Bus kemenangan
Bus Kemenangan Tjipto II (pict by Den)
Bus Legacy kemenangan
Bus Kemenangan Tjipto II (pict by IG galangrizza007)

Alamat dan Nomor Telepon Kantor Pusat PO Kemenangan

Jl. Kolonel Sugiyono 88, (daerah Ngeni) Surabaya
031-70086262

Nah itu dia sejarah PO Tjipto, jika diantara dulur yang memiliki informasi lebih detail dan akurat, silakan tuangkan dalam kolom komentar ya.

Kami menerima kritik dan saran yang membangun demi perbaikan penulisan artikel selanjutnya, jangan lupa untuk share dan terimakasih 🙂

Promosi GRATIS

Promosikan Sewa Bus Pariwisata atau Rental Mobil Anda di website Ayo Naik Bis dapatkan PROMO GRATIS 2 Bulan.

Cari Bus Pariwisata Terpercaya ? Temukan di Market Place

Baca pula informasi menarik lainnya disini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.